Render Suzuki Hayabusa Reborn. Aura Elang masih dipertahankan

Diposting pada 115 views
render hayabusa 2020 motomazine.com

MOTOMAZINE.COM – Masbro, majalah otomotif kenamaan asal Jepang Youngmachine kembali memberikan renderan Suzuki Hayabusa reborn (sebut saja begitu) yang kemungkinan naik produksi sekitar 2020 mendatang. Meski begitu, bersumber dari TMCBlog banyak yang yakin nih produk akan memamerkan diri setidaknya di tahun 2019 ini. Hmmm…Memang apa sih yang baru di Suzuki Hayabusa Reborn?

Sebelum membahas apa yang baru dari Hayabusa, setidaknya kita refresh dulu superbike pabrikan Suzuki yang juga dikenal sebagai GSX1300R ini. Hayabusa dikenal sebagai motor Suzuki tergalak karena kubikasi mesin yang diusungnya. Motor berbentuk ala burung elang ini menggendong mesin 1.340cc yang dapat menyemburkan power hingga 171 hp dan torsi puncak di angka 139 Nm. tak heran jika motor ini sempat mendapat julukan sebagai motor produksi massal tercepat di dunia.

Namun sayang seribu sayang, kejayaan Hayabusa harus terkubur sementara setidaknya tahun 2018 ini. Motor Hyper pabrikan Hamamatsu ini harus stop produksi karena tersandung masalah regulasi EURO 4 .

Nah, kabarnya ke depan Suzuki tak kan tinggal diam. Motor superbike saingan Kawasaki ZX14R ini akan kembali dibangkitkan dengan desain dan sistem pembuangan yang baru.

mesin hayabusa reborn patent motomazine.com

Silahkan simak gambar di atas. Di sana diketahui Suzuki Hayabusa masih akan dipersenjatai mesin 4 silinder DOHC 16 valve, kemungkinan masih 1.340cc namun dengan sistem exhaust baru. Bisa kita lihat 4 leher knaplot yang keluar dari cylinder head dimasukkan ke dalam sebuah box yang diyakini sebagai catalyctic converter. Barulah dari box tersebut knalpot dikeluarkan dengan posisi di kiri dan kanan roda belakang.

Untuk bagian sasis sepertinya Suzuki juga mengupayakan rombakan agar motor ini lebih rigid dan lincah. Dari paten di bawah ini bisa kita lihat Hayabusa mengganti model sasis twinspar Hayabusa yang menggembung (bulky) menjadi ramping layaknya motor-motor superbike. Jelas, mereka ingin menguatkan sisi agility si Hayabusa.

sasis hayabusa reborn

So, setidaknya itulah render awal Suzuki Hayabusa yang dihadirkan Youngmachine. Kita simak saja akan seperti apa Hayabusha ini sebenarnya. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro