Test Ride Suzuki Satria F150 Fi : Ergonomi plus Handling

Diposting pada 284 views

image
test ride Satria F150 Fi motomazine

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Kesempatan mengulas tuntas kemampuan Suzuki Satria F150 Fi akhirnya kesampaian juga. Pasca mendarat di meja redaksi motomazine, berbagai upaya serta usaha telah MMz lakukan untuk mengetahui seberapa tangguhkah motor hyper underbone racikan Suzuki ini.

Nah… Sebelum kita melangkah lebih jauh membicarakan perkara topspeed, akselerasi serta tetek bengek pelbagai hal yang berkaitan dengan motor baru, alangkah baiknya kita review dulu dari hal yang paling mendasar saat anda meletakkan bagian belakang anda di atas jok sebuah motor. Yup, pada bahasan kali ini MMz baru akan menjabarkan atau lebih tepatnya berbagi mengenai ergonomi serta handling Suzuki Satria F150 Fi.

image
Foto dulu sebelum test ride di jalan Ongko Wolu Biting Wonogiri

1. Ergonomi
Suzuki Satria F150 Fi memiliki posisi berkendara yang mirip dengan Satria F150 versi karbu. Sempit dan cenderung menunduk. MMz yang bertinggi badan 178cm dan berbobot 72 kg merasa begitu ngilu, eh mantap menjepit sisi kanan dan kiri fairing sang ayam jago. Pun dengan tinggi badan MMz yang segitu, iya itu… Kedua kaki saya otomatis bisa menapak dengan sempurna ke tanah….

image
Ergonomi Satria F150 Fi

Kembali ke masalah posisi berkendara. Walaupun di atas MMz sudah mengatakan jika riding position nya mirip Satria FU versi karbu namun (IMHO) untuk Satria F150 Fi ini menurut MMz feel nya lebih dapat masbro.. Posisi duduk dan jarak ke stang kemudi sedikit terasa lega dan tak cepat membuat pegal layaknya yang MMz rasakan kala menyemplak Satria FU150 karbu milik keponakan.
Kesimpulan untuk ergonomi berkendara pas lah.. Gak jinjit, nggak nungging-nungging amat tapi juga gak terlalu sempit.. Wes pokoke begitu lah.. :mrgreen:
2. Handling
Nah, setelah merasakan sensasi empuk menduduki jok Satria F150 Fi (joknya memang lebih empuk dibanding versi lawas) hal selanjutnya yang pasti ingin kita ketahui adalah handling.

image
terpaksa ngebut

Yup, bagaimana respon saat motor diajak ngebut, berliku-liku maupun berkelok-kelok. Untuk urusan satu ini MMz setuju dengan apa yang dikatakan oleh mas Amama roda2blog.
Satria injeksi, motor dengan bodi seseksi dan seramping Zaskia Gotik itu ternyata memiliki handling tak seringan bayangan MMz sebelumnya… Sek-sek maksutnya piye..
Jadi gini loh masbro.. Saat anda bertemu dan bahkan mulai menyemplak Suzuki Satria F150 Fi ini tentu otak anda akan penuh dengan bayangan… “Wah, motor ringan ini…”, “Wah, bakal limbung ini..”, “Wah, pasti gak stabil ini…”, begitu pastinya.
Namun ketika anda sudah benar-benar memacunya, mengajaknya menari-nari di tikungan, semua “wah-wah” itu tadi akan termentahkan dengan sendirinya masbro..
Bagaimana tidak coba, digeber dengan kecepatan menyentuh 129 km/jam, si ayam jago ini ternyata begitu anteng, nurut dan lurus. Sama sekali tak ada gejala limbung maupun melayang..

image
foto dari mas Amama

Pun begitu saat diajak “agak” miring mengikuti layout jalan yang memang menikung.. Behhhh… Nurut tenan masbro.. Kekhawatiran MMz akan loss grip akibat dimensi ban yang hanya berukuran 70/90-17 (depan) dan 80/90-17 (belakang) kembali tementahkan.
Pantat motor yang semula MMz perkirakan akan geal-geol dan ngebuang ke sana kemari ternyata sama sekali tidak terjadi. Motor begitu anteng, nurut dan enjoy saja diajak mengikuti line jalanan…

image
mencoba cornering

Untuk satu ini MMz berani acungkan dua jempol sekaligus buat Suzuki.. Perhitungan weight distribution-nya benar-benar akurat. Motor mungil, menggendong mesin sebesar itu, namun dengan kelincahan handling yang mumpuni.. Joss gandhos lah kalau kata banyak orang..

image
test ride Satria F150 Fi

So.. Kesimpulan dari dua topik di atas adalah Suzuki Satria F150 Fi ini walaupun memiliki garis desain dan dimensi yang hampir mirip dengan pendahulunya, ternyata menyimpan riding agility yang cukup mantab..
Dengan tinggi badan MMz yang mencapai 178cm kekhawatiran MMz akan rasa pegal yang bakal diterima nyatanya tidak terjadi..
Jadi untuk kedua poin ini MMz akui, Suzuki cukup sukses menyajikan motor langsing, lincah, stabil serta tak lekas membuat pegal..

image
test ride satria F150 fi

Oh ya.. Setelah ini masih ada sesi-sesi lain yang ingin MMz bagi loh bro sis.. Mengenai performa mesin, konsumsi BBM juga beberapa fitur lain yang mungkin belum sempat dibahas oleh media lain..
So.. Keep stay tuned with us.. Tunggu kelanjutan kisahnya ya.. We’ll back after the break.. (untuk gambar yang paling bawah, anggap saja break nya, sekaligus menjadi jawaban awal atas pertanyaan mase satuaspal 😆 )

image

See ya bro sis… (MMz)
Artikel terkait:


===========================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

34 thoughts on “Test Ride Suzuki Satria F150 Fi : Ergonomi plus Handling

  1. kalo reviu tentang sonic sudah pernah ada atau belum ya Kangmas, meskipun minoritas tapi kan ada juga yang pengen tau karakter produk dari brand yang terkenal dengan motor buat ibu2nya ini.

  2. wah… amnatep kang

    sukses dengan smartphone yang udah nyebar ke seluruh penjuru dunia, kini Samsung nyemplung di dunia otomotif roda dua. tak jauh si dari bidangnya masih berkaitan dengan smartphone, Winshield pintar dari samsung bro….mau? sementara baru uji coba pada Tricity namun dengan kerjasama dengan Honda, Yamaha dan BMW, ada kemungkinan windshield pintar Samsung akan menjadi produk yang bisa di aplikasikan disemua sepeda motor.

    http://goozir.com/2016/03/windshield-pintar-samsung-pada-yamaha-tricity.html

Silahkan Komentarnya Kangbro