Resmi Meluncur, New Ducati Panigale V4 R Berwinglet. Berikut Spesifikasi dan Galerinya!

Diposting pada
Ducati Panigale V4 R 2019

Motomazine.com – Masbro, bertempat di ajang EICMA 2018 akhirnya secara resmi Ducati merilis Panigale V4 R dengan konsep style, sophistication, and perfomance. Yap, tiga konsep ini sengaja dihadirkan Ducati untuk mewakili betapa Panigale V4 R ini punya desain ciamik dengan power nggilani yang siap bertarung di atas lintasan.

Ducati Panigale V4 R memang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari untuk menghadapi makin kerasnya persaingan di kelas World SBK. Kedigdayaan Kawasaki Ninja ZX-10R sepertinya telah mengusik pihak Ducati untuk turut menghadirkan motor dengan performa tinggi yang siap bertarung di baris terdepan.

Ducati Panigale V4 R sendiri didesain agar bisa menghadirkan simponi dalam emosi. Motor ini tak hanya kencang, namun juga memiliki performa tinggi dari berbagai sisi. Dan yang paling penting dari kesemuanya itu adalah mudahnya motor dikendalikan, apapun dan bagaimanapun pengalaman ridernya. Hmmm… belajar dari Desmosedici GP18 nih masbro kayaknya. Sebab makin ke sini Ducati makin pintar menciptakan motor yang ramah buat semua rider.

Power Ducati Panigale V4 R bisa dibilang cukup nggegirisi di kelasnya. Dengan piranti standarn Panigale V4 R yang punya spesifikasi bobot 172 kg ini mampu muntahkan power puncak hingga di angka 221 dk. Namun begitu dijejali dengan Racing Kit, tenaga Panigale V4 R diklaim mampu tembus hingga 234 dk dengan bobot terpangkas menjadi 165,5kg saja… Sampeyan bayangkan sendiri saja seperti apa sangarnya tenaga yang disemburkan.

Alessandro test Ducati Panigale V4 R

“Masih segar di perasaan saat melibas Cimini Corner in Vallelunga, sebuah tikungan dobel parabolic ke kanan yang bisa dilibas dalam sebuah lap yang unik. Siku yang terasa menggores ke aspal, motor rebah maksimal dengan line rapi tanpa adanya penyesuaian dari rider. Sebuah kepresisian layaknya pisau yang sangat saya ingat dari si 998. Apapun itu motor ini sangat cantik…!” seru Alessandro Valia, tester resmi Ducati.

Yap, seperti dikatakan Alessandro di atas, Ducati Panigale V4 R mengusung mesin berkonfigurasi V dengan kubikasi mesin sebesar 998 cc. Untuk menjamin keamanannya Ducati telah menyematkan Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DCS), Engine Brake Control (EBC) EVO, juga Riding Modes, Power Modes, dan Auto Tyre Calibration.

Berikut Spesifikasi Ducati Panigale V4 R

MESIN
mesin Desmosedici Stradale 90 derajat V4, rearward-rotating crankshaft, dan 4 Desmodromically actuated valves per cylinder, liquid cooled
Kubikasi 998 cc
Bore x Stroke 81 x 48,4 mm
Rasio Kompresi 14.0 : 1
Power 162 kW/221 dk @15,250 rpm
Torsi 112 Nm @11,500 rpm
Injeksi Electronic Fuel Injection System. Twin injectors per cylinder. Full ride-by-wire elliptical throttle bodies with aerodynamic valves. Variable length intake system
Exhaust 4-2-1-2 system, dengan 2 catalytic convertesrs dan 2 lambda probes
TRANSMISI
Gearbox 6-speed with Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO
Primary Drive Straight cut gears; ratio 1.80 : 1
Ratio 1=38/14 2=36/7 3=33/19 4=32/21 5=30/22 6=30/24
Final Drive Rantai; sproket depan 15; sproket belakang 42
Clutch Hydraulically controlled slipper and self-servo wet multiplate clutch
SASIS
Frame Aluminium alloy “front frame” with optimized stiffness
Suspensi depan Fully adjustable 43 mm Ohlins NPX pressurized fork with TiN treatment
Roda depan 3-spokes forged aluminium alloy 3.50″ x 17″
Ban depan Pirelli Diablo Supercorsa SP 120/70 ZR17
Suspensi belakang Fully adjustable Ohlins TTX 36 unit. Aluminium single-sided swingarm
Roda belakang 3-spokes forged aluminium alloy 6.00″ x 17″
Ban belakang Pirelli Diablo Supercorsa SP 200/60 ZR17
Rem depan 245 mm disc, 2-piston caliper ABS EVO
DIMENSI
Berat kosong 172 kg
Tinggi Tempat duduk 830 mm
Wheelbase 1.471 mm
Rake 24,5 derajat
Kapasitas tangki 16 liter
PIRANTI
Safety Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DCS), Engine Brake Control (EBC) EVO, juga Riding Modes, Power Modes, dan Auto Tyre Calibration.

Last… Meneruskan tradisi Ducati yang aerodinamis, tak lupa pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale ini juga menyematkan winglet pada Ducati Panigale V4 R. Dan atas berbagai fitur modern itulah masbro, Ducati berani menjamin Panigale V4 R ini sangat ramah dipakai oleh semua biker, tak terkecuali akan berubah jadi sosok sangar dan cepat namun mudah dijinakkan saat dipakai di ajang balap, baik World SBK maupun ajang BSB musim 2019 mendatang…

Galeri Ducati Panigale V4 R

So, Ducati Panigale V4 R… Piye masbro, ganteng ora…? Semoga berguna… (mmz)

baca juga:


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini