Mudik Aman: Inilah Penyebab Mobil Mogok saat Melewati Perlintasan Rel Kereta Api

Diposting pada

image
Gambar ilustrasi dari google

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Dalam aktivitas mudik tentunya kita akan menghadapi pelbagai hal di jalan raya. Mulai dari ruwet dan macetnya lalu lintas, kondisi jalan yang kurang mulus, pusat-pusat keramaian hingga perlintasan rel kereta api.
Nah, acapkali kita dengar perihal adanya berita kecelakaan yang sering terjadi di atas perlintasan kereta api gegara mobil yang lewat di atasnya tiba-tiba mogok. Ternyata eh ternyata bro sis.. Ada faktor besar yang berpengaruh hingga hal ini bisa terjadi. Dan berikut Motomazine akan share kepada sampean semua perihal penyebab mogoknya mobil saat melewati perlintasan rel kereta api.
Dan inilah Penjelasan PT KAI, Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel.

Penjelasan teknis :

Di lokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo. Di dalam dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dari lokomotif.
Saat kendaraan bermotor melintasi rel Kereta Api (KA) biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yang di hantarkan oleh rel KA. Oleh karena itu petugas penjaga pintu perlintasan selalu menutup pintu sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dari 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang sudah lemah dapat mati.
Dan bila hal ini terjadi, segera keluar dari mobil anda bro sis.. Karena biasanya mesin mobil akan susah untuk kembali dihidupkan…


Maka di sarankan,  jangan sekalipun melintasi rel kereta api bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan, sebidang demi keselamatan anda. Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tak ada friksi.
Rata-rata kereta api akan berhenti sejauh 800 meter setelah di rem.
( Kutipan dari Bagas Senoadji, PPNS Perkereta apian).
So.. Lebih baik menunggu satu menit daripada kehilangan nyawa dalam satu menit. Ingat bro sis.. Kesabaran dan perhitungan adalah kunci terbaik keselamatan kita berlalu lintas.. Selamat mudik, terus jaga konsentrasi, istirahatlah jika sudah lelah dan selalu berdoa.. Keluarga anda menunggu di rumah…
Semoga bermanfaat… (MMz)
======================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
• email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

18 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini