Honda Vario 125 Fi Gagal ON? Inilah Penyebabnya..!!!

Part inilah penyebab Vario 125 fi gagal on

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Kejadian kurang enak baru saja MMZ alami. Si Honda Vario 125 Fi yang acapkali menjadi kendaraan pengantar ke tempat aktivitas tetiba gagal ON. Maksutnya ketika kunci kontak diputar dalam posisi on, tak satupun  tanda aktivitas yang bekerja di speedometer. Otomatis tombol double starter pun “anteng” tak menunjukkan greget apapun tatkala dipencet hendak dioperasikan.

Layaknya motor sehat pada umumnya, ketika anda menghidupkan kunci kontak maka secara otomatis panel penunjuk kelistrikan pada speedometer akan bekerja. Diantaranya adalah bergeraknya jarum speedometer ke angka top untuk kemudian kembali ke nol, disertai suara kalibrasi “ngiiing” menandakan injeksi bekerja memompakan bensin ke ruang bakar, juga menyalanya indikator pompa injeksi dan panel penunjuk fuelmeter serta trip meter (digital).

Tak ada aktivitas sama sekali saat kunci ON

Namun pada kasus yang MMz alami ini, ketika kunci kontak diputar pada posisi on kesemua aktivitas itu tak terjadi sama sekali. akan tetapi lucunya gejala seperti ini terjadi ketika motor dalam keadaan panas/baru saja dipakai untuk jarak yang lumayan jauh. Saat dingin, atau pagi hari ketika motor baru dinyalakan semuanya normal.

Daripada berandai-andai langsung saja MMz meluncur ke ahlinya. Menghubungi Pak Budi selaku salah satu mekanik di MPM Ponorogo, MMz disarankan untuk membawa motor ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Dan setelah dirunut, si biang kerok pun ditemukan. Penyebabnya adalah sudah tak normalnya Relay Assy atau Relay Comp. Tapi sayangnya, begitu si penyakit ditemukan, ternyata komponen sedang habis alias tidak ready stock di dealer. Akhirnya mau tak mau harus inden, menunggu orderan hot line yang dilakukan oleh MPM untuk mendatangkan part tersebut.

Motor MMz saat dieksekusi

Nice job, hanya butuh waktu dua hari saja dan MMz kembali dihubungi oleh pihak MPM Ponorogo memberitahukan jikalau part tersebut sudah datang dan ready untuk dipasang. Partnya sendiri kecil. Namun gunanya luar biasa besar. Langsung melipir ke dealer,ternyata hanya butuh waktu 5 menitan saja dan part berkode produk 38501-kvz-631 (relay assy) atau 38501-kwn-902 (relay comp) tersebut telah terpasang manis di Vario 125 Fi MMz. Begitu part terpasang, putar kunci kontak ke posisi ON, dan jreng… Semua normal kembali seperti semula..

Posisi relay starter/relay assy Honda Vario 125 fi

So.. Jika bro sis mengalami hal serupa seperti yang MMz alami, tenang saja.. Sampean tak perlu panik. Disinyalir si relay assy/relay starter itulah penyebabnya. Sebab setelah MMz kroscek langsung ke Pal Budi, ternyata sudah ada sekitar 3 kasus serupa yang beliau tangani selama ini… (MMz)

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

    • motomazineblog@gmail.com
    Iklan

    Tentang motomazine

    Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
    Pos ini dipublikasikan di modifikasi, Tak Berkategori, umum dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

    16 Balasan ke Honda Vario 125 Fi Gagal ON? Inilah Penyebabnya..!!!

    1. satria ludiraseta berkata:

      ooo ngunu to…kalo varioku kontak diputer on panel spido nyala semua..tp kadang stater gagal fungsi..harus d off dulu lalu on lagi baru bisa jreng..knp ya ?

      Suka

    2. andhi_125 berkata:

      nyimakk..
      di v110 punya nyonya, kalau kontak diputer ke posisi off, semua indikator mati, kenopo yo pak?

      Disukai oleh 1 orang

    3. Warung Biker berkata:

      tepatnya sih disebut main relay,. karena main relay dan relay starter itu beda,.

      Disukai oleh 1 orang

    4. hadir berkata:

      Karena usia pemakaian ato sebab lain mas??

      Suka

    5. KANTAU CANGGIH berkata:

      Halo om…
      Kejadian sama persis dengan vario 110 esp – 2016 saya.
      Domisili sy di Tangsel.
      Dua kali mengalami kejadian yg sama. Tidak ada kelistrilan sama sekali begitu posisi kunci ke ON.
      Bawa ke Beres AHASS..
      Pertama, ternyata kaki2 Main relay kendur/oblak. Sedikit di reparasi-ok. Normal kembali.
      Tiga minggu kemudian, ketemu masalah yg sama. Sy buka sendiri rumah aki dan dudukan semua kabel dan relainya tidak ada hasil.
      Lalu cek Sikring tanam 5A -nya ECU, ternyata PUTUS. Selesai sy ganti. Sudah 2 minggu sejak tulisan ini dibuat, noal kembali.
      Pertanyaan:
      Apa sebab sikring putus? Apakah karena ada instalasi yg menyebabkan arus pendek?
      Atau Main Relay tsb Failure Function karena oblak lagi kaki2nya?

      Tolong bantu share jika
      Ada pengalaman yg sama.

      Terima kasih

      Suka

      • motomazine berkata:

        Oke masgan terima kasih untuk share pengalamannya. Kalau sikring putus sih gak harus berhubungan dengan terjadinya arus pendek atau korsleting. Bisa saja sikring putus dengan sendirinya. Namun melihat kaki rellay yang oblak, alangkah lebih baiknya jika diganti agar bekerja secara maksimal.

        Suka

    6. Sopyan berkata:

      Vario 150 saya persis gitu,, ketika kontak dlm posisi on spidometer tdk mau nyala harus di engkol dulu sekali stelah itu jarum spidometer baru nyala tapi ketika kontak di putar ke posisi off selama 3 detik di nyalakan lagi tdk bisa.

      Suka

    Silahkan berkomentar.. Monggo...

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s