5 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Diposting pada

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis. Sekarang ini dalam mengendarai mobil kita seakan tak bisa terlepas dari yang namanya Air Conditioner (AC). Cuaca yang luar biasa panas dan kemudian disusul dengan hujan mengharuskan kita tetap memakai AC untuk membuat kita dan penumpang tetap nyaman. Namun tahukah anda, ternyata beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari sering dilakukan ternyata menyebabkan AC mobil cepat rusak.
Dan berikut 5 kebiasaan buruk penyebab AC Mobil cepat rusak.
1. Membuka jendela terlalu lama saat AC menyala
Kebiasaan yang sering kita lakukan terkadang adalah membuka jendela terlalu lama saat AC menyala. Namun tahukah anda jika hal ini dilakukan otomatis akan membuat kinerja kompresor dalam membuat suhu idela di dalam kabin jadi lebih berat.
2. Merokok
Asap dan debu yang dihasilkan rokok akan ikut masuk ke dalam filter. Hal ini dapat membuat filter cepat kotor. Ujung-ujungnya pendinginan jadi tidak bisa sempurna.
3. Pemakaian pewangi yang salah
Idealnya pewangi dalam mobil hendaknya menggunakan pewangi cair. Apabila kita menggunakan pewangi gel, gel tersebut akan berubah menjadi gas dan menguap. Nah, saat terkena dingin uap tersebut dapat kembali lagi ke bentuk gel dan menghambat filter serta evaporator.
4. Kurang menjaga kebersihan kabin
Kebanyakan dari kita justru meninggalkan sampah dan kotoran di dalam kabin dengan dalih lupa. Namun ternyata sampah dan kotoran yang kita tinggalkan tak pelak akan membuat kabin lebih kotor dan berdebu. Akibatnya debu-debu tersebut terbawa masuk dan keluar filter. Jelas, hal ini bakal membuat filter cepat rusak.
5. Mematikan mesin mobil saat AC masih menyala
Ini yang sering dijumpai. Mematikan mesin mobil saat AC masih menyala. Kerugiannya adalah saat nanti kita menyalakan mesin mobil maka otomatis AC langsung bekerja. Faktanya, aki/accu harus bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Akibatnya kinerja accu tidak bisa maksimal. Arus listrik yang dihasilkan pun jadi tidak stabil. Dan ini jelas akan mempengaruhi kelistrikan AC.
So.. Hendaknya kita selalu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut jika kita tak ingin AC mobil cepat rusak. Apabila AC mobil kita mampu bekerja secara optimal otomatis pikiran dan hati kita juga lebih adem. Tak akan ada lagi tuh nodong-nodongin senjata di jalan raya :mrgreen: (MMz/red)

image

Related Posts:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

11 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini