Calon Pemohon SIM C1 dan C2 Wajib Punya SIM C Terlebih Dahulu

Diposting pada 138 views

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis..  Perihal penggolongan SIM C menjadi 3 kategori memang benar adanya. Namun bagi sebagian biker di Indonesia rupanya hal ini masih menjadi sesuatu yang membingungkan. Bahkan ada pula yang khawatir jika SIM C yang mereka miliki bakal tidak berlaku lagi.
Namun anda tidak perlu khawatir bro sis.. Justru SIM C yang selama ini kita miliki adalah dasar bagi SIM C1 dan SIM C2 yang nantinya akan diberlakukan bagi rider penunggang motor dengan kubikasi di atas 250cc.
Kakorlantas Polri Irjen Condro Kirono telah menerangkan mekanisme penggolongan SIM C ini. Diantaranya adalah,
– SIM C berlaku bagi pengendara motor dengan kapasitas mesin sampai 250cc
– SIM C1 berlaku bagi pengendara motor dengan kapasitas mesin 251cc s/d 500cc
– SIM C2 berlaku bagi pengendara motor dengan kapasitas mesin 501cc ke atas.
Namun kembali yang harus digaris bawahi adalah para calon pemohon SIM C1 dan C2 wajib memiliki SIM C terlebih dahulu. Jadi bisa dibilang SIM C lah sebagai dasar atau syarat wajib untuk mendapatkan SIM C1 dan C2.
Dari sini kekhawatiran anda akan tak berlakunya SIM C yang sekarang ini anda miliki adalah tidak benar adanya. Selama anda tidak mengandarai motor di atas 250cc SIM C anda masih tetap berlaku dan tak akan terkena tilang.
Bagi anda pemegang SIM C1 maka otomatis anda diperbolehkan mengendarai motor dibawah 250cc (0-500cc). Sedangkan bagi anda pemegang SIM C2 juga diperbolehkan mengendarai motor dengan kubikasi 0-di atas 500cc.
Jadi pilihan terserah pada anda. Sesuaikan SIM yang ingin anda dapatkan dengan kapasitas motor yang anda miliki.
Harapan MMz adalah saat tes SIM C1 dan C2 kerumitan tes juga diperketat. Sebab tak mudah mengendarai motor dengan tenaga sebinal motor-motor kubikasi di atas 250cc. Butuh kesabaran dan skill lebih untuk mampu menjinakkannya. Hingga tak ada lagi fatal accident yang bisa mengakibatkan kerugian. Tak hanya bagi pengendaranya, melainkan juga kepada pengguna jalan yang lain.
Sudah bukan musimnya memamerkan arogansi di jalan. Biker santun dan sopanlah yang bakal disegani dan mendapatkan berkah do’a kebaikan dari biker dan pemakai jalan lainnya (MMz/red)

21 thoughts on “Calon Pemohon SIM C1 dan C2 Wajib Punya SIM C Terlebih Dahulu

Silahkan Komentarnya Kangbro