Balada! Dorna Siap dijual? Lha Terus Nasib MotoGP Gimana?

Diposting pada 44 views

Motomazine.com – Masbro, cukup mengejutkan membaca berita yang dishare oleh salah satu media ternama Eropa ini. Di sana dengan jelas disebutkan bahwa Dorna siap dijual. Lah… terus nasibnya MotoGP gimana dong? Entahlah, yang pasti di situ diberitakan kalau Dorna siap dilego oleh perusahaan keuangan dunia yang telah punya banyak cakar di  kegiatan ekonomi dunia.

Hmmm… Terlalu dini memang menebak apa yang akan terjadi pada Dorna selanjutnya. Namun alangkah baiknya sebagai penikmat MotoGP kita juga ikut aktif untuk mengupdate informasi seputar balada terbaru ini.

Melihat prestasi Dorna sejatinya perusahaan asal Spanyol dengan CEV Carmelo Ezpelata ini punya rekam jejak yang cukup bagus. Buktinya MotoGP masih tetap bertahan hingga sekarang. Tak hanya itu, mulai tahun 2012 kemarin bahkan Dorna juga telah mengambil World SBK sebagai anak cabang olahraga balap yang diasuhnya. Bahkan di tahun 2019 nanti Dorna juga telah membuat cabang balap baru, Moto-e.

Namun begitu sepertinya semua itu masih belum cukup membuat Dorna aman. Dilansir dari Tuttomotoriweb (26/11/2018), Dorna siap diakuisisi oleh CVC, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan di Eropa sana. Sebelumnya Dona sendiri juga telah menjadi anak CVC sebelum akhirnya setelah tahun 2006 dijual lagi ke Bridgepoint.

Namun kini, setelah CVC memberikan hak F1 kepada Liberty Media CVC siap turun lagi mencari cabang baru. Dan MotoGP sepertinya sangat menarik untuk diselami.

baca juga:

Dorna bukan pemain baru di MotoGP

Dorna telah memperoleh hak menyelenggarakan kejuaraan dari FIM sejak 1992 dan masih akan berlaku hingga 2041. Sementara di WSBK, perusahaan Spanyol ini telah mengambil alih balap motor massal 1000 cc dari Infront mulai 2012 hingga 2036.

Mengenai detail penawaran sendiri belum diketahui. Namun balada ini bisa saja terjadi. Mereka bisa melakukan apa yang menurut mereka membuat MotoGP lebih menarik. Seperti halnya yang Liberty Media lakukan pada F1. Lihat saja aturan-aturan baru yang terjadi pada F1 beberapa tahun belakangan ini.

So,  mari kita berharap saja, toh jika nanti CVC mengambil alih Dorna lagi,  mereka tetap akan memberikan keluwesan supaya MotoGP tetap bisa disiarkan di Televisi-televisi dunia. Atau kalaupun harus membuat regulasi baru, hendaknya buatlah regulasi yang bukan justru membuat balapan makin membosankan. Gak lucu kan kalau MotoGP dibuat One Make Race layaknya Moto2? Lha sekarang saja, eh tahun depan hampir semua di MotoGP sudah diseragamkan. Mulai dari ban, ECU, terus bergerak ke IMU, hingga detail aturan helm yang dinyatakan lolos regulasi.

Lha kalau sudah begini, bukan tidak mungkin regulasi-regulasi baru akan terus bermunculan seiring kemauan si pemegang uang. Nah loh… Semoga berguna… (mmz)


Silahkan berbagi dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Balada! Dorna Siap dijual? Lha Terus Nasib MotoGP Gimana?

Mari berbagi komentar di sini