Honda Vario 125 Fi Gagal ON? Inilah Penyebabnya..!!!

Part inilah penyebab Vario 125 fi gagal on

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Kejadian kurang enak baru saja MMZ alami. Si Honda Vario 125 Fi yang acapkali menjadi kendaraan pengantar ke tempat aktivitas tetiba gagal ON. Maksutnya ketika kunci kontak diputar dalam posisi on, tak satupun  tanda aktivitas yang bekerja di speedometer. Otomatis tombol double starter pun “anteng” tak menunjukkan greget apapun tatkala dipencet hendak dioperasikan.

Layaknya motor sehat pada umumnya, ketika anda menghidupkan kunci kontak maka secara otomatis panel penunjuk kelistrikan pada speedometer akan bekerja. Diantaranya adalah bergeraknya jarum speedometer ke angka top untuk kemudian kembali ke nol, disertai suara kalibrasi “ngiiing” menandakan injeksi bekerja memompakan bensin ke ruang bakar, juga menyalanya indikator pompa injeksi dan panel penunjuk fuelmeter serta trip meter (digital).

Tak ada aktivitas sama sekali saat kunci ON

Namun pada kasus yang MMz alami ini, ketika kunci kontak diputar pada posisi on kesemua aktivitas itu tak terjadi sama sekali. akan tetapi lucunya gejala seperti ini terjadi ketika motor dalam keadaan panas/baru saja dipakai untuk jarak yang lumayan jauh. Saat dingin, atau pagi hari ketika motor baru dinyalakan semuanya normal.

Daripada berandai-andai langsung saja MMz meluncur ke ahlinya. Menghubungi Pak Budi selaku salah satu mekanik di MPM Ponorogo, MMz disarankan untuk membawa motor ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Dan setelah dirunut, si biang kerok pun ditemukan. Penyebabnya adalah sudah tak normalnya Relay Assy atau Relay Comp. Tapi sayangnya, begitu si penyakit ditemukan, ternyata komponen sedang habis alias tidak ready stock di dealer. Akhirnya mau tak mau harus inden, menunggu orderan hot line yang dilakukan oleh MPM untuk mendatangkan part tersebut.

Motor MMz saat dieksekusi

Nice job, hanya butuh waktu dua hari saja dan MMz kembali dihubungi oleh pihak MPM Ponorogo memberitahukan jikalau part tersebut sudah datang dan ready untuk dipasang. Partnya sendiri kecil. Namun gunanya luar biasa besar. Langsung melipir ke dealer,ternyata hanya butuh waktu 5 menitan saja dan part berkode produk 38501-kvz-631 (relay assy) atau 38501-kwn-902 (relay comp) tersebut telah terpasang manis di Vario 125 Fi MMz. Begitu part terpasang, putar kunci kontak ke posisi ON, dan jreng… Semua normal kembali seperti semula..

Posisi relay starter/relay assy Honda Vario 125 fi

So.. Jika bro sis mengalami hal serupa seperti yang MMz alami, tenang saja.. Sampean tak perlu panik. Disinyalir si relay assy/relay starter itulah penyebabnya. Sebab setelah MMz kroscek langsung ke Pal Budi, ternyata sudah ada sekitar 3 kasus serupa yang beliau tangani selama ini… (MMz)

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

    • motomazineblog@gmail.com
    Iklan

    Tentang motomazine

    Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
    Pos ini dipublikasikan di modifikasi, Tak Berkategori, umum dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

    65 Balasan ke Honda Vario 125 Fi Gagal ON? Inilah Penyebabnya..!!!

    1. satria ludiraseta berkata:

      ooo ngunu to…kalo varioku kontak diputer on panel spido nyala semua..tp kadang stater gagal fungsi..harus d off dulu lalu on lagi baru bisa jreng..knp ya ?

      Suka

    2. andhi_125 berkata:

      nyimakk..
      di v110 punya nyonya, kalau kontak diputer ke posisi off, semua indikator mati, kenopo yo pak?

      Disukai oleh 1 orang

    3. Warung Biker berkata:

      tepatnya sih disebut main relay,. karena main relay dan relay starter itu beda,.

      Disukai oleh 1 orang

    4. hadir berkata:

      Karena usia pemakaian ato sebab lain mas??

      Suka

    5. KANTAU CANGGIH berkata:

      Halo om…
      Kejadian sama persis dengan vario 110 esp – 2016 saya.
      Domisili sy di Tangsel.
      Dua kali mengalami kejadian yg sama. Tidak ada kelistrilan sama sekali begitu posisi kunci ke ON.
      Bawa ke Beres AHASS..
      Pertama, ternyata kaki2 Main relay kendur/oblak. Sedikit di reparasi-ok. Normal kembali.
      Tiga minggu kemudian, ketemu masalah yg sama. Sy buka sendiri rumah aki dan dudukan semua kabel dan relainya tidak ada hasil.
      Lalu cek Sikring tanam 5A -nya ECU, ternyata PUTUS. Selesai sy ganti. Sudah 2 minggu sejak tulisan ini dibuat, noal kembali.
      Pertanyaan:
      Apa sebab sikring putus? Apakah karena ada instalasi yg menyebabkan arus pendek?
      Atau Main Relay tsb Failure Function karena oblak lagi kaki2nya?

      Tolong bantu share jika
      Ada pengalaman yg sama.

      Terima kasih

      Suka

      • motomazine berkata:

        Oke masgan terima kasih untuk share pengalamannya. Kalau sikring putus sih gak harus berhubungan dengan terjadinya arus pendek atau korsleting. Bisa saja sikring putus dengan sendirinya. Namun melihat kaki rellay yang oblak, alangkah lebih baiknya jika diganti agar bekerja secara maksimal.

        Suka

    6. Sopyan berkata:

      Vario 150 saya persis gitu,, ketika kontak dlm posisi on spidometer tdk mau nyala harus di engkol dulu sekali stelah itu jarum spidometer baru nyala tapi ketika kontak di putar ke posisi off selama 3 detik di nyalakan lagi tdk bisa.

      Suka

    7. Jadi yang harus diganti yang mana gan? Apakah relay power saja atau relay assy saja atau keduanya? Dan relay power juga ada 2 38502-KWN-901 dan 38501-KWN-902 itu yang mana aja gan? apa keduanya sama atau fungsinya beda? terus kena berapa gan ganti relay starternya? Trims

      Suka

    8. syafarul berkata:

      motor saya gagal on, dan gak bisa engkol, engkolnya keras penyebabnya apakah relay juga? dan biasanya kalo gak bisa on apakah motor bisa nyala?

      Suka

    9. ilham ardireizza berkata:

      Halo gan motor ane juga gagal on.. udah ganti relay Assy tapi juga masih blom bisa.. malahan di relaynya bunyi tiktiktik dengan keras dan cepat.. kira” apanya ya gan??

      Suka

    10. Zamzam berkata:

      Selamat malam gan maaf mengganggu, saya mengalami seperti yg anda alami namun saya pengguna vario 150 esp. saya sudah ke 2 AHASS namun jawabannya berbeda yg 1 masalahnya di kontak kunci nya yg 1 ecu nya sudah kena. Apakah betul? Soalnya kalo keduanya agak lumayan nih harga nya. Mohon saran nya gan trims

      Disukai oleh 1 orang

    11. Anam berkata:

      Sore Kak,
      Awalnya Vario 125 saya on kan dan lampu indikator menyala, kemudian saya starter dan langsung lampu indikator mati. Kemudian saya off dan on kembali, namun “gagal on”. Setelah itu, saya cek sekring dan smuanya bagus. Membaca post ini, saya langsung membeli relay yang dimaksud dan langsung saya pasang. Setelah relay ganti baru, saya on,kan, alhasil masih “gagal on”. Apakah ada arahan lainnya?

      Suka

      • motomazine berkata:

        Ini rellay kalau di tempat saya inden loh mas? Tapi bener kan kode rellaynya? Tapi lebih jelasnya bisa dibawa ke beres saja..

        Suka

        • Anama berkata:

          Pagi Kak, iya benar sesuai dengan informasi kakak. Ini 2 hari saya biarkan, alhasil lampu indikator nyala,namun kesannya “blank”. Setelah kick starter, baru kembali normal. Bila saya parkir miring, lampu indikator langsung mati. Seolah2 kehilangan power listrik Kak. Rencananya sih mau bawa ke AHAM. Namun bila Kakak, punya arahan solusi yg bisa saya coba. Akan saya coba dulu.

          Disukai oleh 1 orang

        • motomazine berkata:

          Bawa balik ke ahass saja dulu.. nanti biar dicek lebih detail lagi..

          Suka

    12. Pujianto berkata:

      Maaf bos sharing boleh kan?barito 125 fi tidak mau distaster elektrik maupun pakai kaki gak bisa menyala,begitu juga telponnya tidak bunyi padahal aki ok,klakson ok,sein ok,lampu2 normal.mohon bantuanya

      Suka

      • motomazine berkata:

        wah.. seharusnya tetep mau nyala walupun distarter pakai kick starter. kalau mati total begitu coba dicek busi dulu masbro. Kalau busi normal berarti kelistrikan yang memerintahkan crankshaft bekerja, dia gak fungsi. Mau gak mau harus ditowing ke bengkel resmi buat pengecekan lebih lanjut.

        Suka

    13. Abner berkata:

      salam kenal mas…
      Vario 125 techno PGN-FI ane mirip gejalanya sama artikel diatas…
      Saya mau ganti relay tapi kok kodenya berbeda dengan petunjuk diatas?
      Tulisan di relay punya ane “MITSUBA 07-004 42 3223 MADE IN VIETNAM”
      Mohon pencerahannya yaa mas…
      Terima kasih…

      Suka

    14. Abner berkata:

      salam kenal mas…
      Vario 125 techno PGN-FI ane mirip gejalanya sama artikel diatas…
      Saya mau ganti relay tapi kok kodenya berbeda dengan petunjuk diatas?
      Tulisan di relay punya ane “MITSUBA 07-004 42 3223 MADE IN VIETNAM”
      Mohon pencerahannya yaa mas…
      Terima kasih..

      Suka

    15. syaipul berkata:

      sore om
      saya punya vario 125 if 2016 saya ngalamin dimana lampu utama mati dan lampu spido jg mati,tp sikring ga ada yg putus dan motor pun nyala seperti biasa,mohon info nya kira apa ya penyakinya,trimakasih

      Suka

    16. Edward berkata:

      gan gua juga ad masalah seperti ini, vario 125 pgm fi 2014 kunci kontak on speedometer tidak hidup kalo baru di off, tapi kl kondisi mesin dingin gampang di onkan, kadang di kickstarter lampu di speedometer hidup mati dan kalo hidup pun kondisi kelistrikan redup semua baik speedo maupun headlamp. ini masalah relay juga ya? soalny di ahass saya tny pertama dibilang aki ganti aki pn masalah ttp ad dibilang lagi masalah kunci kontak. jadiny sia” ganti aki mahal”. thanks

      Disukai oleh 1 orang

      • motomazine berkata:

        Sepertinya masalah memang di relay om.. sebelum ganti aki kan bisa dicek tegangannya dulu.. duh, tapi gak papa sih dapat aki baru..hehe

        Suka

        • Edward berkata:

          ya gan memang masalah di relay hehehe saya bawa ke ahass lain di cek lengkap gan semuany dan masalah ditemukan adalah relay ga seperti ahass 1 lg yang asal prediksi 🙂 sebelumny di ahass yg satu ud saya blg coba ganti relay malah diketawain dibilang ga ad hubungannya kesana yahh dia maksa ganti kunci kontak dengan alasan speedometer bisa rusak dan harga jutaan. saya pn ga percaya dan bawa ke ahass lain dan alhasil spt saran agan mmg masalah relay thanks gan

          Disukai oleh 1 orang

        • motomazine berkata:

          alhamdulillah…masalah teratasi… sama-sama, semoga bermanfaat masgan

          Suka

    17. Rusdianto berkata:

      mas bro ane juga punya maslah yg hampir hampir mirip, motor saya vario 125 injection sudah 2x ganti aki, yang pertama di bengkel pinggir jalan engga sampe 1 bulan tekor, dan yg ke 2 saya beli di drive and shop cuma bertahan 1 bulanan terus tekor, motor engga bisa di stater, lampu spedometer ketika kontak on tidak menyala sama sekali. di engkol bisa sesekali.

      kemudian saya bawa ke bengkel resmi ternyata aki sebelumnya saya 5 amper dan di suruh ganti yang 6 amper, apakah benear dengan solusi itu, karena saya trauma masa belum ada 3 bulan saya harus beli aki 2x. mohon pencerahanya. terima kasih.

      Suka

      • motomazine berkata:

        Aki untuk vario 125 memang 6 ampere masbro. Kemugkinan masalah bisa terjadi di relay atau jalur pengisian aki itu sendiri yg bermasalah

        Suka

        • Rusdianto berkata:

          aku sudah belikan aki yang baru tuh Mas, mekanik honda menyarankan untuk ganti aki karena katanya masalahnya di aki. dan dia tidak bilang relay nya atau pengisian aki nya yang bermasalah…

          apakah berpengaruh y Mas kalau aku belikan aki yang 5 ampere sehingga tekor terus??

          sekarang sih sudah oke semenjak aku ganti aki dengan 6 ampere kemarin.

          aku jadi bingung nih Mas, biasanya tahan berapa lama dengan aki baru bisa tekor kalau memang relay nya bermasalah atau pengisian aki nya yang bermaslah?

          mohon info nya y Mas, soalnya beda bengkel honda beda lagi solusinya…

          Terima kasih.

          Suka

        • motomazine berkata:

          vario ane aki normal bisa bertahan sampai 3 tahun masbro. Oke coba ditunggu saja apakah dengan aki yang baru semua kembali normal. Soalnya memasang aki di bawah ampere yang disarankan jelas berpengaruh pada daya tahan aki itu sendiri.

          Suka

    18. dwip berkata:

      Haloo agan2 semua…iya bener punya saya juga kontak ON tapi indikator mati semua, harus di engkol pake kaki…awalnya kesulitan cari masalah itu, sampe 3 bengkel nyerah, dan akhirnya ketemu juga penyakitnya yang sebenarnya muncul dari ketidak sengajaan, setelah kotak putih sebelah aki di ketok2 pake obeng akhirnya indikator nyala mati nyala mati, dan dikira kakinya yg kendor, setelah bisa besoknya mati lagi, akhirnya bawa ke AHHAS dan masalah beres setelah diganti baru dan original.

      Suka

    19. Wija berkata:

      Cara melepas relay comp gmn gan? Saya cabut g kok gak bisa lepas.

      Suka

    20. Fajar berkata:

      Gan, motor vario saya tiba2 lampu speedometer mati dan ga bisa starter, tp pake kick starter motor mau hidup. Saya sudah ganti relay starter nya tetep ga mau hidup. Saya cek aki kl posisi kontak off masih nunjukin 12,6v, tp kl kontak saya on kan di avo jd cum 3-5v. Apa mungkin aki nya yg soak atau ada masalah lain ya gan? Mohon masukannya

      Disukai oleh 1 orang

    21. Muhammad Ega Wirdiansyah berkata:

      om..beda nya kedua kode part pada relay di atas apa…mana yang harus saya beli dan ganti..apkah posisi nya dekat aki buat kedua relay itu, maaf mas saya kurang paham motor, saya nnya biar gak do boongin bengkel…makasih

      Suka

    22. muji berkata:

      Maaf gan mau tanya penyebab motor vario keluar asap putih setelah pakai bahan bakar pertamax turbo.pdahl sya baru ganti oil mesin 2 hari yg lalu.tapi anehnya stelah sya bersihkan ujung knalpot bekas asap putih yg kluar.al hasil tidak ada lg kluar asp putih.apakah ini akan terulang pg gan kluar asap putihnya.mohon pencerahannya suhu.trimakasi

      Suka

    23. Permisi mas mau nanya.. relay stater sama relay comp itu sama atau ngk ??
      Trus relay stater vario 125 fi sama vario 150 fi kode.ny sama ngk ??

      Suka

    24. Ibnu berkata:

      Gan mau tanya, kalau relay sudah di ganti semua dengan yg baru tetapi masih tidak nyala sama sekali … Tidak ada tanda tanda suara “nging” tanda injection menyala, kemarin sebelum di ganti semuanya di kick masih bisa nyala, tetapi sekarang malah mati total … Mohon solusinya gan

      Suka

    25. dhani19 berkata:

      Numpang curhat om 😀
      vario 125 FI tahun 2012. sering masalah mati lampu utama sebelah, sudah seringkali ganti baru, tapi tetap putus (mati) terus.
      saya jajal pakai bohlam yg 18 watt. dibawah standar (25watt). ketahuan putus lagi ketika saya betot gas agak kenceng (sekitar 80-90km/p). sampai lampu rem juga mati.
      penasaran, iseng2 browsing, dapat referensi katanya kiprok yg masalah.
      menurut om gimana?
      trus, dimana sih posisi kiprok vario ini?
      ada yg bilang, jadi 1 dengan ECU. jadi harus ganti ECU nya juga.
      minta pendapat dan masukan nya om. terima kasih.

      Suka

      • motomazine berkata:

        coba ganti sekringnya dulu aja om..ECU rasa-rasanya gak ada hubungannya sama lampu-lampu yang suka mati sendiri

        Suka

        • dhani19 berkata:

          spek sikring nya yg mana om? 25a atau 10a ?
          ada yg bilang klo lampu sering putus di RPM tinggi, berarti kiprok gagal menstabilkan tegangan. nah berhubung kiprok vario 125 jadi 1 di ECU nya, jadi mesti ganti ECUnya. begitu yg sy dapat dr hasil browsing.

          pernah dibawa ke AHAS, cuma disaranin ganti bohlam baru, trus klo putus lagi, suruh turunin wal nya ke 18w.

          jadi malas jg ke AHAS klo cm bisa kasih saran bgitu, bukan nya di cek keadaan motornya.

          Suka

    Silahkan berkomentar.. Monggo...

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    w

    Connecting to %s