MotoGP Qatar 2017 tetap Berlangsung Meski Lintasan diguyur Hujan?

Diposting pada


Losail-Day-3-Qatar-Test.jpg
Kondisi sirkuit Qatar kala diguyur hujan

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Jelang balap MotoGP seri perdana yang akan digelar di sirkuit Qatar akhir Maret mendatang, Race Director mengumumkan hal baru mengenai kelanjutan balap di malam hari tersebut.

Beberapa tahun belakangan balap MotoGP di Qatar selalu ditunda akibat hujan yang turun mengguyur lintasan. Hal ini dilakukan guna menjamin keselamatan pembalap itu sendiri. Pantulan cahaya lampu pada air yang membasahi lintasan dikhawatirkan membuat pembalap tak mampu memperhatikan jalurnya. Belum lagi akibat cipratan air dari motor pembalap di depannya. Atas dasar inilah, pihak RD selalu menunda balapan apabila Qatar tetiba diguyur hujan. Bahkan delay paling parah terjadi di musim 2009 lalu, dimana balapan baru dilangsungkan di keesokan harinya (Senin).
qatar-rain-2009
James Toseland menikmati hujan (2009)

Namun di tahun 2017 ini pihak penyelenggara MotoGP memberlakukan aturan baru. Yakni balapan akan tetap digelar meskipun dalam kondisi hujan. Loh, bukannya berbahaya..??? Tunggu dulu.. menelurkan sebuah aturan tentu tak begitu saja diambil oleh pihak Race Director dengan sembrono. beberapa waktu lalu mereka telah melakukan pengetesan bareng Franco Urini dan Loris Capirossi. Keduanya berkendara di sirkuit Qatar dalam kondisi hujan bermandikan cahaya lampu. Dan hasilnya? Yes, it’s quite save. Artinya, balapan dalam kondisi hujan di sirkuit Qatar dinyatakan aman.
Atas dasar inilah akhirnya IRTA menyatakan bahwa race MotoGP Qatar akan tetap berlangsung meskipun sirkuit diguyur hujan. Untuk mendukung hal tersebut IRTA juga telah memerintahkan Michelin untuk membawa ban bertipe wet  ke Doha.
So.. Mulai tahun 2017 ini anda tak perlu lagi bengong di depan televisi nungguin pembalap jagoan anda beraksi masbro. Sebab memang terkesan aneh. Saat balapan perdana baik anda maupun pembalapnya sendiri harus terus menunggu gegara sirkuit bisa dijadikan tempat berenang para kecebong :mrgreen: Btw, sampean tahu nggak kenapa balapan di Qatar akhirnya berlangsung di malam hari? (MMz)

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. hujan tetep balapan berarti. ini khusus untuk sirkuit qatar atau berlaku juga buat sirkuit yang lain

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini