Valentino Rossi Masih Kurang Puas dengan Mesin M1 2019. Ban Belakang Tetap Jadi Konsen Utama

Diposting pada 36 views

Valentino Rossi Masih Kurang Puas dengan Mesin M1 2019. Ban Belakang Tetap Jadi Konsen Utama

Motomazine.com – Masbro, impresi yang diungkapkan Valentino Rossi pasca lakoni dua hari tes di Valencia sepertinya bakal bikin mekanik kembali pusing. Pasalnya pembalap Italia ini masih kurang puas dengan performa Yamaha M1 versi 2019. Rossi menyebut tak ada perbedaan krusial antara keduanya (mesin 2018 vs mesin 2019). Di hari pertama Rossi mengagendakan menjajal mesin versi 1 (sebut saja begitu), untuk kemudian beralih menjajal mesin versi kedua pada hari Rabu kemarin.

Dibanding mesin 2018 Rossi sebut mesin 2019 punya sedikit keunggulan yakni engine braking yang lebih baik. Selain itu mesin 2019 juga lebih halus. Meski begitu ternyata bagi Rossi itu semua belum cukup, karena setelah beberapa lap ban belakang masih terdegradasi parah. Hmmm… lagi-lagi hal ini menjadi masalah krusial.

Padahal sejak tahun 2016 Rossi dan kru sudah sangat dipusingkan dengan masalah ban belakang ini. Apalagi di musim 2018 ini. Dimana Rossi sama sekali tak meraih kemenangan dalam satu musim penuh. Miris, buat pabrikan sebesar Yamaha.

Namun begitu, berbekal makin kuatnya M1 di Sepang (kering) dan Valencia (basah), sepertinya Yamaha kini bisa sedikit bernafas lega. Mereka setidaknya telah berjalan di arah yang benar. Toh hal ini juga diamini oleh Rossi, dimana pengembangan sudah menuju ke arah yang benar.

“Menurutku mesin ini (2019) punya beberapa hal positif yakni mesin sangat halus. Tapi tes dua hari ini bagiku tak begitu krusial, karena dibanding mesin 2018 perbedaannya belum terlalu banyak. Setelah beberapa lap ban belakang masih terdegradasi cukup parah hingga kami mengalami banyak slide. Kami masih harus bekerja untuk ini. Selain itu saya yakin Yamaha juga akan bekerja pada sasis, suspensi dan swingarm,” tutur Rossi (live) di akhir sesi tes kemarin.

Sasis masih jadi konsen utama

Menukil perkataan Rossi ini sepertinya Yamaha masih akan terus memainkan sasis dan swingarm. Kita lihat saja tim-tim yang kini makin kompetitif. Suzuki misalnya, mereka memperkuat sasis aluminium dengan karbon. Ducati juga, selain penguatan area sasis dengan karbon, tim merah ini juga setia dengan swingarm karbon. Honda sekarang, tim Jepang ini juga pada akhirnya mengaplikasikan swingarm berbahan serat karbon.

So, apakah komentar Rossi ini bakal menjadi clue kalau Yamaha akan melakukan hal yang sama. Bisa jadi memperkuat sasis dengan karbon atau mengganti swingarm aluminiumnya dengan swingarm berbahan serat karbon juga untuk mengurangi beban.

Entahlah, setidaknya terobosan-terobosan baru itu biasanya akan muncul di tes awal musim 2019. Bisa di Sepang, Thailand atau Qatar. Saat ini Yamaha masih focus pada pemilihan mesin. Mana yang lebih disukai baik oleh Valentino Rossi maupun Maverick Vinales.

Di hari pertama tes Rossi finish posisi tiga sementara hari kedua melorot ke posisi Sembilan. Seperti biasa, Rossi selalu memanfaatkan sesi kedua untuk mencari sebanyak mungkin settingan pada YZR-M1 tunggangannya. Semoga berguna… (mmz)

baca juga:

[display-pots tag=motogp]


Silahkan berbagi dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Valentino Rossi Masih Kurang Puas dengan Mesin M1 2019. Ban Belakang Tetap Jadi Konsen Utama

Mari berbagi komentar di sini