WSBK Jerez Test: Bautista Bilang Nunggang Panigale V4 R Gak Beda sama GP250. Pantes Nempel Rea!

Diposting pada 26 views

Motomazine.com – Masbro, balap World Superbike yang sudah habis musimnya tahun ini juga tak mau ketinggalan layaknya MotoGP untuk menggelar tes. Mengambil tempat di Jerez tes dilakukan oleh beberapa tim besar yang siap bertarung di ajang WSBK musim 2019 nanti. Sebut saja Ducati, Kawasaki dan Yamaha. Ketiga pabrikan ini saling unjuk kekuatan motor yang siap diajak bertarung untuk musim balap 2019 nanti.  Hasilnya, Jonathan Rea dengan Kawasaki ZX-10RR nya mampu tampil tercepat dengan torehan laptime di angka 1m39.657 detik.

Terlepas masih digdayanya Rea dengan ZX-10RR, perhatian publik sepertinya justru teralihkan pada sosok pembalap debutan Alvaro Bautista. Yap, mantan pembalap MotoGP ini seperti begitu mudahnya nunggang Panigale V4 R terbaru. Malah dengan entengnya Bautista menyebut jika mengendarai Ducati Panigale V4 R layaknya berkendara motor GP250 . Yaps, pindah dari MotoGP ke WSBK ternyata membuat Bautista cukup terkejut di awal. Motornya seperti kurang tenaga…

“Ini sangat berbeda dibanding motor MotoGP. Pertama sekali, motor seperti kurang tenaga, terutama saat lurus, dan saya sempat berpikir pasti ada yang salah. Tetapi ternyata tidak. Mesinnya memang seperti ini,” ujar Bautista. “Kestabilan motor sedikit kurang. Pagi ini saya melakukan putaran pertama saya dengan ban basah karena trek yang tergenang air di beberapa bagian. Tapi begitu treknya mengering dan berganti ban, saya sangat menikmati trek nya.” lanjutnya.

baca juga:

“Kemudian saat berganti ban slick, ternyata perbedannya tidak banyak. Saya banyak melakukan putaran dan mencoba beradaptasi. Menyamakan gayaku dengan motor ini. Karena dengan motor dan ban ini sepertinya memang banyak gerakan yang terjadi. Motor ini, kamu harus mengendarainya seperti nunggang 250cc. Hanya lebih cepat di tikungan namun lebih lembut gasnya, jangan agresif. Sebab bagaimanapun jika kamu agresif seperti di MotoGP kemudian motornya akan banyak bergerak dan tak  mau berhenti. Jadi kamu harus lebih berhati-hati dengan gasnya  agar motor lebih stabil. Motor ini memang sedikit berbeda, namun saya sangat menikmatinya . Mengingatkanku pada motor 250cc namun dengan power yang lebih gede…” tambah pemilik nomor 19 tersebut.

Bautista Pembalap Cepat di GP250

Bicara 250cc siapa sih yang tak kenal dengan Bautista. Sepeninggal Lorenzo ke MotoGP Alvaro Bautista seperti menjadi roket baru di ajang GP250cc 2 tak. Mengendarai motor Aprilia Mapfre Bautista begitu sering mengkoleksi juara seri. Bahkan perseteruannya dengan beberapa pembalap juga tak kalah menarik. Termasuk dengan mendiang Simoncelli dimana keduanya pernah sama-sama tidak finish di tikungan terakhir. Yap, mendiang Simoncelli memaksa masuk menyalip Bautista. Namun tidak cukup tempat, bersenggolan, dan glangsar berdua…

Aksi Alvaro Bautista di GP250 bareng Simoncelli dan Barbera

“Semakin banyak kamu melakukan putaran maka maka semakin mudah mengadaptasikan gaya berkendaramu. Sangat mudah mengganti gaya balapku karena memang rasanya mirip motor 250cc. Khususnya di 250cc silam saya cukup cepat jadi bagiku cukup beradaptasi dengan gaya seperti ini,” tutup pembalap yang beberapa kali ngajak Rossi jatuh ini..wkwkwk…

Last, menjadi pembalap rookie di world SBK prestasi yang ditorehkan Bautista tidak bisa dipandang sebelah mata. Hanya dengan sentuhan awal saja, Alvaro sudah berhasil nempel Rea di posisi  dua dengan gap 0,3 detikan. Sebuah catatan waktu yang harus diacungi jempol karena Panigale V4 R baru diturunkan balapan di WSBK musim ini.

Alvaro Bautista sendiri mendapat jatah kursi di Aruba.it berdampingan denga Chaz Davies, menggantikan Melandri yang hengkang ke Yamaha. Dengan pengalaman balapnya di MotoGP tentu WSBK bakal menjadi parkiran indah tunjukkan talenta sangarnya. Bisa jadi pembalap ini akan langsung mengusik Rea sedari awal musim digelar.. Hmmmm..Menarik juga masbro ternyata ngikutin balap WSBK.

Dan berikut hasil tes WSBK di sirkuit Jerez hari pertama, Senin kemarin

1. Jonathan Rea GBR Kawasaki Racing Team 1m 39.657s 55 laps

2. Alvaro Bautista ESP Aruba.it Racing – Ducati 1m 39.979s 62 laps

3. Chaz Davies GBR Aruba.it Racing – Ducati 1m 40.180 47 laps

4. Alex Lowes GBR Pata Yamaha 1m 40.157 61 laps

5. Leon Haslam GBR Kawasaki Racing Team 1m 40.479 70 laps

6. Marco Melandri ITA GRT Yamaha 1m 40.663s 50 laps

7. Michael van der Mark NED Pata Yamaha 1m 41.572s 64 laps

8. Sandro Cortese GER GRT Yamaha 1m 41.972s 60 laps

Hari ini di sirkuit Jerez kembali digelar sesi test pramusim WSBK hari kedua. So, kita pantengin saja siapa yang bakal moncer nantinya… Semoga berguna… (mmz)


Silahkan berbagi dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini