Inilah Bentuk Fairing Terbaru Motor-Motor MotoGP di Tes Pramusim Sepang 2018

Diposting pada



Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Di tes pramusim Sepang 2018 semua tim balap MotoGP secara terang-terangan memamerkan update fairing terbaru. Sebuah piranti tambahan menyerupai winglet yang kini dimodifikasi sedemikian rupa agar lolos homologasi komisi keamanan MotoGP itu sering disebut sebagai aero fairing atau inner winglet dan sejenisnya. 

Dan inilah model fairing terbaru tim-tim MotoGP di tes pramusim Sepang 2018.
Honda

Di tes pramusim Sepang 2018 tim Repsol Honda memperkenalkan aero fairing terbaru yang secara shape lebih mirip aero fairing Ducati. Dua sayap vertikal membentang di sisi kanan dan kiri windshield hingga ke sisi fairing. Area windshield dan lubang air ram pun mendapat sentuhan baru sehingga membuat muka Honda RC213V jadi terlihat lebih garang.

Marquez dan Pedrosa yang menguji secara langsung aero fairing terbaru Honda RC213V mengaku puas meskipun sedikit merasa kurang di sektor tikungan.
Ducati
Ducati adalah pabrikan yang masih pede menggunakan desain aero fairing ala Desmosedici GP17. Dua sayap memanjang dengan lekukan-lekukan senada bodi Ducati GP18 itu memang sudah terbukti memberikan kestabilan handling pada Desmosedici. 

Sejak mendapatkan update aero fairing terbaru Jorge Lorenzo tak pernah melepas piranti tersebut dari tubuh Desmosedici nya. Doi mengaku lebih pede menggeber Ducatinya karena merasa Desmosedici lebih baik melahap tikungan dengan bantuan aero fairing tersebut. 
Dan akhirnya terbukti juga, di Sepang hari ketiga Lorenzo berhasil mendobrak catatan rekor waktu Sepang di angka 1m58.830 detik dengan Desmosedici GP18 dan aero fairingnya.
Yamaha
Yamaha yang mulai memamerkan update aero fairing di tes Valencia ternyata kembali memakai fairing tersebut di tes pramusim Sepang 2018.

Yamaha M1 mendapatkan update aero fairing yang menyerupai winglet M1 versi 2016 dengan modifikasi berupa tambahan untuk menarik winglet ke sisi fairing sehingga terlihat menyatu dengan bodi M1 dan tentu lebih aman.
Baik Rossi dan Vinales mengaku puas dengan hasil pengujian tes pramusim Sepang 2018 dan memuji performa aero fairing terbaru pada Yamaha M1.

Suzuki
Selain Ducati, Suzuki lah yang kembali memakai aero fairing versi 2017. Piranti mirip winglet yang diperkenalkan Suzuki pasca race Aragon musim lalu tersebut terbukti membantu Iannone dan Rins mendapatkan grip depan yang lebih baik.

Suzuki GSX-RR yang mendapat update mesin baru serta kembalinya status istimewa bagi tim Suzuki diyakini bakal membuat Iannone dan Rins melesat ke depan.
Aprilia
Bos tim Aprilia Gresini Romano Albesiano mengungkapkan jika Aprilia RS GP mendapat update total hampir di semua lini. Tak hanya sektor mesin, sasis, swingarm, hingga bentuk knalpot Aprilia RS GP versi 2018 juga mendapat sentuhan baru.

Yang cukup kentara adalah fuel cap aka lubang pengisi bahan bakar yang kini beralih tempat. Tak lagi di atas tangki, lubang pengisi bahan bakar Aprilia RS GP kini beralih ke belakang jok pengendara.
Untuk aero fairing aka winglet terbaru pada Aprilia RS GP sepertinya tak mendapatkan ubahan berarti. Bentuknya masih sama dengan versi 2017.

KTM
Pabrikan termuda di kancah MotoGP kelas 4 tak ini menjadi tim yang paling akhir memperkenalkan aero fairing pada KTM RC series mereka. Sepanjang musim 2017 baik Pol Espargaro maupun Bradley Smith memakai fairing standard dan sama sekali tak ditambahi aero fairing.
Baru di tes pramusim Sepang 2018 hari ketiga keduanya memakai update aero fairing terbaru pada motor KTM pacuan mereka. 

Ada dua versi aero fairing yang terlihat dijajal KTM. Yang pertama dengan bentuk menyerupai aero fairing milik Aprilia, sementara versi kedua yang dipakai Bradley Smith lebih berbeda. Tak memanjang sampai ke sisi fairing, aero winglet terbaru pada KTM besutan Smith lebih berbentuk semacam kubus, hanya di sisi kanan dan kiri area windshield saja.

Entah, masih belum pasti aero fairing model mana yang akan dipakai tim KTM pada musim balap 2018 nanti. Tentunya mereka juga masih menunggu keputusan tim safety balap MotoGP untuk meloloskan salah satunya.
So…menurut sampean aero fairing milik siapa masbro yang paling pas dan senada dengan bodi motor-motor pacuan MotoGP…? Apakah Ducati, Yamaha, Honda, Suzuki, Aprilia ataukah KTM…? 

Oh ya, dilansir dari Crash aero fairing milik Yamaha dan Honda kabarnya sudah mendapatkan persetujuan dari tim komisi safety MotoGP, jadi sudah legal digunajan dalam balap… Jadi makin tak sabar nih cak nungguin perhelatan MotoGP musim 2018… Semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini