Bukan Sesat, Review Oli SGO di Honda CB150R. Kayaknya Bakal Nagih Nih!

Diposting pada 148 views

Motomazine.com – Masbro, urusan mencekoki oli ke tunggangan memang gampang-gampang susah. Ada yang begitu saja terima dengan oli bawaan motor, namun ada pula yang penasaran dengan performa yang dihasilkan oli-oli branded dengan harga selangit. Gak usah mmz sebutkan, sampeyan pasti lebih paham dengan oli-oli impor yang memang kurang ramah di kantong itu.

Nah, buat mmz yang kantongnya belum setebal sultan, rasanya mengganti oli tunggangan secara periodik dengan oli yang branded dan kelewat mahal bakal bikin hati dan dompet gusar. Iseng-iseng mencoba, mmz pun menuangkan oli SGO asli Suzuki ke Honda CB150R yang memang sudah tiba waktunya ganti oli.

Iseng, yap, awalnya memang iseng kangbro. Secara motornya Honda, lha kok dicekoki pelumas bawaaan Suzuki. Terus piye jal nanti performanya? Apakah bakal seenak oli branded yang pernah mmz cekokkan? Turun sedikit? Atau malah sama sekali turun drastis dan ngebuat motor jadi acak adut kasar tak bertenaga?

Dan jawabannya…. Setelah kurang lebih 800-an kilometer pemakaian, impresi yang mmz rasakan adalah….. LICIN. Emang bener masbro, impresi awal yang terbentuk setelah mengganti oli SGO ke Honda CB150R ini adalah licin. Yang paling berasa tuh saat perpindahan gigi. Entah kenapa, feel perpindahan gigi jadi licin dan lebih enak dari oli sebelumnya yang sudah mmz pakai. Clep, clep, ringanlah pokoknya.

Dari segi performa mesin juga ciamik. Tarikan motor jadi lebih responsif dengan mesin yang lebih senyap. MMz sendiri juga lumayan kaget. Lha piye, wong oli encer kok bisa bikin mesin halus…  Oli SGO (Suzuki Genuine Oil) punya kekentalan di angka 10W-40 SL MA saja. Dan berdasarkan pengalaman, biasanya oli yang encer itu bakal bikin mesin lebih kasar. Tapi ini kok enggak…

Biar sedikit mengobati rasa penasaran sampeyan monggo mmz kasih spefikasi singkat oli SGO ini, diantaranya adalah:

  • Diformulasikan dengan teknologi synthetic
  • Lebih tahan terhaadap panas dan gesekan sehingga mesin lebih halus
  • Meningkatkan akselerasi mesin dan efisiensi bahan bakar
  • Tidak memerlukan tambahan additive
  • Memenuhi persyaratan JASO MA dan API SL
spesifikasi Suzuki Genuine Oil

Alasan lain mmz mencoba oli SGO adalah volumenya. Oli SGO terbaru yang khusus diformulasikan untuk motor sport ini punya isi 1300 ml. Jadi ya pas buat penggantian berkala Honda CB150R yang butuh volume oli di angka 1,3 Liter. So, berdasarkan impresi awal memakai oli SGO di Honda CB150R sepertinya kok saya makin ketagihan. Dan untuk makin memantabkan feel memakai oli SGO ini memang harus diulangi lagi. Untuk harga, oli SGO dengan volume 1300 ml dijual seharga Rp 61.500,-. Semoga berguna… (mmz)

baca juga:


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Bukan Sesat, Review Oli SGO di Honda CB150R. Kayaknya Bakal Nagih Nih!

Silahkan Berkomentar di bawah sini