Istimewanya Honda Astrea Grand Lansiran 1991 yang Laku Rp 80 Juta

Diposting pada 83 views



Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Siapa sangka motor jadul bisa laku berpuluh-puluh juta. Ya, seperti Honda Astrea Grand lansiran 1991 ini Cak. Tak tanggung-tanggung, dengan kondisinya yang masih luar biasa kinyis-kinyis nih, Astrea Grand tersebut laku terjual seharga Rp 80 juta. Opo ra giendeng jal Cak?

Adalah Zubastian Rachman, warga Bintaro Tangerang Selatan yang sudah berhasil mendandani Honda Astrea Grand lansiran 1991 ini. Restorasi yang dilakukan pun tergolong total Cak. Hampir semua part motor diganti dengan yang asli, bukan asli kw, tapi original milik Honda Astrea. Bahkan perburuan beberapa partnya sampai harus mendatangkan dari luar negeri.
Menurut cerita si empunya, Tian, begitu ia akrab disapa, mendapatkan motor langka ini dari daerah Tigaraksa, Tangerang. Awalnya sih menurut Tian, dia membeli motor seharga Rp 3,4 juta tersebut karena hobinya memodifikasi sepeda motor.
Baca juga:


Setelah perburuan lengkap, akhirnya dengan dibantu jasa salah seorang bengkel langganannya, Tian mulai merestorasi Honda Astrea 1991 miliknya itu. Tapi jangan salah Cak, biaya yang dikeluarkannya pun gak main-main. Doi harus rela merogoh kocek hingga Rp 31,5 juta untuk membuat tampilan Astrea Grand ini layaknya motor yang baru turun dari dealer.

“Biaya onderdil 30 juta, sama ongkos bongkar pasang mencapai 1,5 juta,” ujar Tian kepada Kompas.

Mengenai siapa yang membeli Honda Astrea Grand 1991 dengan harga fantastis itu, Tian masih enggan menyebutkan namanya. Menurutnya motor tersebut dibeli oleh teman dekatnya.

“Awalnya saya jual Rp 75 juta. Tapi sama dia dibayar Rp 80 juta,” ujarnya kepada sumber yang sama.

Yap, yang namanya hobi memang sulit digambarkan dengan kata dan uang Cak. Apapun itu, kalau sampean sudah terlanjur suka, yo mesti wae digasak. Gak pakai pikir panjang lagi. Termasuk Honda Astrea Grand 1991 yang resmi terjual seharga Rp 80 juta ini.

Last… Menurut Tian, Honda Astrea Grand 1991 restorasi tersebut hampir tak menyisakan part bawaanya. Terangnya hanya rangkanya saja yang dipertahankan dan dicat ulang karena masih bagus. Selebihnya, semua part pembangun motor dibeli via online, dan bahkan untuk lampu depan dan behel besi kromnya didatangkan dari Malaysia.

“Semua part saya ganti dengan membelinya secara online. Termasuk lampu dan behel belakang yang saya beli dari Malaysia melalui teman. Hanya rangka yang saya cat ulang karena kondisinya masih bagus. Mengenai jok yang terbungkus plastik dan plat putih itu cuma saya tambahin sendiri. Biar kesannya kayak motor baru yang baru dibeli dari dealer,” tambah Tian.

Last… Honda Astrea Grand 1991 yang kalau di tempat mmz disebut Grand Bulus ini memang sempat menjadi primadona di zamannya. Ditopang mesin 100 cc yang super duper irit, motor ini terlihat cukup kalem dan anggun, ketika saat itu pabrikan lain masih berkecimpung dengan motor-motor kencang beroli samping.
So… Menurute sampean piye Cak? Ngebeli Honda Astrea Grand lansiran 1991 dengan harga fantastis, Rp 80 juta. Pilih motore apa kucinge kira-kira? Hehe… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Istimewanya Honda Astrea Grand Lansiran 1991 yang Laku Rp 80 Juta

Silahkan Berkomentar di bawah sini