Mengenai Ayla yang Viral Gak Kuat Nanjak, begini Tanggapan Pihak Daihatsu

Diposting pada 56 views



Motomazine.com – Masbro, dua hari lalu dunia medsos kembali diviralkan dengan video yang mempertontonkan sebuah mobil LCGC menderu-nderu gak kuat nanjak. Kejadiannya sendiri ada di Jalan Tol fungsional Salatiga-Kartasura.

Yap, jika kita melihat dari video yang sudah viral tersebar, sepertinya masalah berada di sopir sendiri. Saat macet di tengah jalan, terdengar gas diinjak dalam-dalam namun kopling tak dilepaskan.
Lantas, melihat kejadian tersebut, apa sih tanggapan Daihatsu selaku produsen mobil Ayla? Melalui Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Indonesia Anjar Rosjadi, pihak Daihatsu mengklaim bahwa sebenarnya Ayla itu kuat dikendarai di berbagai medan jalan tak terkecuali jalan menanjak.

“Kadang-kadang orang kita itu misunderstanding. Dibilang 50 derajat, padahal tidak mungkin. 40 derajat saja orang bisa jatuh saat berdiri, itu saja susah, sedangkan polisi masih terlihat berdiri santai,” tutur Anjani, dikutip dari Liputan6 (11/6/2018) yang dilansir mbah Amama.

Mengenai kemanan jalan tersebut, PT. Waskita Karya Tbk. selaku kontraktor menyatakan tingkat kemiringan di jalur mudik ini hanya berkisar di angka 10 derajat saja. Istilahnya tiap 100 meter mengalami kenaikan setinggi 10 meter.
Baca juga:


Lebih lanjut Anjar juga menyebutkan jika pemerintah sudah punya aturan sendiri dalam membuat jalan umum, yakni ketinggiannya harus berkisar 9-10 meter saja. Adapun di beberapa tempat lebih dari itu, dikarenakan faktor kondisi alam yang mengharuskan membuat tanjakan lebih dari 10 derajat. Daerah wisata misalnya.
Mengenai Daihatsu Ayla sendiri Anjar juga mengatakan bahwa Daihatsu sudah melakukan pengujian di berbagai medan termasuk di kawasan Kamojang Jawa Barat yang memiliki kemiringan hingga 17 derajat.

“Kalau di kami punya alat pengukuran kemiringan sendiri, bahkan sampai 20 derajat. Dan itu bisa dilalui, tak ada masalah. Kalau stop and go memang butuh keterampilan, kalau tidak ya harus ancang-ancang,” tambah Anjar.

Berada di tanjakan memang sangat menguji keterampilan seorang sopir. Apalagi kalau kita dihadapkan dengan macet dan harus berhenti di tengah-tengah tanjakan. Nah, pas mau angkatannya itu loh yang paling susah. Dibutuhkan torsi yang pas agar mobil mau merayap nanjak, bukan melulu soal nginjak gas dalam-dalam.
So, kenali torsi dan kemampuan kendaraan anda. Termasuk maaf skill kita dalam berkendara. Seperti kasus di atas, jangan terlalu memaksakan yang ujung-ujungnya bisa bikin hangus kampas kopling. Oh ya, akhirnya kemudi Ayla tersebut diambil alih oleh Pak Polisi, dan mobil pun sukses menanjak. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar di bawah sini