Berikut Data Konsumsi BBM All New Honda CBR250RR

Diposting pada


image
Test ride dan data konsumsi BBM All New Honda CBR250RR

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… All New Honda CBR250RR yang MMz gelandang ke rumah dua hari lalu memang menyisakan banyak kenangan dan potensi buat dieksplor dan dilahirkan sebagai artikel. Bagaimana tidak, motor dua silinder 249cc (tepatnya) milik Honda ini sukses membuat MMz tercengang, tertegun dan salut dengan para insinyur AHM yang sukses mencipta sebuah motor sport jauh dari perkiraan MMz sendiri sebelumnya.
Yup, ini bukan iklan juga bukan sogokan apalagi jilatan masbro. Sebab, dalam mereview All New Honda CBR250RR ini MMz berusaha senetral mungkin. Dengan menghilangkan berbagai kenangan, rasa dan sensasi masa lalu dengan motor-motor lain yang pernah MMz jajal sebelumnya.
Sunmori dan touring tipis-tipis sukses MMz jalani bareng bro Heven yang juga merupakan pemilik All New Honda CBR250RR di Ponorogo. Tentang beliau pasti anda sudah mengenalnya dari artikel yang pernah MMz tulis di warung ini sekitar dua bulanan lalu.
Dan di artikel kali ini, MMz masih belum akan mengulas mengenai performa dan handling si All New CBR250RR. Melainkan mengenai konsumsi BBM dari motor yang memiliki tagline “Total Control” ini.
Pengujian sendiri MMz lakukan dengan melewati dua macam jalur yang berbeda. Saat berangkat, trek menanjak terus saja disuguhkan, hingga mengancik bibir telaga. Pun begitu kebalikannya, saat perjalanan pulang jalanan menurun dan berlika-liku menjadi santapan lezat sekaligus ajang uji kehandalan sasis dan kelincahan si kuda besi. Dari sana pulalah, seberapa irit konsumsi bensinnya dapat diketahui.
Etape Pertama
Etape? Yup, sebut saja begitu.. Etape ini adalah jalur yang MMz lewati tatkala menuju ke Telaga Ngebel. Berangkat dari kediaman bro Heven, kami berhasil menempuh jarak 27,9 kilometer. Seperti yang MMz ulas di atas, jalanan cenderung terus menanjak dan memaksa kami menggunakan gigi 1 dan 2. Beberapa kali gigi 3 dan 4 terpakai, namun itu juga tak lama. Mode yang MMz gunakan adalah mode sport. Dari berangkat hingga sampai ke tempat tujuan, MMz memang sengaja tak merubah mode riding ini untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi BBM nya jika digunakan secara kosntan di mode sport.
Model riding yang digunakan bebas, no eco riding. Ini benar-benar riding ala harian yang bebas buka dan tutup gas serta kail tenaga kala harus menghadapi tanjakan curam. Dan hasilnya? Dari 27,9 kilometer jarak yang ditempuh, si All New Honda CBR250RR ini menghabiskan 1,1 liter BBM jenis Pertamax Ron 92. Atau jika dirata-rata konsumsi BBM nya adalah 23,4 kilometer/liter. Normalkah? Anda sendiri yang bisa menyimpulkan.. Namanya juga motor kencang, 2 silinder 250cc.
image
Total jarak yang ditempuh pada etape 1

image
Rata-rata BBM yang terpakai

image
Total BBM yang terpakai


Etape Kedua
Di etape kedua, jalanan cenderung turun, mulus namun berlika-liku. Artinya, meskipun jalanan cenderung menurun, namun MMz tetap harus main kopling, perseneling, juga beberapa kali menggantung gas guna menaklukkan tikungan-tikungan yang ada.
Total menempuh jarak 51,3 kilometer, kali ini MMz menggunakan mode riding yang lebih beragam. Sering memasang riding mode sport, namun beberapa kali MMz juga menggunakan mode sport + guna mengail tenaga dan mengeksplor power sebenarnya dari All New Honda CBR250RR ini.
Dan dari total jarak yang ditempuh MMz menghabiskan total 2,0 liter bensin atau reratanya adalah 24 km/l.
image
Total jarak yang ditempuh pada etape 2

image
Rata-rata BBM yang terpakai

image
Total konsumsi BBM di etape 2

So.. Dari riding test mengenai konsumsi BBM ini bisa ditarik kesimpulan untuk motor seukuran 250cc dengan 3 riding mode berbeda, All New CBR250RR bisa menempuh jarak sekitar 23-24 kilometeran untuk 1 liter bensinnya. Namun semua juga tergantung trek dan attitude kita dalam memainkan gas serta mengatur ritme berkendara. Oh ya, perlu diingat kembali, data konsumsi BBM All New Honda CBR250RR MMz peroleh dengan metode riding harian, baik tanjakan, turunan, tikungan serta bobot rider yang menyentuh 76 kg.. :mrgreen: (MMz)

image
Test ride All New Honda CBR250RR by Motomazine.com

Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini