Skutik Honda yang Satu ini Baru Laku 2 Unit di Tahun 2018. Hmmm… Ada yang Salah kah?

Diposting pada 42 views



Motomazine.com – Masbro, selera orang Indonesia memang sedikit unik, terkesan tinggi kalau sudah ngomongin tentang desain sepeda motor. Tak semuanya motor nyaman laris. Tak semua motor berkualitas ludhes. Namun motor dengan bodi-bodi futuristik, cenderung berani dan kekinian, itu yang bakal laris.

Seperti juga skutik Honda yang satu ini. Sedikit miris sih masbro, pasalnya sepeda motor yang aslinya punya desain unik ini sama sekali tak dilirik sama pemirsa penggemar sepeda motor, khusunya tipe matic. Heluk?
Usut punya usut, dari data yang mmz kutip dari beberapa sumber menyebutkan, menurut data AISI skutik ini baru terjual sebanyak 2 unit saja sepanjang tahun 2018 ini. Itupun hanya terjual di bulan Mei. Ada yang salah?
Sebenarnya tidak sih masbro. Honda SH150i yang diimpor utuh dari Vietnam ini digadang-gadang sebagai motor yang nyaman. Saya belum nyobain sih. Cuman secara bentukan yang mirip Spacy, kayaknya beneran nyaman si SH150i itu.
Secara fitur skutik berdesain Eropa ini dilengkapi dengan fitur keamanan canggih di kelasnya yakni Honda Smart Key systemyang terdiri dari switch On/OFF, Answer Back System dan Anti Theft Alarm System yang terintegrasi dalam 1 unit remote. Pada saat pengendara mengaktifkan kenop ON, lampu iluminasi biru akan menyala dan memudahkan pengendara untuk menghidupkan mesin hanya dengan menekan dan memutar kenop kunci. Kenop ini juga berfungsi untuk membuka jok dan mengunci setang kemudi.
Baca juga:


Honda SH150i menghadirkan posisi berkendara yang natural dan nyaman melalui penyematan pijakan kaki rata memberikan ruang kaki yang luas bagi pengendara, ditunjang dengan ukuran pijakan kaki yang ramping memudahkan pengendalian. Jarak terendah ke tanah 146mm dan memiliki jok nyaman untuk berkendara sendiri maupun berboncengan.
Model ini dilengkapi fitur unggulan seperti standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun,power charger yang terdapat di dalam console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel (*dibutuhkan connector charger), kapasitas tangki terbesar di kelasnya 7,5 liter dan bagasi yang dapat menyimpan helm fullface.
Honda SH150i hadir dengan mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 150cc eSP (Enhanced Smart Power) sehingga mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko energi terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggihIdling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Skutik Honda ini menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 40.9 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3. (AHM internal tes).
Honda SH150i telah disematkan frame high-tensile steel tubular underbone yangrigid dan kuat. Velg die-cast alumunium berukuran 16inchi dan ban tubelessmenjadi kunci utama handling dan memberikan kestabilan saat berkendara di berbagai kondisi jalan perkotaan. Sementara itu jarak sumbu roda compactberukuran 1340mm menghadirkan kelincahan saat berkendara.
Model premium ini juga dilengkapi dengan suspensi belakang dual damper swing armdengan 5 langkah pre-load yang dapat disesuaikan dan suspensi depan 33mm telescopic fork mampu menghadirkan pengendalian optimal. ABS (Antilock Braking System) telah disematkan dengan diameter berukuran 240mm dengan 2 piston caliper untuk rem depan dan 1 piston caliper untuk rem belakang.
Honda SH150i hadir dengan warna Pearl Jasmine White, Poseidon Black Metallic dan Candy Luster Red.
Untuk harga sebenarnya Honda juga sudah melakukan revisi. Jika dulu di IIMS 2017, di awal kemunculannya SH150i dijual seharga Rp 44,9 juta, mulai April 2018 AHM sudah merevisi harganya menjadi Rp 39,9 juta OTR Jakarta.
Namun lagi-lagi Sam, revisi harga tersebut nyatanya belum bisa mengupgrade angka penjualan Honda SH150i sendiri. So, kalau menurut sampeyan harusnya gimana nih masbro? Perlukan SH150i dilokalkan biar harganya lebih murah?
Oh ya, selama tahun 2017, setelah peluncuran resminya di IIMS, Honda SH150i sukses terjual sebanyak 140 unit. Jadi sampai sekarang sudah ada 142 unit SH150i di Indonesia. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Skutik Honda yang Satu ini Baru Laku 2 Unit di Tahun 2018. Hmmm… Ada yang Salah kah?

  1. Salah banget bro, harga nyaris 40jt tapi fiturnya sama dengan fitur dikelas 150cc dengan harga dibawah 30jt seperti Nmax, PCX, dsb. Kesalahannya lagi model/ bentuknya yg gk terlalu menarik/kurang wah untuk era sekarang.
    Kesimpulannya: kalau punya uang 39,9jt mending beliin motor Nmax sisanya buat beli cincin nikah buat doi, kalau enggak ya beliin di kelas 250cc Xmax, nabung bentar gpp.

Mari berbagi komentar di sini