Akhirnya Variem ikutan Nenggak Oli Diesel

Diposting pada

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Langsung saja sharing pengalaman pribadi mengenai si Variem yang akhirnya MMz cekoki dengan oli Diesel. Usut punya usut, setelah berkonsultasi dengan berbagai elemen masyarakat, teman-teman blogger dan juga beberapa member grup yang MMz ketahui, akhirnya ya sudah… Mantaplah saya menyambangi toko oli untuk menebus seliter oli yang sebenarnya diperuntukkan bagi Isuzu Panther dan kawan-kawannya sesama diesel.
Bukannya mudah untuk mengambil keputusan ‘sesat’ seperti ini. Pasalnya, semua akibat yang bisa saja terjadi negara pemakaian oli seperti ini tentu saja tak akan digubris oleh pabrikan. Artinya, all of risks are yours.. Atau kalau diterjemahkan ke bahasa Mataraman kurang lebih “yen onok apa-apane ruasakno dhewe..” 😆
Ya sudah tak usah terlalu terlalu panjang lebar. Oli Diesel yang MMz pakai kali ini adalah Pertamina Meditran SX dengan SAE 15W-40 Service API CI-4.
Impresi awal yang MMz rasakan pasca Variem diminumi oli Diesel ini adalah suara jauh lebih halus. Bahkan lebih halus dibanding saat MMz memakai oli reguler untuk sepeda motor yang juga lumayan branded.


Mengenai performa tidak berbeda jauh sih, cuma karena terasa lebih halus, akselerasi terasa sedikit lebih meningkat.
Oh ya, pemakaian oli mesin Diesel untuk sepeda motor ini perlu sedikit perhatian khusus. Pasca pemakaian pertama anda harus melakukan flush (ganti oli+filter oli), setiap pemakaian dengan jarak tempuh 500 km. Hal ini dilakukan untuk membuang kotoran dari kerak-kerak di dalam mesin yang nantinya bakal rontok. Mengenai berapa kali anda harus melakukan flush, itu tergantung dengan banyaknya kotoran yang mungkin menempel di part-part mesin sepeda motor anda. Lantas tanda flush sudah selesai apa dong? Ya mudah saja masbro… Jika saat melakukan flush fan oli yang anda ganti sudah bening, itu artinya proses flush sudah selesai.

image
yang dituang 800cc saja

So.. Kita tunggu saja kelanjutannya masbro.. Tinggal nunggu waktu ganti oli dan kita lihat bakal seberapa kotor mesin si Variem yang sudah MMz siksa namun penuh sayang sejak bulan 10 tahun 2013 silam?

image
spesifikasi oli MSX

Apapun, memang sebuah keputusan dilematis masbro mencoba sesuatu yang sama sekali baru buat kita. Terlebih mencekoki motor kesayangan dengan oli mesin Diesel yang jelas peruntukannya untuk mobil-mobil berbahan bakar solar, Pertamina Dex atau Pertamina Dexlite.. *eh wes onok gurung yo? 😆 Btw, suwun juga buat bikersoak yang telah meracuni hingga saya ikut-ikutan soak : mrgreen: (MMz)


=======================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
 email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

21 komentar

      1. ga kuat iman gmn nih?
        ya udh ntar liat review pemakaian aj byk positif apa negatifnya.. biarinlah motor saya udh tua ini, udh ga ada garansinya..hha

  1. Gimana om skr hasil pemakaian oli sesat nya masih ok gak, maksimal di pake sampai berapa kilo meter, di tunggu om review nya

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini