Mobil Bekas: Banderol Mencengangkan Honda Estilo SR3. Setara HRV?

Diposting pada 260 views

civic estilo motomazine.com

MOTOMAZINE.COM – Kangbro, mata langsung terbelalak seperti disiram kopi plus penjualnya yang lagi viral di IG itu… Yap, kurang lebih seperti itulah feeling yang saya rasakan setelah melihat sebuah postingan iklan mobil bekas. Sebuah Honda Civic Estilo SR3 dibanderol dengan harga sangat mencengangkan. Bahkan setara Honda HRV anyar!

Kalau dilihat dari pengiklan sih kayaknya Estilo SR3 yang ditawarkan ini tergolong mobil lama rasa baru. Warna biru tosca nya masih asli dari pabrikan. Bahkan BPKB juga ada.

Tak hanya itu Cak, buku servis bawaan ternyata juga masih disimpan dan siap diberikan kepada pembeli. Tak tanggung-tanggung, jok pun masih terbungkus plastik.

Asli, nih barang emang ajib benerrr… Buat sampeyan yang suka koleksi mobil-mobil bekas rare item, asli, pasti langsung kemecer melihat Honda Civic Estilo yang satu ini.

Lha gimana? Emang barangnya masih fully original e Cak. Lihat saja velgnya, masih asli bawaan Honda dengan Ring 14. Interior juga, asli semua termasuk dashboard super sederhananya itu.

Bicara Honda Civic Estilo SR3, mobil ini merupakan versi hatchback dari Honda Civic Genio. Di Indonesia, entah kenapa mobil ini tiba-tiba menjadi barang langka yang terus diburu hingga melambungkan harganya.

Kalau bicara bodi, mobil yang hanya dibekali tiga pintu hingga menyulitkan penumpang belakang untuk masuk ini memang terbilang cukup sporty. Di masa jayanya si Estilo sering dipakai adu kebut di hampir semua ajang balap mobil.

Ada yang dipakai rally, drag race hingga belakangan ini slalom. Bodi kecil bantet nan ringan itu memang menjadi magnet penarik tersendiri bagi pecintanya.

Honda Civic Estilo versi Indonesia memakai mesin D16B2 SOHC 16 valve tanpa teknologi katup variabel khas Honda yang bernama VTEC. Mesin ini sama dengan yang terpasang pada Honda Genio. Untuk pengabut bahan bakar sudah memakai sistem injeksi PGM-Fi khas Honda.

Tenaga maksimum yang diklaim Honda untuk mobil ini adalah 120Hp pada 6.300 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada 5.500 rpm. Dengan berat kosong sebesar 970 Kgsaja , rasanya tenaga sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk ukuran mobil sporty era 90an.

Untuk pilihan transmisinya, Honda Civic Estilo hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan.

Bentuk eksterior Honda Civic Estilo ini sangat kental nuansa sporty. Dari bagian depannya hampir tidak ada perbedaan dengan Honda Civic Genio. Perbedaan terbesarnya terletak pada lubang angin di bumper Genio yang memanjang sementara Estilo terbagi menjadi 3.

Perbedaan paling menonjol lainnya ada dibagian pintu dan bagian belakang Cak. Yang unik dibagian belakangnya adalah mekanisme buka tutup pintunya yang antara pintu dengan jendelanya bisa dibuka secara terpisah tidak seperti Honda Civic Nouva yang antara pintu dan jendelanya menjadi satu.

bodi belakang civic estilo motomazine.com

Dibagian interiornya, Honda Civic Estilo ini sudah menganut jok depan yang lebih sporty dibandingkan Honda Civic Genio dengan lumbar support.

Sejarah Honda Civic Estilo, pertama kali muncul pada tahun 1992 dengan ciri berupa lampu sein depan oranye penuh, lampu samping didekat fender, velg original dengan 5 palang dan masih menggunakan radiator 1-ply.

Fitur Honda Civic Estilo SR3

Pada tahun 1994 muncul Estilo facelift dengan perbedaan berupa foglamp, lampu senja, tidak ada lampu samping dan sudah memakai radiator 2-ply. Fitur yang tersedia pada mobil ini sudah lumayan lengkap untuk ukuran mobli di tahun 90-an Cak.

Fitur tersebut antara lain power steering, power window, central lock dan electric mirror. Fasilitas hiburan sudah tersedia meski hanya sebuah radio/tape kaset.

Untuk fitur keselamatannya juga tergolong bagus dengan adanya sabuk pengaman di jok belakang dan rem belakang yang sudah memakai cakram walau belum ventilated disk.

interior civic estilo motomazine.com

Nah, atas dasar fitur-fitur ciamik dengan langkanya populasi si Estilo standar inilah yang terus melambungkan harganya. Bagi sampeyan yang penasaran sama bunyi iklannya, monggo silahkan disimak.

  • FS Honda Estilo SR3 Tahun 1993 Original, Kondisi Istimewa
  • Trasmisi Manual
  • Odo 22K ongoing asli dari baru
  • Surat-surat lengkap, BPKB masih yang lama
  • Pajak panjang
  • Biru Tosca original paint
  • Full original dan full standart
  • Kunci serep, manual book, service record ada semua
  • Kondisi seuper istimewa, tanda cap nut baut dan kolong masih utuh, bawaan pabrik dan belum dibongkar
  • Jok masih terbungkus plastik semua aroma khas mobil baru
  • Khusus yang ngerti dan tahu barang saja….

mesin civic estilo motomazine.com

Nah, caption terakhirnya ini yang sangat menohok Cak. Dengan spesifikasi barang seperti di atas wajar kalau Honda Civic Estilo SR3 lansiran 1993 ini dijual seharga….. Siap-siap yo Cak… Sehargaaa….

Rp 375.000.000,- (Tiga Ratis Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah)

Wediyan… Seharga Honda HRV baru tipe Prestige itu Paklek…… Hmmmm

Tapi kembali lagi, yang namanya hobi emang tak bisa diukur dengan nominal uang. Rasa puas terhadap mobil berumur 26 tahun dengan feeling layaknya mobil baru pasti tak akan bisa diluapkan dengan kata-kata.

Bahkan dengan harta sekalipun. Honda Estilo SR3 Cak, lansiran 1993, harganya Rp 375 Juta.. Hmm… Auto kukur-kukur saya…

Yawes monggo yang berminat silahkan saja kontak pengiklannya, autoverso.market.

Yang penasaran sama sepsifikasi asli Honda Estilo SR3, silahkan

Spesifikasi Honda Civic Estilo SR3
JenisHatchback
TipeSR3
MesinD16B2 SOHC 1590cc
Bore X Stroke75.0 X 90.0 mm
Sistem Bahan BakarInjeksi PGM-Fi
TransmisiManual 5 Speed
Wheelbase2.570 mm
Panjang4.070 mm
Lebar1.695 mm
Tinggi1.350 mm

Semoga berguna… (mmz)

5 thoughts on “Mobil Bekas: Banderol Mencengangkan Honda Estilo SR3. Setara HRV?

Silahkan Komentarnya Kangbro