Jack Miller Menangi Dramatisnya MotoGP Assen. Marquez kedua Rossi DNF…!!!

Diposting pada

image
Jack Miller juara MotoGP Assen 2016

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. “Morat-marit..” Itulah ungkapan dalam bahasa Jawa yang paling tepat untuk menggambarkan jalannya race MotoGP Assen yang baru saja digelar. Race pertama di hari Minggu ini sukses dibuyarkan oleh tak menentunya hujan yang turun mengguyur lintasan.
Hasilnya, sungguh di luar dugaan. Jack Miller berhasil menangi race kali ini disusul Marquez dan Redding. Sejak awal balapan Race Director sudah mengumumkan bahwa balapan bakal diadakan dalam kondisi wet. Alhasil semua pembalap kompak memakai ban tipe rain (beralur). Memulai start dari barisan tengah secara meyakinkan pasca menyalip Valentino Rossi, pembalap satelit Ducati Yonny Hernandez berhasil memimpin balap diikuti oleh Dovisiozo dan Valentino Rossi. Sayang, terlalu menggeber motor saat lintasan mulai mengering, Hernandez justru harus terpental dari motornya saat hujan kembali turun pada lap 12. Danillo  Petrucci yang terlihat begitu kuat pun berhasil menggeser Rossi ke posisi tiga.  Posisi Dovisiozo, Petrucci dan Rossi sebagai pebalap terdepan pun bertahan hingga lap ke empat belas, dimana dengan terpaksa pihak RD harus mengibarkan red flag tanda balapan dihentikan karena hujan mengguyur dengan sangat derasnya.
Pasca pebalap masuk kembali ke dalam paddock dan setelah menunggu beberapa saat akhirnya balapan kembali diteruskan sebanyak 12 lap dengan posisi start Andrea Dovisiozo, Petrucci serta Valentino Rossi sebagai pembalap terdepan.

image
Posisi start baru pasca race dihentikan

Oke, balapan paruh kedua digelar. Rossi yang menempati posisi tiga langsung melesat tercepat memimpin jalannya balap diikuti Dovisiozo dan Marquez. Sayang kondisi yang cukup licin membuat Dovi harus terlempar dari Ducatinya hingga membuat Marquez merangsek ke posisi dua. Kembali, setali tiga uang dengan Dovi, Rossi pun mengalami nasib serupa. The Doctor yang terlihat begitu nyaman dan terus mempush Yamaha M1 miliknya justru ikut terjatuh gegara low side yang membuat ban depan M1 nya kehilangan grip. Alhasil posisi pun berubah menjadi Marquez terdepan diikuti Jack Miller dan Pol Espargaro. Namun keadaan ini pun tak berlangsung lama. Miller yang terlihat begitu kuat berhasil menyalip Marquez dan meninggalkannya dengan gap yang lumayan signifikan. Begitupun dengan Redding. Merasa Ducati GP15 nya di atas angin pebalap Inggris ini pun berhasil menyalip Pol Espargaro untuk posisi ketiga. Dan hingga bendera finish dikibarkan posisi ini pun tak berubah. Miller, Marquez dan Redding.


Dengan hasil ini tentu saja peluang Marquez untuk raih juara dunia MotoGP semakin terbuka lebar. Sebab dengan mendulang 20 poin Marquez telah berhasil memperlebar jarak poinnya hingga 42 poin atas Rossi di posisi ketiga perolehan poin sementara, dan terpaut 18 poin dengan Lorenzo di posisi dua yang pada race hari ini berhasil mendulang enam poin karena finish di urutan sepuluh.
image
Rossi crash Assen 2016

Dan berikut hasil lengkap race MotoGP Assen 2016:

1. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 22m 17.447s
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 22m 19.438s
3. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 22m 23.353s
4. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 22m 27.259s
5. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 22m 35.282s
6. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 22m 36.139s
7. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 22m 40.052s
8. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 22m 41.050s
9. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 22m 43.595s
10. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 22m 45.051s
11. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 23m 39.277s
12. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 24m 11.816s
13. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +3 laps

Pebalap yang gagal finish (DNF)
Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) DNF
Michele Pirro ITA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) DNF
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF
Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) DNF
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) DNF
Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) DNF
Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) DNF
Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) DNS
Sumber: Crash
So.. Sulit diungkapkan memang jalannya balapan MotoGP kali ini. Sekalinya ban Michelin dipakai pada kondisi basah, hasilnya justru amburadul gegara cuaca yang tak menentu… Jack Miller menang, Marquez kedua, Lorenzo sepuluh, Rossi gagal finish… (MMz)
======================

Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
• email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

4 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini