4.0 x 6.25 adalah Formula Sukses bagi Michelin

Diposting pada 122 views

image
Michelin tyre

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Michelin yang menjadi pemasok ban tunggal pada gelaran MotoGP mulai musim ini, bisa dibilang telah mendulang sukses di race perdana Qatar kemarin. Kekahawatiran akan performa ban Michelin yang dinilai kurang mencengkeram di bagian depan nyatanya sama sekali tak terjadi.

Namun di balik itu semua rupanya Michelin telah menemukan formula tersendiri dalam meracik ban untuk kelas para raja ini. Ukuran ban yang semula 3.0 inches depan dan 6.0 inches belakang rupanya menjadi biang keladinya.
Ukuran ban 3.0 inches depan dan 6.0 inches belakang ini sejatinya telah dipakai oleh Bridgestone. Dan seperti kita tahu, Bridgestone adalah ban yang terkenal begitu kuat bagian depannya. Ban yang sangat cocok bagi hard breaker macam Valentino Rossi dan Marc Marquez.

image
alokasi ban Michelin qatar 2016

Ukuran ban tersebut sejatinya juga bekerja bagus pada Michelin saat digunakan untuk kelas superstock. Namun begitu diaplikasikan ke MotoGP, seperti tes-tes awal tahun lalu, begitu banyak pebalap terjatuh gegara hilangnya (dengan tiba-tiba) grip ban depan.
Nicolas Goubert, direktur teknis Michelin akhirnya menemukan sebuah ide untuk memaksimalkan kinerja ban depan dan belakang Michelin itu sendiri. Yup, dengan penambahan ukuran lebar ban.

image
ban Michelin M1 Rossi

“Kita telah mendesain ulang ban. Untuk meningkatkan performa terutama dalam pengereman. Kita membaik dengan cepat. Kita berusaha memperluas area ban yang menapak ke aspal hingga mencapai sisi maksimal, yakni 45/50 derajat”, tutur Goubert.
Menurut Goubert hal ini sekaligus hasil atau jawaban dari mengapa ban ukuran 3.5 x 6.0 bekerja dengan baik di superstock dan superbike namun kurang maksimal saat dipakai di kelas MotoGP. Yup, salah satu faktor penentunya mungkin adalah derajat kemiringan motor. Superbike dan superstock adalah motor massal yang disulap sedemikian rupa guna dijadikan pacuan dalam balap. Sangat berbeda dengan motor MotoGP yang memang murni prototype yang didesain dan dirancang sedemikian rupa agar super stabil dan bisa meraih derajat kemiringan seekstrim mungkin.
Nah, berkaca dari proses yang telah dilakukan, akhirnya Michelin menemukan formula baru untuk ban mereka. Yakni ukuran 3.75 atau 4.0 inches di depan, dan 6.25 inches untuk ban belakangnya. Dan terbukti, dengan ukuran ini hampir semua pebalap MotoGP begitu pede menggeber motor. Bahkan Marquez yang dikhawatirkan akan kehilangan gaya elbow down nya nyatanya begitu pede rebah hingga batas maksimal.
“Lebar ban depan kemungkinan 3.75 atau 4.0 inches. Namun hampir semua pebalap memilih ban ukuran 4.0 inches. Memang ada beberapa pebalap yang memilih ban depan lebih sempit. Karena mereka ingin menikung dengan lebih cepat dan mudah”, tutup Goubert.

image
Rossi qatar

Nah bro sis.. Terjawab sudah mengapa ban Michelin yang begitu tak bersahabat pada pebalap di awal tes pramusim tetiba menjelma menjadi ban yang bisa dibilang mampu mengimbangi performa Bridgestone. Bahkan hanya di race pembuka saja. Rupanya mereka telah merevisi ukuran lebar ban dengan formula 4.0 x 6.25. Dengan velg yang meningkat dari 16.5 inches menjadi 17 inches tentu saja penambahan ukuran lebar ban ini adalah sebuah solusi bagus dalam memberikan performa ban yang maksimal seperti yang para pebalap MotoGP inginkan… Nice job buat Michelin…!!! (MMz)
Artikel terkait:


========================
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

20 thoughts on “4.0 x 6.25 adalah Formula Sukses bagi Michelin

  1. Formula opo motogp to jane

    iwanbanaran.com/2016/03/25/honda-new-cbr150r-sudah-tiba-disolo-bondowoso-dan-beberapa-lain-wahhh-wis-mulai-digerojok-cak/

Silahkan Komentarnya Kangbro