Honda Vario 125 Fi Gagal ON? Inilah Penyebabnya..!!!

Diposting pada

 

MOTOMAZINE.COM – Salam safety riding bro sis.. Kejadian kurang enak baru saja MMZ alami. Si Honda Vario 125 Fi yang acapkali menjadi kendaraan pengantar ke tempat aktivitas tetiba gagal ON. Maksutnya ketika kunci kontak diputar dalam posisi on, tak satupun  tanda aktivitas yang bekerja di speedometer. Otomatis tombol double starter pun “anteng” tak menunjukkan greget apapun tatkala dipencet hendak dioperasikan.

Layaknya motor sehat pada umumnya, ketika anda menghidupkan kunci kontak maka secara otomatis panel penunjuk kelistrikan pada speedometer akan bekerja. Diantaranya adalah bergeraknya jarum speedometer ke angka top untuk kemudian kembali ke nol, disertai suara kalibrasi “ngiiing” menandakan injeksi bekerja memompakan bensin ke ruang bakar, juga menyalanya indikator pompa injeksi dan panel penunjuk fuelmeter serta trip meter (digital).

Tak ada aktivitas sama sekali saat kunci ON

Namun pada kasus yang MMz alami ini, ketika kunci kontak diputar pada posisi on kesemua aktivitas itu tak terjadi sama sekali. akan tetapi lucunya gejala seperti ini terjadi ketika motor dalam keadaan panas/baru saja dipakai untuk jarak yang lumayan jauh. Saat dingin, atau pagi hari ketika motor baru dinyalakan semuanya normal.

Baca juga :

Daripada berandai-andai langsung saja MMz meluncur ke ahlinya. Menghubungi Pak Budi selaku salah satu mekanik di MPM Ponorogo, MMz disarankan untuk membawa motor ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Dan setelah dirunut, si biang kerok pun ditemukan. Penyebabnya adalah sudah tak normalnya Relay Assy atau Relay Comp.

Tapi sayangnya, begitu si penyakit ditemukan, ternyata komponen sedang habis alias tidak ready stock di dealer. Akhirnya mau tak mau harus inden, menunggu orderan hot line yang dilakukan oleh MPM untuk mendatangkan part tersebut.

Motor MMz saat dieksekusi

Nice job, hanya butuh waktu dua hari saja dan MMz kembali dihubungi oleh pihak MPM Ponorogo memberitahukan jikalau part tersebut sudah datang dan ready untuk dipasang. Partnya sendiri kecil. Namun gunanya luar biasa besar. Langsung melipir ke dealer,ternyata hanya butuh waktu 5 menitan saja dan part berkode produk 38501-kvz-631 (relay assy) atau 38501-kwn-902 (relay comp) tersebut telah terpasang manis di Vario 125 Fi MMz. Begitu part terpasang, putar kunci kontak ke posisi ON, dan jreng… Semua normal kembali seperti semula..

Posisi relay starter/relay assy Honda Vario 125 fi

So.. Jika bro sis mengalami hal serupa seperti yang MMz alami, tenang saja.. Sampean tak perlu panik. Disinyalir si relay assy/relay starter itulah penyebabnya. Sebab setelah MMz kroscek langsung ke Pak Budi, ternyata sudah ada sekitar 3 kasus serupa yang beliau tangani selama ini… (mmz)

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.