Modifikasi Nyeleneh, Motor 4-Tak pakai knalpot 2-Tak. Aman Gak Sih?

Diposting pada 83 views

Motomazine.com – Masbro, baru-baru ini muncul beberapa gambar yang mempertontonkan modifikasi aneh. Yap, bisa dibilang nyeleneh masbro, sebab motor 4-tak yang punya knalpot spesifikasi khusus diganti dengan knalpot motor 2-tak. Lah kan beda yak? Terus piye itu nanti? Apakah aman, atau malah bikin mesin rusak?

Foto yang sempat ramai di ig ini diunggah oleh akun agoez_bandz. Di sana terlihat sesosok motor Vario dengan knalpot ala-ala 3v3, menggembung di chamber, lantas punya silincer kecil memanjang. Wes pokoke emang knalpot 2-tak itu kang.

Tak cukup sampai di situ, masih di akun yang sama di sana bahkan akan video yang mempertontonkan Vario 150 putih dengan knalpot motor 2-tak tengah dikendarai dengan santainya di tengah keramaian. Asemb, saya malah penasaran iki.

Yang jelas tuh motor jalan dengan suara yang sedikit beda. Sebab knalpot untut 2 jenis motor ini memang beda. Knalpot motor 4-tak kan diusahakan sebebas mungkin agar pembuangan los, langsung keluar. Beda dengan knalpot motor 2-tak yang musti ada chamber buat ngekail tenaga atas. Gampangnya di motor 2-tak, semakin besar chamber maka power atas akan naik, begitu lula sebaliknya. Jika chambernya kecil maka tenaga bawahnya yang lebih galak. Silahkan sampean amati lah knalpot-knalpot kalajengking besutan motor-motor road race 2-tak macam FIZR maupun Satria R.

Baca juga:

Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah, aman gak sih knalpot motor 2-tak dipasangkan pada mesin 4-tak? Untuk ini kita musti tanya ke ahli. Menurut Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT. AHM mengatakan masing-masing kanlpot untuk motor 2 langkah dan 4 langkah itu beda.

“Setiap pabrikan telah mendesain knalpot sedemikian rupa. Desain knalpot sangat mempengaruhi performa tenaga dan emisi gas buang. Dan semestinya desain muffler (knalpot) 4 tak berbeda dengan motor 2 tak dari cara langkah kerja mesin,” ujarnya seperti dilansir dari detikOto.

Dari cuplikan penuturan Pak Wedijanto tersebut tentu kita bisa narik jawaban atas pertanyaan apakah aman knalpot motor 2-tak dipasangkan pada motor 4-tak. Dan jawabnya adalah tidak. Karena memang keduanya didesain berbeda.

Atau mungkin sampeyan masih penasaran dan ingin mencobanya sendiri? Saya gak tanggung loh…hahaha…Atau mungkin sampeyan punya pendapat sendiri atas fenomena knalpot motor 2-tak dipasang pada motor 4-tak? Silahkan tuangkan di kolom komentar ya Cak… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini