Tes Konsumsi BBM Riding Harian Honda Supra GTR150. Kok Irit ya..?

Diposting pada

image
Supra GTR150

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Berkesempatan menjajal jagoan bebek super terbaru dari Honda, Supra GTR150 rasanya kurang afdol jika tak mencoba untuk mengetes konsumsi BBM nya. Dan benar saja, pada hari Sabtu (20/8) kemarin MMz telah melakukan uji keiritan dari Supra GTR150 ini.
Pagi hari saat berangkat kerja MMz mengisi full tangki Supra GTR150 ini dengan bahan bakar berjenis Pertamax (Ron 92) hingga sedikit meluber ke bibir tangki. Hal ini sengaja MMz lakukan agar saya sendiri dan anda semua pembaca setia benar-benar yakin jika BBM yang dimasukkan memang full, penuh dan tak ada ruang tersisa lagi. Saat itu odometer menunjuk angka 485 km.
image
Saat pengisian pertama

image
Ketinggian bbm di bibir tangki Supra GTR150

Oke, keluar dari SPBU MMz langsung berangkat ke tempat kerja. Dengan model riding harian (cenderung tidak full throttle), mengingat ramai dan ruwetnya lalu lintas di pagi itu. Praktis penggunaan gigi persneling pun hanya sampai di gigi 5 saja..

Sepulang kerja karena benar-benar penasaran MMz langsung kembali melipir ke SPBU yang sama dimana MMz mengisi penuh bbm tadi. Kembali isi full dengan Pertamax (Ron 92) hingga meluber ke bibir tangki (sama seperti pengisian saat berangkat kerja), total bbm yang masuk ke tangki si GTR adalah 0,68 liter dengan harga Rp.5.066,- . Sedangkan odometer saat itu menunjukkan angka 519 km.
image
Posisi odometer saat pengisian full kedua

image
Ketinggian bbm di bibir tangki Supra GTR150

Nah.. Dari sinilah baru kita bisa menentukan konsumsi bbm Supra GTR150 ini dengan formula (odometer2 – odometer1) : volume top up bbm. Dan dari formula tersebut diperoleh hasil (519-485):0,68 = 34 : 0,68 = 50.
image
Struk saat melakukan pengisian bbm full kedua

Lah… Kok irit ya.. MMz pun sempat tercengang dengan hasil ini.. Sebab perkiraan MMz konsumsi BBM si Supra GTR150 hanya berada di angka 40-an km/liter saja. Ternyata setelah dilakukan uji konsumsi BBM dengan metode full to full malah didapat hasil seperti ini. Dengan satu liter BBM jenis Pertamax (Ron 92) Honda Supra GTR150 sanggup menempuh jarak hingga 50 km (normal riding). Hmmm…What a nice…! Untuk ukuran mesin kubikasi 150cc tentu ini menjadi sebuah catatan tersendiri.. (MMz)
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

35 komentar

  1. Punyaku rata2 bisa 52-55 kpl om , normal riding gt lah , gear shift di kisaran 5-6rb rpm, metode full to full. Isi fulltank trus pake sampe 1bar kedip2 , isi fulltank lagi. Tenaga emg nampol tenan , pas buat nyalip2 lah

  2. Irit juga ya gan?rencana saya mau meminang motor baru untuk riding harian boncengan sama istri tiap hari (pulang – pergi) untuk kerja, tapi masih bingung antara supra gtr atau cb150 verza. Dengan kondisi jalan yang menanjak sejauh kira2 9km perhari. Menurut agan saya lebih baik meminang yang mana ya? Supra gtr 150 atau cb 150 verza?
    Terima kasih sebelumnya

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini