Fakta Mengejutkan GP Catalunya 2018: Lorenzo Seorang Robot!

Diposting pada 28 views



Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Sebuah fakta diungkap pasca MotoGP Catalunya 2018. Yup, siapa lagi kalau bukan fakta mengenai si juara GP Catalan 2018 kemarin, ‘Thorenzo’! Fakta yang pasti bikin kita para penikmat MotoGP bergidik karena menyaksikan Lorenzo is back to business. Lorenzo seorang robot!

Walah… Lorenzo robot? Terus datangnya dari planet mana dong? Kok dibolehin balapan? Sebentar masbro, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan.
Lorenzo bak seorang robot di sini maksutnya adalah karena konsistensinya menjaga ritme balap, dari awal hingga akhir putaran di Catalunya kemarin. Yap, strong like a hummer, and smooth like a butter. Julukan itu sepertinya sudah balik lagi ke diri seorang Porfuera.
Dilansir dari laman resmi MotoGP, mmz mendapat data catatan laptime Lorenzo selama jalani balapan di Barcelona. Saat pembalap lain berjuang dengan cengkeraman ban depan, Lorenzo seperti tak merasakannya. Bahkan dengan ban soft-soft dia berhasil menjaga ritme balap di angka 1 menit 40-an detik.

Jika dilihat dari data yang dilansir MotoGP di atas, bisa kita lihat laptime paling pelan Lorenzo hanya terjadi di lap pertama. Wajar, saat itu pembalap belum berani memacu motornya secara maksimal karena faktor ban yang belum panas. Belum lagi masih banyaknya pembalap yang bertarung pada jarak yang dekat.
baca juga:


Dari 24 lap balapan yang digelar Lorenzo selalu bermain di angka 1 menit 40 an detik. Bahkan Lorenzo berhasil cetak best laptime pada lap 9 dengan catatan waktu 1m40.021 detik. Saat itu Lorenzo juga cetak waktu terbaik pada sektor 4 dengan torehan waktu 30.713 detik. Luar biasanya laptime Lorenzo di sektor 4 begitu konstan di angka 30 detik. Kecepatannya menurun menjadi 31 detik di sektor 4 saat balapan menyisakan 4 lap lagi.
Di sektor 1 Lorenzo juga catatkan laptime sangat konsisten di angka 17 detikan. Di lap 7 bahkan doi mampu tembus 16.994 detik. Begitu juga di sektor dua, tiga dan empat tentunya. Bisa sampeyam lihat betapa catatan laptime Lorenzo begitu konsisten. Wajar jika doi diibaratkan sebuah robot, yang sudah disetting untuk mencetak laptime sekonsisten mungkin.
Jika diperhatikan lebih jauh, Lorenzo juga makin ngacir meninggalkan lawan-lawannya. Marquez yang begitu getol menyerang Lorenzo akhirnya juga mengendurkan gas karena sempat hampir kehilangan traksi ban depan tepat di tempat Dovisiozo crash.
Alhasil, Lorenzo finish dengan gap tembus 4.479 detik di depan Marquez. Gap yang sering Lorenzo berikan pada lawan saat masih membesut Yamaha dahulu.
So, apakah Lorenzo benar-benar sudah kembali? Apakah revisi yang diberikan Ducati benar-benar memberikan solusi atas sulitnya Desmosedici GP18 ditaklukkan? Yang pasti mari kita tunggu saja di balap MotoGP seri selanjutnya, Assen, Belanda. Sebab Mugello dan Catalunya adalah sirkuit favorit Lorenzo.
Yang pasti, laptime Lorenzo saat jalani GP Catalunya memang sangat fantastis, cepat dan konsisten layaknya seorang robot yang disetting agar catatkan laptime di angka 1m40 detikan… Hmmm… Pembalap lain patut waspada ini. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini