Yamaha Daftarkan Kode B65 ke TPT. Calon Penantang Vario150..?

image

Yamaha NVX150

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Per tanggal 6 September kemarin akhirnya secara resmi PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kembali mendaftarkan sebuah kode motor baru ke Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi.

Kode tersebut dinamai B65 dan statusnya masih dalam proses. Artinya setelah setelah statusnya selesai dan disetujui maka pabrikan tinggal melangkah ke tahap berikutnya, yakni produksi massal.

image

Headlamp Yamaha NVX150

Lantas Yamaha B65 itu sendiri apa? Selama ini kita memang seakan fokus pada kode B74 yang telah lama beredar di dunia maya, yang diduga sebagai maxi scooter berkubikasi 250cc. Entah apakah nanti akan dinamakan Yamaha XMax 250 atau Yamaha NMax 250. Yang pasti hingga saat ini progress dari si maxi scooter masih terus berjalan. Terindikasi dari beberapa tester rider yang kerap terjepret di jalan raya Ibukota Jakarta.

image

Back to the topic.. Sounding belakangan menyebutkan jika Yamaha B65 adalah motor skutik berkubikasi mesin 155cc milik NMax dengan teknologi Valve Variable Actuation (VVA). Tak hanya itu, lebih jauh Yamaha juga akan membekali B65 dengan berbagai fitur mumpuni demi bersaing dengan kompetitor yang selama ini memang selalu menawarkan fitur-fitur yang tak dimiliki skutik Yamaha. Setidaknya selain VVA, Yamaha B65 juga akan dilengkapi dengan SSS (Start Stop System) atau di produk Honda sering disebut dengan ISS (Idling Stop System), juga kabar hadirnya kunci kontak yang lebih advance. Jadi nantinya biker tinggal memencet remote untuk kemudian menekan/memutar tombol start guna menghidupkan sepeda motornya, tanpa memasukkan anak kunci lagi. Sistem canggih seperti ini sering kita jumpai juga pada mobil-mobil mewah..

image

Kunci canggih Yamaha NVX


Mengenai desain, santer beredar kabar Yamaha akan menggunakan basis Yamaha NVX, si skutik unique dengan peredam kejut belakang dobel, yang teasernya sudah disebar di negeri Vietnam sana. Untuk ikut bermain dan bahkan merebut pasar skutik 150cc yang saat ini sedang dipegang oleh Honda melalui Vario150-nya, Yamaha memang kudu dan harus tampil all out. Dan menurut MMz pribadi si Yamaha NVX memang paling pas untuk ini. Dibekali mesin 155cc VVA-SSS dan bahkan bakal ada varian baru yang dilengkapi piranti ABS, maka si B65 merupakan senjata tepat bagi Yamaha tepat untuk merecoki eksistensi Vario150.

image

image

Kode TPT Yamaha B65 Motomazine.com

Last… Yamaha B65 ini nantinya bakal menjadi tandem NMax. Jadi bukannya sebagai pengganti. Hanya saja usulan saya, jika Yamaha benar-benar mengambil desain NVX sudilah kiranya ketika nanti si skutik telah diboyong ke Indonesia piranti penghenti laju roda belakangnya yang semula bertipe drum brake (tromol) untuk diganti ke disk brake (cakram). Setidaknya inilah salah satu usaha all out yang lain selain hadirnya fitur VVA dan SSS.

image

Tak hanya itu, fitur rear disk brake ini juga bakal menjadi diferensiasi atas kompetitor yang masih mengandalkan rem tromol di roda belakangnya. Namun kembali lagi sih… Mau dibanderol berapa tuh skutik nantinya…? Jadi, jangan berharap yang berlebihan ya… :mrgreen: (MMz)
@gambar diambil dari berbagai sumber
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
โ€ขย motomazineblog@gmail.com

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Yamaha Daftarkan Kode B65 ke TPT. Calon Penantang Vario150..?

  1. Supono Wahyudi berkata:

    kapan ki loncinge Pak??
    #nanya doang ra tuku ๐Ÿ˜€

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s