Jangan dikira Mainan, Berikut Wajah Baru Uang Resmi yang dirilis BI

Diposting pada

image
Wajah dan desain baru uang resmi di Indonesia

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Tak hanya kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Namun alat pembayaran berupa uang, baik kertas ataupun logam yang kita gunakan untuk sarana transaksi setiap harinya pun mendapatkan rombakan a.k.a facelift untuk merefresh sekaligus menambahkan sisi aman uang itu sendiri.
Dan per hari ini, Senin (19/12) secara resmi pemerintah merilis uang kertas dan uang logam terbaru cetakan Bank Indonesia yang diyakini memiliki berbagai keunggulan dibanding uang yang selama ini telah beredar.
image
Tampilan depan uang Rupiah terbaru

Uang baru ini memiliki berbagai model kemanan yang disempurnakan agar bebas dari pemalsuan. Beberapa diantaranya adalah color shifting, rainbow feature, latent image, ultraviolet fetaure, tactile effect dan restoverso. Fungsi dari kesemua pengaman itu nantinya akan memberikan warna kontras sehingga memunculkan teks BI, gambar multiwarna berupa angka nominal, dan logo BI saat uang dilihat dari sisi tertentu.

Sementara bagi penyandang tuna netra, fitur tactile effect dimaksudkan agar para mereka lebih mudah dan tepat dalam menentukan nominal dari uang tersebut.
Uang kertas dan logam wajah baru ini sendiri akan segera beredar dan diedarkan oleh Bank Indonesia. Nominalnya masih sama, yakni tujuh macam nominal uang kertas, mulai dari 1000, 2000, 5000, 10000, 20000, 50000, dan 100000. Sementara uang logamnya terdiri dari uang logam pecahan 100, 200, 500 dan 1000.
image
Tampak belakang uang Rupiah jenis baru

So.. Jika nanti mendapati uang kertas atau logam dengan wajah baru, jangan sampai anda kaget atau heran. Atau justru menganggap itu uang mainan atau monopoli… Bukan… :mrgreen: Itu memang uang resmi wajah baru yang dirilis pemerintah mulai hari ini.. (MMz)
image
Poster pemberitahuan uang resmi emisi 2016

==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

15 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini