Valentino Rossi Lakukan Lebih Banyak Pekerjaan dibanding Lorenzo..???

Diposting pada

motogp-2016-yamaha-motogp-unveil-2016-valentino-rossi-yamaha-factory-racing (1).jpg

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. sesi test pramusim MotoGP yang digelar di sirkuit Sepang Malaysia selama tiga hari berturut-turut telah berakhir kemarin. Dan hasilnya dou pebalap Movistar Yamaha berhasil menjadi pebalap tercepat satu dua di hari terakhir tes. Namun sebuah pernyataan cukup menggelitik datang dari Rossi. Pebalap berusia 36 tahun tersebut menyebutkan bahwa dirinya lebih banyak melakukan pekerjaan “kotor” dibanding Lorenzo.

Yang dimaksud pekerjaan “kotor” oleh Rossi bukanlah pekerjaan culas atau ingin mencurangi motor Lorenzo layaknya adegan dalam sinetron yang sedang fenomenal saat ini. Kata kotor sendiri lebih diartikan sebagai kotor yang sebenarnya. Bergelut data dan berbagai percobaan serta setting part baru.

“Perasaan Jorge terhadap motor dan ban memang sangat bagus. Dia berkendara lebih mendekati limit dan lebih baik. Sejujurnya saya lebih bekerja “kotor” daripada Jorge. Lebih banyak pekerjaan dan putaran. Dia lebih berkonsentrasi pada catatan waktu. Namun apapun hasil laptime nya memang cukup membuat banyak orang terkejut” , tutur Rossi.

“Jadi bagiku dan semua orang, kita berada jauh di belakang. Kita harus memahami cara untuk lebih mendekat. Dia (Lorenzo) terlihat bagus di segala sektor. Dia mengerem dengan keras, memasuki tikungan dengan cepat dan mampu mempertahankan  kecepatan di tikungan. Jadi saat ini dia memang mengendarai motor dengan sangat bagus”.

“Sekarang ban sudah mendekati Bridgestone, akan tetapi masih terasa berbeda”.

“Ban belakang lebih baik dan ban depan sedikit agak buruk jika dibandingkan Bridgestone. Akan tetapi semua lebih bertumpu pada distribusi berat dan membuat bagaimana ban bekerja sebagaimana mestinya. Itulah yang harus kita pahami”, imbuhnya seperti dilansir oleh Crash.

PA1845980.0008.jpg
Valentino Rossi Sepang Test 2016

Valentino Rossi yang menjadii pebalap tercepat kedua berhasil mencatatkan waktu di angka 2:00.556 detik dan terpaut 0.9 detik dari temmate sekaligus kompatriotnya Jorge Lorenzo. Akan tetapi ini masih tes resmi pertama. Masih akan ada lagi tes di Phillip Island dan Qatar sebelum balapan resmi Qatar benar-benar digelar.

Jika dengan banyak pekerjaan dan tugas saja Valentino Rossi sudah secepat ini, bukan tidak mungkin balap MotoGP musim 2016 ini akan kembali menjadi ajang persaingan panas antara Rossi vs Lorenzo lagi..

Bersiaplah menyambut balapan yang lebih seru bro sis.. Sebab tidak menutup kemungkinan jika tim lain macam Ducati, Honda dan Suzuki juga akan berebut tempat terdepan… (MMz/red)

Related Posts:

==================================

Silahkan bro dan sis berbagi informasi bareng Motomazine, di:

  • email: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: @aguztino86
  • BB: 524dbd4e
  • WA: 085233819298 
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

32 komentar

  1. rossi masih blum dapet ryhtme balapnya pak, secara style pengereman yang lebih brake late dan lebih hard braking dibanding lorenzo. lorenzo yg lebih awal ngerem dan benar-benar seamless transisi dri brake n accelerate keluar tikungan. pas dg karakter ban michelin

    spertinya lorenzo lebih cepat adaptasi dg perubahan fundamental elektronik dan ban

      1. michelin dulu beda profil ban dan compound dg yg sekarang . stelah itu cukup lama jga pakai ban bridgestone yg beda karakter, persepsi/ style balapnya dirubah.

        dg michelin yg sekarang jga berbeda, harus adaptasi lgi…ribet jga ya jdi pembalap

        1. Kendalanya memang ban depan Michelin yang belum bisa mengakomodir gaya hard brake nya Rossi saat masuk tikungan.. Karena berkali-kali dikatakan oleh Rossi jika performa ban depan Michelin masih kalah dibanding Bridgestone. Bahkan hampir semua pebalap sepakat dengan ini..

      2. Iya bener…mnurut rossi dia harus rubah tehnik balapnya sperti jga yg lorenzo sdh lakukan. Berbeda titik pengereman yg lebih awal, lean angle di corner yg lebih tegak. Dan perubahan racing line utk memasuki pintu corner yg beda dg bridgestone.

        Tpi memang gak bisa cepat jga merubah persepsi, determinasi, feeling balap yg sdh lama terbangun dan harus dirubah lgi.

        Utk lorenzo lebih mudah penyesuaiannya krena tehnik balap nya yg lebih cocok dg karakter michelin. Dg itu tdk begitu bnyk perubahan tehnik balap jorge yg lama ke style yg baru dg michelin

      3. Iya..rossi dg sgala potensi nya akan bisa ber adaptasi. Sperti yg dia udh lakukan dri style badan menggantung ( hang-off) old school kmudian beralih ke style yg lebih ekstrim yaitu menggantung lebih keluar dri fairing sperti rider2 muda pd saat motor akselerasi cepat keluar corner. kompensasi gaya sentrifugal yg muncul.

        Mudah2an di phillip island rossi sdh mampu sejajar dg jorge lap timenya

      4. Ssselain grip ban depan yg kalah lengket dg bridgestone, jga awalnya tdk memberikan feedback ke ridernya apakah kondisi grip masih ok atau sdh berkurang yg kemudian secara tiba2 hilang grip dan crash tanpa ada isyarat terlebih dulu. Tpi di sepang katanya sdh lebih baik.rider sdh mampu mendapat feedback.

        1. ya karena cocok dengan karakter balapnya saja bro.. belum lagi dia kan memang fokus nyari laptime.. sedangkan rossi..??? dia fokus nyari setting terbaik.. (tugas pebalap lapis kedua)

      5. iya memang lorenzo yg paling gak perlu bnyk merubah tehnik balapnya dari pd rider lain. tipikal brake late & hard braking sperti rossi dan marquez yg harus lebih bnyk merubah style nya.

        rossi memang dri dulu merangkap sebagai test rider jga secara tdk resmi unofficial. input dia memang presisi terhadap set-up motor. maklum lah udh belasan tahun berkutat di motogp

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini