MotoGP: Ducati Rilis Livery “Pesawat” Desmosedici GP16..!!!

Diposting pada 185 views

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis… Akhirnya hari ini, Selasa (23/02) tim merah Ducati merilis kuda besi yang dijadikan peluru mereka untuk berlaga di kancah MotoGP. Masih dengan mengandalkan pebalap Andrea Dovisiozo dan Andrea Iannone, “pesawat” Desmosedici GP16 livery baru akhirnya diperkenalkan kepada khalayak di Borgopanigale Italia.

image

Desmosedici GP16 sendiri merupakan versi penyempurnaan dari GP15 yang merupakan hasil dari evolusi berulang-ulang dari Desmosedici GP11. Kenapa MMz katakan evolusi berulang? Sebab mulai Desmosedici GP12 telah begitu banyak perubahan radikal yang dilakukan Rossi dan Burgess terhadap tubuh GP11 untuk membuatnya lebih jinak. Tak hanya sasis yang beralih dari karbon monokok ke rangka twin spar alumunium, namun posisi layout mesin L90° nya yang diubah menjadi V90° serta berbagai ubahan pada swingarm. Mulai dari berbahan karbon hingga campuran karbon dan aluminium.
Jika kita lihat secara seksama memang nyaris seperti tak ada banyak perbedaan antara Desmosedici GP15 dan GP16.

image

Paduan warna pada livery musim 2016 ini pun tak banyak berubah. Yakni campuran warna merah dan putih dimana warna putih yang lebih dominan.
Namun jika kita perhatikan rupanya Desmosedici GP16 ini mempunyai part-part bawaan yang tak dimiliki oleh para kompetitor. Baik Yamaha, Honda, Suzuki dan Aprilia. Yup, part tersebut adalah winglet atau sayap yang terdapat pada fairing depan dan samping kiri dan kanan.

image

Jika tahun lalu Yamaha sempat melakukan eksperimen dengan menambahkan winglet ekstra pada moncong fairing M1, namun sepertinya kali ini Ducati memang sengaja menyematkan sayap-sayap tersebut sebagai bagian tubuh dari Desmosedici GP16 sendiri. Terlihat dari winglets yang terkena laburan cat putih dan sedikit merah sebagai aksen pemanisnya. Tak seperti tahun lalu dimana winglets nya masih berwarna hitam (karbon) menandakan jika fungsi sayap itu hanyalah sebagai tambahan belaka.

image

So… Terlepas dari apapun itu, penambahan sayap-sayap pada tubuh Desmosedici ini memang dirasa memberikan dampak down force yang lebih baik pada Ducati saat berada di tikungan maupun ketika berakselerasi keluar tikungan. Namun dari sisi safety sepertinya sayap-sayap ini juga mungkin akan mengganggu. Terutama saat para pebalap harus bertarung head to head dan bermain serba mepet..

image

Semoga gak ada yang kecantol sama “pesawat” Desmosedici GP16 ini.. :mrgreen: (MMz)
Related Posts:


========================
Bro dan sis punya berita dan informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• WA: 085233819298

12 thoughts on “MotoGP: Ducati Rilis Livery “Pesawat” Desmosedici GP16..!!!

Silahkan Komentarnya Kangbro