Movistar Yamaha MotoGP Aplikasikan Winglet di Fairing M1 Jorge Lorenzo… Mengekor Ducati..???

Diposting pada 17 views

image

Motomazine.com – salam safety riding.. Bro dan sis motogp mania, pada perhelatan MotoGP yang digelar di sirkuit Misano 2015 rupanya ada sesuatu yang baru nampak pada Yamaha M1 tunggangan Lorenzo. Yup, Movistar Yamaha MotoGP aplikasikan winglet di fairing Yamaha M1 Jorge Lorenzo.. Apakah ini disebut mengekor Ducati..???

Seperti yang kita tahu, Ducati lewat Desmosedici GP15 telah melakukan hal serupa. Bahkan semenjak awal sesi MotoGP 2015 digelar, yakni di balap pembuka Qatar. Untuk mendapatkan traksi lebih pada front end yang memang menjadi kendala Ducati selama ini, Gigi selaku manager balap baru tim Merah mendapatkan gagasan untuk mencangkokkan winglet pada Desmosedici GP15 tunggangan Dovisiozo dan Iannone.

image
Winglet Ducati Desmosedici GP15

Namun dengan berjalannya waktu, entah apa alasannya ternyata Yamaha juga ikut mengaplikasikan part tersebut. Tepatnya di sesi free practice 2 motogp seri San Marino ini Yamaha memperkenalkan part terbarunya tersebut. Secara bentuk dan size sepertinya memang mirip dengan kepunyaan Desmo GP15. Akan tetapi secara penempatan berbeda. Jika Ducati menempatkan wingletnya di sisi kanan dan kiri (tengah) fairing, maka Yamaha menempatkannya di sebelah sisi kanan dan kiri lubang hisap udara (air ram).

image
Winglet Yamaha M1

Secara kasat mata memang membuat tampilan Yamaha M1 terlihat sedikit aneh. Namun sepertinya pengaplikasian part baru ini berpengaruh positif terhadap kinerja M1. Buktinya Lorenzo berhasil mendobrak rekor sirkuit yang diciptakan Marquez dua tahun silam. Dengan menjadi pebalap tercepat di FP2 dan menorehkan waktu 1:32’871 detik.
Sementara teammate Lorenzo, Valentino Rossi sepertinya masih belum menggunakan part baru tersebut. Entahlah, apakah ini masih tahap uji coba sehingga yang dijadikan bahan uji coba adalah pebalap utama. Seperti yang terjadi saat Yamaha memutuskan menyunat knalpot Yamaha M1 di awal-awal seri yang lalu..???

image
Bentuk winglet Yamaha M1 dari samping

Namun apapun itu, fungsi winglet memanglah cukup menjanjikan. Sebab, dengan pengaplikasian winglet ini akan membantu daya down force motor saat full speed dan mencegah motor wheelie saat akselerasi..
So… Bagaimana kiprah si winglet selanjutnya..??? Let’s wait and see saja.. :mrgreen:
Related Posts

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Movistar Yamaha MotoGP Aplikasikan Winglet di Fairing M1 Jorge Lorenzo… Mengekor Ducati..???

Silahkan Berkomentar di bawah sini