Nikung di Aspal Pakai Ban Trail Ternyata Beda

Diposting pada 121 views
crf150l sawah

MOTOMAZINE.COM – Selamat pagi kangbro, selamat beraktivitas kembali setelah merasakan hangatnya liburan tahun baru. Yap, hangat dalam artian sebenarnya… hahaha… Kali ini mmz mau sedikit ngeshare rasanya pas nunggang motor trail di aspal. Lah kok di aspal? Iya, sebab pas dibawa kerja gini kan emang musti nglewatin jalanan aspal. Jadi ya kita ubek-ubek dulu impresinya pas ada di aspal. Terutama saat dipakai nikung di aspal. Asli, pakai ban trail ternyata beda.

Pengalaman ini mmz dapatkan tatkala coba nggeber si CRF150L versi ban pacul/offroad lengkap dengan velg asimetrisnya (depan 21″/belakang 18″) di jalanan aspal. Maksud hati sih paling handling gak banyak perbedaan dibanding motor dengan ban dan peruntukan aspal. Tapi begitu masuk ke tikungan, anjaayyyyy….

Asli, ndredeg abis gegara hampir kepleset Cak… Posisi ban juga gak keras banget, jug agak empuk amat. Pas lah seharusnya. Tapi saat nyoba sedikit miring, asemb, ban belakang dan depan tuh rasanya lari kemana-mana.wkwkwk…

Pokoknya butuh effort lebih lah buat bikin tuh motor belok. Padahal ban depan pakai ukuran 2.75-21 dan ban belakang 4.10-18. Lebar kan? Iya emang lebar… Tapi ya itu… Pokoknya butuh effort lebih lah…

Kalau boleh menggambarkan rasanya ban depan mau kemana ban belakangnya kemana. Solusinya? Ya, musti bergaya ala-ala motocross dengan menjulurkan kaki atau berusaha dengan keseimbangan badan supaya motor gak jempalik.

Intinya numpak motor trail dengan ban tahu itu lebih enak di habitat aslinya. Tanah atau tanah berlumpur sekalian. Kalau di aspal atau si motor trail sering dipakai buat aktivitas di jalan aspal, mending diganti pakai velg 17″-an, terus pakaian ban aspal ala-ala supermoto.

Yawes sementara gitu saja dulu masbro. Monggo yang punya pengalaman serupa silahkan dishare. Kayak apa impresinya pas naik motor trail dengan ban offroad di aspal. Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “Nikung di Aspal Pakai Ban Trail Ternyata Beda

Silahkan Komentarnya Kangbro