Kalau Suzuki Mau, Mesin Gixxer 150 bisa dipasangkan di Calon Motor Trail DR150

Diposting pada 110 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, lagi-lagi Suzuki bersiap kasih kejutan buat sampeyan semua. Dari kasak-kusuk yang beredar, setidaknya tahun 2019 ini pabrikan berlambang “S” tersebut sudah menyiapkan varian motor trail, sebut saja sementara namanya DR150. Yap, berbasis dari DR200 yang sudah terlebih dahulu mengaspal, itu akan menjadi modal bagus buat Suzuki nyemplung di pasar yang cukup segmented ini.

Menuju bangkit. Yap, setidaknya itu sih yang bisa kita tangkap dari Suzuki sekarang ini. Mereka mencoba menggebrak pasar dengan mencoba nyemplung di semua lini. Lihat saja di kelas motor sport 150 cc. Suzuki dalam hal ini PT. SIS punya segerombol pasukan penggoyang market mulai dari GSX-R150, GSX-S150 dan GSX-150 Bandit.

Nah, berbekal dari totalnya Suzuki ini, rasanya kurang afdol kalau mereka gak sekalian nyemplung di motor trail. Eits… pasar satu ini cukup gurih loh Cak. Buat sampeyan yang suka trabas pasti sudah sangat mengerti dengan dunia permotor trailan. Juragan semua masbro….

Isu mengenai bakal dihadirkannya Suzuki DR150 ini sendiri bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya kabar ini sudah dihembuskan termasuk oleh lek IWB dan beberapa kenalan Suzuki. Artinya SIS emang serius nggarap pasar motor trail 150 cc.

Yang jadi pokok masalah selanjutnya adalah mesin. Di awal-awal dulu nih, mmz sudah pernah nulis kalau motor trail 150 cc Suzuki akan pakai mesin GSX-150 series. Mesin 4-tak 150 cc DOHC, Liquid Cooled.

Namun makin ke sini kabar tersebut semakin kabur. Yang terbaru adalah opsi Suzuki bakal cangkokkan mesin SOHC 150 cc. Kenapa Cak? Jelas saja pilihan ini yang sangat mungkin ditempuh.

Secara biaya produksi mesin SOHC tentu lebih murah dibanding mesin DOHC. Dengan penghematan di mesin setidaknya Suzuki bisa memaksimalkan pada rangka dan kaki-kaki. Toh nanti kalau si produk trail udah jadi harga jualnya tetap mampu bersaing dengan kompetitor.

Karena namanya motor trail aka penggaruk tanah wajib hukumnya dibekali sasis dan kaki-kai yang kuat. Yo ora lucu Cak pas nrabas tetiba sasis patah atau suspensi depan mleyot setelah menghajar medan terjal jalur trail.

Iso dadi guyon masbro… Dan atas dasar inilah maka akhirnya Suzuki juga mengopsikan untuk memakai mesin 150cc SOHC.

Nah pertanyaannya sekarang adalah, kira-kira mesin yang bakal dipakai Suzuki nih mesin apa? Secara di tanah air PT. SIS belum punya kandidat untuk mesin tersebut.

Kemungkinan Mesin yang bisa dipakai DR150

Menjawab hal tersebut sebenarnya Suzuki bisa saja ngambil basis mesin GIXXER150 India. Jangan salah, mesin ini cukup bandel loh masbro. Nyatanya Suzuki GIXXER 150 cukup mampu terserap kok di negerinya Preity Zinta itu.

Alasan keduanya adalah mesin SOHC milik GIXXER 150 udah cukup mumpuni jika dicangkokkan sebagai dapur pacu Suzuki DR150. Mesin tersebut berkubikasi 154,9 cc dengan power maksimal di angka 14 PS@8000 rpm dan torsi puncak di angka 14 Nm@6000 rpm.

Mesin Suzuki GIXXER 150

Bandingkan saja dengan power dan torsi kompetitor di kelas  yang sama.  CRF150L misalnya. Motor trail besutan Honda ini hanya mampu muntahkan power max di angka 12,91 PS@8000 rpm dan torsi puncak sebesar 12,43 Nm@6500 rpm.

Atau bandingkan dengan KLX150. Motor trail Kawasaki ini punya power maksimal sebesar 12 PS@8000 rpm dan torsi puncak sebesar 11,3 Nm@6500 rpm.

Dibandingkan dua kompetitor tersebut mesin GIXXER 150 masih jelas lebih bertenaga Cak. Dengan ulikan sedikit di bagian final drive maka kailan tenaga bisa lebih termaksimalkan lagi.

Tinggal perkuat sasis, syukur-syukur pakai sasisnya GSX series yang sudah model twin spar, atau malah bikin lagi sasis yang lebih rigid dan kuat. Cangkokkan suspensi depan upside down diameter 37 mm atau 41 mm sekalian, hmmm… DR150 bisa langsung diburu para juragan trail.

Kalau mau all out ya ambil saja desain sasis RMZ450 ini…hehehe

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, kira-kira apakah opsi ini bakal dipakai Suzuki? Atau mungkin Suzuki sudah siapkan mesin yang lebih ngejoss performanya. Ngeracik mesin baru misalnya. Kita juga gak pernah tahu.

Karena makin ke sini Suzuki tuh makin dinamis. Mereka bisa saja memaju mundurkan jadwal waktu rilis produk baru sesuai kondisi pasar. Dan jika benar analisanya, dalam waktu tak lama lagi Suzuki akan produksi motor trail DR150. Mantab gak tuh masbro? Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “Kalau Suzuki Mau, Mesin Gixxer 150 bisa dipasangkan di Calon Motor Trail DR150

Silahkan Komentarnya Kangbro