Honda Vario 125 Fi Gagal ON? Inilah Penyebabnya..!!!

Diposting pada

 

MOTOMAZINE.COM – Salam safety riding bro sis.. Kejadian kurang enak baru saja MMZ alami. Si Honda Vario 125 Fi yang acapkali menjadi kendaraan pengantar ke tempat aktivitas tetiba gagal ON. Maksutnya ketika kunci kontak diputar dalam posisi on, tak satupun  tanda aktivitas yang bekerja di speedometer. Otomatis tombol double starter pun “anteng” tak menunjukkan greget apapun tatkala dipencet hendak dioperasikan.

Layaknya motor sehat pada umumnya, ketika anda menghidupkan kunci kontak maka secara otomatis panel penunjuk kelistrikan pada speedometer akan bekerja. Diantaranya adalah bergeraknya jarum speedometer ke angka top untuk kemudian kembali ke nol, disertai suara kalibrasi “ngiiing” menandakan injeksi bekerja memompakan bensin ke ruang bakar, juga menyalanya indikator pompa injeksi dan panel penunjuk fuelmeter serta trip meter (digital).

Tak ada aktivitas sama sekali saat kunci ON

Namun pada kasus yang MMz alami ini, ketika kunci kontak diputar pada posisi on kesemua aktivitas itu tak terjadi sama sekali. akan tetapi lucunya gejala seperti ini terjadi ketika motor dalam keadaan panas/baru saja dipakai untuk jarak yang lumayan jauh. Saat dingin, atau pagi hari ketika motor baru dinyalakan semuanya normal.

Baca juga :

Daripada berandai-andai langsung saja MMz meluncur ke ahlinya. Menghubungi Pak Budi selaku salah satu mekanik di MPM Ponorogo, MMz disarankan untuk membawa motor ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Dan setelah dirunut, si biang kerok pun ditemukan. Penyebabnya adalah sudah tak normalnya Relay Assy atau Relay Comp.

Tapi sayangnya, begitu si penyakit ditemukan, ternyata komponen sedang habis alias tidak ready stock di dealer. Akhirnya mau tak mau harus inden, menunggu orderan hot line yang dilakukan oleh MPM untuk mendatangkan part tersebut.

Motor MMz saat dieksekusi

Nice job, hanya butuh waktu dua hari saja dan MMz kembali dihubungi oleh pihak MPM Ponorogo memberitahukan jikalau part tersebut sudah datang dan ready untuk dipasang. Partnya sendiri kecil. Namun gunanya luar biasa besar. Langsung melipir ke dealer,ternyata hanya butuh waktu 5 menitan saja dan part berkode produk 38501-kvz-631 (relay assy) atau 38501-kwn-902 (relay comp) tersebut telah terpasang manis di Vario 125 Fi MMz. Begitu part terpasang, putar kunci kontak ke posisi ON, dan jreng… Semua normal kembali seperti semula..

Posisi relay starter/relay assy Honda Vario 125 fi

So.. Jika bro sis mengalami hal serupa seperti yang MMz alami, tenang saja.. Sampean tak perlu panik. Disinyalir si relay assy/relay starter itulah penyebabnya. Sebab setelah MMz kroscek langsung ke Pak Budi, ternyata sudah ada sekitar 3 kasus serupa yang beliau tangani selama ini… (mmz)

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

185 komentar

  1. ooo ngunu to…kalo varioku kontak diputer on panel spido nyala semua..tp kadang stater gagal fungsi..harus d off dulu lalu on lagi baru bisa jreng..knp ya ?

      1. lha apa sama dengan Verza 150 ngono juga kasusnya kunci on panel mati tak bisa distart… tapi diengkol bisa

      2. kurang lebih masalah nya hampir sama om,, cuma mtor ane on nya telat setelah normal baru narik rem mau star mati lagi trus idup lagi semua yg d spidometr nya.. dalam keadaan ON lampu utama sama klakson ga ada masalah,tpi kalo nyalain lampu sein sama mau star pasti OFF trus ON lagi.. kalo keadaan mesin hidup semua nya normal,apakah sama msalh nya om ,? Tolong penjelasan nya.. trima kasih

  2. Halo om…
    Kejadian sama persis dengan vario 110 esp – 2016 saya.
    Domisili sy di Tangsel.
    Dua kali mengalami kejadian yg sama. Tidak ada kelistrilan sama sekali begitu posisi kunci ke ON.
    Bawa ke Beres AHASS..
    Pertama, ternyata kaki2 Main relay kendur/oblak. Sedikit di reparasi-ok. Normal kembali.
    Tiga minggu kemudian, ketemu masalah yg sama. Sy buka sendiri rumah aki dan dudukan semua kabel dan relainya tidak ada hasil.
    Lalu cek Sikring tanam 5A -nya ECU, ternyata PUTUS. Selesai sy ganti. Sudah 2 minggu sejak tulisan ini dibuat, noal kembali.
    Pertanyaan:
    Apa sebab sikring putus? Apakah karena ada instalasi yg menyebabkan arus pendek?
    Atau Main Relay tsb Failure Function karena oblak lagi kaki2nya?
    Tolong bantu share jika
    Ada pengalaman yg sama.
    Terima kasih

    1. Oke masgan terima kasih untuk share pengalamannya. Kalau sikring putus sih gak harus berhubungan dengan terjadinya arus pendek atau korsleting. Bisa saja sikring putus dengan sendirinya. Namun melihat kaki rellay yang oblak, alangkah lebih baiknya jika diganti agar bekerja secara maksimal.

  3. Vario 150 saya persis gitu,, ketika kontak dlm posisi on spidometer tdk mau nyala harus di engkol dulu sekali stelah itu jarum spidometer baru nyala tapi ketika kontak di putar ke posisi off selama 3 detik di nyalakan lagi tdk bisa.

  4. Jadi yang harus diganti yang mana gan? Apakah relay power saja atau relay assy saja atau keduanya? Dan relay power juga ada 2 38502-KWN-901 dan 38501-KWN-902 itu yang mana aja gan? apa keduanya sama atau fungsinya beda? terus kena berapa gan ganti relay starternya? Trims

    1. Kemarin hanya ganti relay assy saja dan sudah normal seperti sedia kala. Murah masgan, cuman 20rb kok. Cuman ya barangnya yg agak langka

  5. motor saya gagal on, dan gak bisa engkol, engkolnya keras penyebabnya apakah relay juga? dan biasanya kalo gak bisa on apakah motor bisa nyala?

      1. Halo gan. Motor ane pas di putar kontak ke On semua indikator tidak nyala, double stater jg g bs. Tak pikir accunya rusak sy ganti baru masih tetep. Terpaksa nyalainnya pakek engkol. Meski mesin nyala tp semua kelistrikan di sepedo tidak ad yg nyala sama sekali, bahkan bel jg g bs nyala. Itu apanya. Mohon pencerahan.

  6. Halo gan motor ane juga gagal on.. udah ganti relay Assy tapi juga masih blom bisa.. malahan di relaynya bunyi tiktiktik dengan keras dan cepat.. kira” apanya ya gan??

  7. Selamat malam gan maaf mengganggu, saya mengalami seperti yg anda alami namun saya pengguna vario 150 esp. saya sudah ke 2 AHASS namun jawabannya berbeda yg 1 masalahnya di kontak kunci nya yg 1 ecu nya sudah kena. Apakah betul? Soalnya kalo keduanya agak lumayan nih harga nya. Mohon saran nya gan trims

  8. Sore Kak,
    Awalnya Vario 125 saya on kan dan lampu indikator menyala, kemudian saya starter dan langsung lampu indikator mati. Kemudian saya off dan on kembali, namun “gagal on”. Setelah itu, saya cek sekring dan smuanya bagus. Membaca post ini, saya langsung membeli relay yang dimaksud dan langsung saya pasang. Setelah relay ganti baru, saya on,kan, alhasil masih “gagal on”. Apakah ada arahan lainnya?

    1. Ini rellay kalau di tempat saya inden loh mas? Tapi bener kan kode rellaynya? Tapi lebih jelasnya bisa dibawa ke beres saja..

      1. Pagi Kak, iya benar sesuai dengan informasi kakak. Ini 2 hari saya biarkan, alhasil lampu indikator nyala,namun kesannya “blank”. Setelah kick starter, baru kembali normal. Bila saya parkir miring, lampu indikator langsung mati. Seolah2 kehilangan power listrik Kak. Rencananya sih mau bawa ke AHAM. Namun bila Kakak, punya arahan solusi yg bisa saya coba. Akan saya coba dulu.

  9. Maaf bos sharing boleh kan?barito 125 fi tidak mau distaster elektrik maupun pakai kaki gak bisa menyala,begitu juga telponnya tidak bunyi padahal aki ok,klakson ok,sein ok,lampu2 normal.mohon bantuanya

    1. wah.. seharusnya tetep mau nyala walupun distarter pakai kick starter. kalau mati total begitu coba dicek busi dulu masbro. Kalau busi normal berarti kelistrikan yang memerintahkan crankshaft bekerja, dia gak fungsi. Mau gak mau harus ditowing ke bengkel resmi buat pengecekan lebih lanjut.

  10. salam kenal mas…
    Vario 125 techno PGN-FI ane mirip gejalanya sama artikel diatas…
    Saya mau ganti relay tapi kok kodenya berbeda dengan petunjuk diatas?
    Tulisan di relay punya ane “MITSUBA 07-004 42 3223 MADE IN VIETNAM”
    Mohon pencerahannya yaa mas…
    Terima kasih…

  11. salam kenal mas…
    Vario 125 techno PGN-FI ane mirip gejalanya sama artikel diatas…
    Saya mau ganti relay tapi kok kodenya berbeda dengan petunjuk diatas?
    Tulisan di relay punya ane “MITSUBA 07-004 42 3223 MADE IN VIETNAM”
    Mohon pencerahannya yaa mas…
    Terima kasih..

  12. sore om
    saya punya vario 125 if 2016 saya ngalamin dimana lampu utama mati dan lampu spido jg mati,tp sikring ga ada yg putus dan motor pun nyala seperti biasa,mohon info nya kira apa ya penyakinya,trimakasih

    1. Walaupun sepertinya masih bagus coba ganti sekring dengan yang baru masbro. Btw itu indikator pompa injeksi masih bekerja normal?

      1. masaih,sekring pun dah saya ganti semua..aki normal,klo relay assy nya masuk akal ga sih kira2 gan..

        1. Kalau relay sih imbasnya speedometer mati semua, terus double starter juga gak bisa. Indikator injeksi juga gak kerja. Coba dibawa ke ahass aja gan

  13. gan gua juga ad masalah seperti ini, vario 125 pgm fi 2014 kunci kontak on speedometer tidak hidup kalo baru di off, tapi kl kondisi mesin dingin gampang di onkan, kadang di kickstarter lampu di speedometer hidup mati dan kalo hidup pun kondisi kelistrikan redup semua baik speedo maupun headlamp. ini masalah relay juga ya? soalny di ahass saya tny pertama dibilang aki ganti aki pn masalah ttp ad dibilang lagi masalah kunci kontak. jadiny sia” ganti aki mahal”. thanks

    1. Sepertinya masalah memang di relay om.. sebelum ganti aki kan bisa dicek tegangannya dulu.. duh, tapi gak papa sih dapat aki baru..hehe

      1. ya gan memang masalah di relay hehehe saya bawa ke ahass lain di cek lengkap gan semuany dan masalah ditemukan adalah relay ga seperti ahass 1 lg yang asal prediksi 🙂 sebelumny di ahass yg satu ud saya blg coba ganti relay malah diketawain dibilang ga ad hubungannya kesana yahh dia maksa ganti kunci kontak dengan alasan speedometer bisa rusak dan harga jutaan. saya pn ga percaya dan bawa ke ahass lain dan alhasil spt saran agan mmg masalah relay thanks gan

  14. mas bro ane juga punya maslah yg hampir hampir mirip, motor saya vario 125 injection sudah 2x ganti aki, yang pertama di bengkel pinggir jalan engga sampe 1 bulan tekor, dan yg ke 2 saya beli di drive and shop cuma bertahan 1 bulanan terus tekor, motor engga bisa di stater, lampu spedometer ketika kontak on tidak menyala sama sekali. di engkol bisa sesekali.
    kemudian saya bawa ke bengkel resmi ternyata aki sebelumnya saya 5 amper dan di suruh ganti yang 6 amper, apakah benear dengan solusi itu, karena saya trauma masa belum ada 3 bulan saya harus beli aki 2x. mohon pencerahanya. terima kasih.

    1. Aki untuk vario 125 memang 6 ampere masbro. Kemugkinan masalah bisa terjadi di relay atau jalur pengisian aki itu sendiri yg bermasalah

      1. aku sudah belikan aki yang baru tuh Mas, mekanik honda menyarankan untuk ganti aki karena katanya masalahnya di aki. dan dia tidak bilang relay nya atau pengisian aki nya yang bermasalah…
        apakah berpengaruh y Mas kalau aku belikan aki yang 5 ampere sehingga tekor terus??
        sekarang sih sudah oke semenjak aku ganti aki dengan 6 ampere kemarin.
        aku jadi bingung nih Mas, biasanya tahan berapa lama dengan aki baru bisa tekor kalau memang relay nya bermasalah atau pengisian aki nya yang bermaslah?
        mohon info nya y Mas, soalnya beda bengkel honda beda lagi solusinya…
        Terima kasih.

        1. vario ane aki normal bisa bertahan sampai 3 tahun masbro. Oke coba ditunggu saja apakah dengan aki yang baru semua kembali normal. Soalnya memasang aki di bawah ampere yang disarankan jelas berpengaruh pada daya tahan aki itu sendiri.

  15. Haloo agan2 semua…iya bener punya saya juga kontak ON tapi indikator mati semua, harus di engkol pake kaki…awalnya kesulitan cari masalah itu, sampe 3 bengkel nyerah, dan akhirnya ketemu juga penyakitnya yang sebenarnya muncul dari ketidak sengajaan, setelah kotak putih sebelah aki di ketok2 pake obeng akhirnya indikator nyala mati nyala mati, dan dikira kakinya yg kendor, setelah bisa besoknya mati lagi, akhirnya bawa ke AHHAS dan masalah beres setelah diganti baru dan original.

  16. Gan, motor vario saya tiba2 lampu speedometer mati dan ga bisa starter, tp pake kick starter motor mau hidup. Saya sudah ganti relay starter nya tetep ga mau hidup. Saya cek aki kl posisi kontak off masih nunjukin 12,6v, tp kl kontak saya on kan di avo jd cum 3-5v. Apa mungkin aki nya yg soak atau ada masalah lain ya gan? Mohon masukannya

  17. om..beda nya kedua kode part pada relay di atas apa…mana yang harus saya beli dan ganti..apkah posisi nya dekat aki buat kedua relay itu, maaf mas saya kurang paham motor, saya nnya biar gak do boongin bengkel…makasih

  18. Maaf gan mau tanya penyebab motor vario keluar asap putih setelah pakai bahan bakar pertamax turbo.pdahl sya baru ganti oil mesin 2 hari yg lalu.tapi anehnya stelah sya bersihkan ujung knalpot bekas asap putih yg kluar.al hasil tidak ada lg kluar asp putih.apakah ini akan terulang pg gan kluar asap putihnya.mohon pencerahannya suhu.trimakasi

    1. Seharusnya gak masalah sih masbro. Saya pernah juga kok pakai pertamax turbo. Aman terkendali. Coba saja tunggu buat besok pagi, keluar asap putih lagi apa enggak.

  19. Permisi mas mau nanya.. relay stater sama relay comp itu sama atau ngk ??
    Trus relay stater vario 125 fi sama vario 150 fi kode.ny sama ngk ??

  20. Gan mau tanya, kalau relay sudah di ganti semua dengan yg baru tetapi masih tidak nyala sama sekali … Tidak ada tanda tanda suara “nging” tanda injection menyala, kemarin sebelum di ganti semuanya di kick masih bisa nyala, tetapi sekarang malah mati total … Mohon solusinya gan

  21. Numpang curhat om 😀
    vario 125 FI tahun 2012. sering masalah mati lampu utama sebelah, sudah seringkali ganti baru, tapi tetap putus (mati) terus.
    saya jajal pakai bohlam yg 18 watt. dibawah standar (25watt). ketahuan putus lagi ketika saya betot gas agak kenceng (sekitar 80-90km/p). sampai lampu rem juga mati.
    penasaran, iseng2 browsing, dapat referensi katanya kiprok yg masalah.
    menurut om gimana?
    trus, dimana sih posisi kiprok vario ini?
    ada yg bilang, jadi 1 dengan ECU. jadi harus ganti ECU nya juga.
    minta pendapat dan masukan nya om. terima kasih.

      1. spek sikring nya yg mana om? 25a atau 10a ?
        ada yg bilang klo lampu sering putus di RPM tinggi, berarti kiprok gagal menstabilkan tegangan. nah berhubung kiprok vario 125 jadi 1 di ECU nya, jadi mesti ganti ECUnya. begitu yg sy dapat dr hasil browsing.
        pernah dibawa ke AHAS, cuma disaranin ganti bohlam baru, trus klo putus lagi, suruh turunin wal nya ke 18w.
        jadi malas jg ke AHAS klo cm bisa kasih saran bgitu, bukan nya di cek keadaan motornya.

  22. saya pernah kejadian bgt…. ke dealer katanya tunggu di inden lupa berapa hari lamanya…. dgn kesal saya ambil realey yg rusak dang plg… dlm perjalanan saya mampir tiap toko yg jual spear motor/mobil ,sambil bertanya saya tunjukin realeynya… katanya ada realey lampu mobil yg sama persis kakinya… harganya 20 ribu wkt itu…. saya beli 2 buah… pikir ga cocok ga apa cm 40 ribu…. sanpe di rmh dipasang dan ternya bisa…. sudh 2 tahun saya pake realey lampu mobil 12 volt….. sekedar info…

  23. mas, motor saya vario 125 cbs iss, indikator bensin sm odometer nyala cm ga berfungsi, speedometer jg ga jalan, tp mesin distarter jalan trs lampu MIL nya jadi kedip2.. itu knp ya? mohon pencerahannya, trims

  24. mau nanya penyebab rusaknya karena apa yah .atau emng punya usia tertentu.
    terimakasih

  25. assalamu alaikum
    mau nanya penyebab rusaknya karena apa yah .atau emng punya usia tertentu.
    terimakasih

  26. numpang tanya om
    kenapa ya baru ganti aki, double starter malah gak bisa. di engkol pun juga gak nyala. padahal semua kelistrikan normal. spedo nyala normal seperti biasanya, lampu on juga.
    apa penyebabnya ya mas bro
    terima kasih. salam sukses

  27. Assalamualaikum wr wb
    Maw nanya nih saya punya vario 125 iss 2015
    Punya masalah seprti yg di atas spedometer mati, lampu led mati, sama indikator bensin mati tp klo di stater bisa itu knp ya,,, Kejadian hbs di cuci kok malah mati ,,,
    Terima kasih
    Wassalamualaikum wr w

  28. Motor saya gak bisa di off kan kunci kontaknya ,kadang2 bisa d off kan tapi tak lama kemudian on kembali dengan sendirinya kira2 kenapa yah gan????

  29. Slm otomotif lek, lek tlng pnjelasan ny ya, saya udh ganti pulpom baru udh ganti minyak yg baru udh ganti busi, jaringan kelistrikan aman lampu peringatan injeksi normal hidup hanya sekali ketika kontak di hidup kan, api dr coil mantap, batre baru, tpi knpa msh gk bs hidup yo lek, mhn pnjelasan ny…

  30. Vario 150 saya tidak bisa hidup padahl sudah on tapi spidometer tidak mau menyala bahkan hampir semua lampu2 tidak mau menyala kecuali tombol yg ada di kontak atau alarm nya itu

  31. bng.
    vario ane tiba2 dikontak on spidometer mati dan di starter jg ga mau.
    tp klo di sela motr nyala itu sikringnya apa realynya. khn ada dua tuh realy comp sma realy stater itu yg mana yg harus di ganti butuh info secepatnya bng mksh.

  32. bng saya harus ganti realy comp apa realy starter atau sikringnya. motr saya vario 150 fi 2016 dikontak on spidometer gaknyala sma klo buat dipake jln distarter ga mau. klo mao nyalain motr harus di sela baru motor bisa jln. itu saya harus ganti yg mana. mksh infonya sya butuh masukan dari abng

  33. siang om,
    motor saya vario 125 esp
    mau pbertanya nih, sepertinya kasusnya hampir sama. kejadian saya sekitar 1.5 bulan yang lalu. saya memang di motor memasang projie dan projie ini sudah 3.5 tahun saya pasangnya dan ga ada masalah sama sekali. aman, lampu terang. semua jalan. nah, kejadiannya saya memperkirakaan di kunci kontak, karena kuncinya itu agak dol gt kadang harus di on/off in bbrp kali baru indikator nyala semua. dan kadang pas naikin standar samping dia bisa on, saya mungkin ini karena getaran bisa nyala mati apa ada yg longgar ya disini posisi lampu projie saya sudah tidak menyala (hanya lampu ringnya nyala) dan pernah watu waktu saya ngehajar lobang lampu projienya nyala tp hanya sebentar krn ga tll kuat listriknya krn aki tidak ada daya. berlanjutlah saya ganti aki, dan ternyata problem masih ada indikator nyala tapi ga bisa starter. aki sprt lemah dan tidak mengisi. sekring aman semua msh bagus. motor harus di kick starter baru bisa nyala dan indikator nyala semua. saya membaca artikel ini jd penasaran sama relay assy.. saya coba ke bengkel dl deh, kl dr om sendiri kira2 penyebabnya apa ya?

    terima kasih

  34. halo2. saya balik lagii.. daaaaaaaaaaaan problem solved… ternyata benar RELAY nya yang dimaksud itulah penyebabnyaaaa.. wah wah wah ga kepikiran sih ini. tapi bner tadi saya ke bengkel honda saya langsung minta cek relay yg dimaksud. awalnya dicoba pake manual sama dia.. mau nyala indikatornya.. digantilah relaynyaa. dan TARAAAAA.. BERHASIL… terima kasih banyak yg sudah buat artikel ini. sekarang semua berjalan normal. mudah2an bertahan lama dan tidak ada kendala lagi.

    josss… sekali lagi terimakasih banyakk. :))

  35. Selamat malam om
    motor saya vario 125 old 2014
    dengan maslah matinya speedometer,matinya lampu indikator sein dan indikator minyak
    untuk yang lain normal sprti lampu, starter dll
    sudah bawa ke AHAAS
    Mrka tdak tau di mana permslahannya
    cma bisa mnyarankan ganti baru dengan harga yang luar biasa
    tanpa di cek secara detail
    Kira2 apa ya om Solusinya?
    Mohon pencerahannya
    terima kasih om

  36. Vario 125 saya baru 10 hari sudah error begini. Standar samping harus ditendang2 baru mau ON. STNK beluk turun sudah payah

  37. selamat malam kk.
    motor saya vario 125 techno pgm-fi masalahnya motor tidak mau nyala sama sekali , sebelumnya d sela bisa dan tidak lama sekarang sudah mati total d sela juga tidak mau. dulu pernah ganti cdi, saya takut kena cdi lagi kk.kemarin2 pas masih nyala d sela listrik redup2 , dan sekarang mati total kemungkinan apa ya kk? bagi nomer whatsapnya kk biar saya bisa tanya2 terima kasih kk.

  38. aku juga pernah ngalami ini, tapi di motor lain…
    kejadian pas habis dicuci ga bisa nyala… sampek pusing ternyata masalah cuman relay… diketok ketok terus dikeringkan beres… asem…

  39. wew Rame juga…..Alhamdulillah 4 tahun vario saya masih aman Pak, thanks infonya (Y)

  40. Gilee banyak beud komennya euy..
    Btw noted pak coz belum pernah ngalamin kasus serupa.! Kalo matic Yamaha apakah banyak kasus serupa pak?

  41. Om varioku semua listrik bagian batok kepala gak mau on tapi pas kontak baru dinyalakan pompa injeksinya nyala nging. Di hand starter gabisa karna semua saklar di kepala off. Tapi kalau di engkol mau nyala mesinnya. Itu kenapa ya?

  42. Saya mengalami kasus yang sama,
    Kontak On,panel ngga ada yang nyala,
    Starter mesti standar dua dan pancal,
    Kalo aku yg pakai ok ok aja,
    Pas nyonya yang pakai kasian berat pas standar dua.

    Saya cek ke shop and drive accu nya…alhamdulillah sehat.
    nyala lagi panelnya,padahal ngga di apa-apain cuman cek voltase accu aja,
    kontak ON panel nyala lagi.
    kemungkinan kontaknya,kata teknisi shop and drive.

    Lalu ke bengkel AHASS …posisi kontak dan panel sudah normal.
    Saya cerita perihal kontak on,panel mati..
    Teknisi AHASS juga bilang
    kemungkinan kontaknya yg udah mulai aus…
    tapi stok kosong,kalo ada harga sekitar 350rb an
    karena sudah nyala panelnya sejak dari shop and drive akhirnya pulang…
    ngga jadi service di shop and drive maupun ahass.

    Barusan …kambuh lagi.
    kontak ON panel tetep mati.
    Pakai kick starter baru bisa nyala.

    Pie iki…

  43. Saya pnya vario 150 2017.2 hari ini motor saya kdg di kontak on kadang nyala kadang g.tpi klo standar satu di mainin kdg nyala sndiri.
    Apa itu jg relaynya..trs apa modelnya sama dgn vario fi.
    Saya cari di olshop adanya relay comp /relay power stater,5 kaki.

  44. Kalo motor vario kalo kontak di hidupin indikator semua hidup mati apa penyebab.nya ya …
    Mohon bantuan.nya yang tau
    Sama kalo di telakson apa reting lampu indikator.nya mati semua

  45. Saya mengalami hal yang sama dan sudah saya ganti seperti yang mas lakukan, Tapi kok hasilnya nihil ya? Kira2 apanya mas?

  46. Apakah motornya sudah jadi kak? Permasalahannya apa kalau boleh tahu? Soalnya saya mengalami hal yang serupa. Terimakasih

  47. Motor sy spidometernya sdh kembali ke 0 beberapa bln yg lalu,, dan motor sy sdh ganti aki yg baru dan pemakaian hanya sebulan, bulan berikutnya sdh tdk bisa ON dan tdk ada sama skali yg berfungsi..jadi harus sy engkol berkali² baru bisa nyala… Kira² apanya itu ya bang…#salamsatuhatihondavarioinjeksi125F1

  48. udah mau 5 tahun (Agustus 2020) motor ane (Vario 150 2015) belum ada masalah. Cuma kemarin iseng iseng ngecek sekring satu per satu, karena kalo pas kondisi langsam lampu speedometer + headlamp/alis kedip. Ternyata emang ada yg putus dan gak tau bagian apa.
    Dan untung banget ada sekring cadangan 10A jadi langsung diganti, tp yg normal cuma headlamp doang. Masih pusing untuk bagian speedometer. Dan sempet bingung komponen 2 kotak disamping sekring itu apa, ternyata relay. Mungkin next bakal cek kedua relay itu.

    Mau tanya om, apakah sekring nya walaupun masih bagus apa kudu diganti juga? Dan apakah juga diganti relay nya kalo emang masih bagus?

  49. Vario 125 non led 2013
    Kunci kontak on nyala smua
    3 hari motor g dipake cm dipanasin aja 0,5 jam tiap hari
    Hari ke 4 aki coid
    Sudah 3 x kejadian ganti baru aki jg coid g nyampe seminggu
    Apakah dari kiprok yg 1set ama ecm yg harganya 1,4jt
    Ato dari relaynya aja mas??
    Mohon pencerahannya
    Terimakasih

  50. Emang kiproknya bener nyatu ama ecm nya maz?
    Gak ada cara lain selain ganti ecm nya?
    Saya liat di online banyak yg jual aja kiproknya aja
    Ditulis jual kiprok vario 125 pgm fi
    Tapi bentuknya kotak kecil
    Apa itu cm akal2an toko biar laku padahal kiprok yg dijual bukan buat 125 tapi yg 110?
    Maap kalo cerewet.

  51. Blm ketemu gan
    Belum saya bw ke bengkel
    Saya akalin ganti aki lg
    Aki kering saya isi lg trus saya ces
    Sudah habis 2 aki
    Yg 1 bertahan cm 3 hr langsung coid padahal tiap hari saya panasin sambil buka gas sekitar 0,5jam sehari
    Aki ke 2 sudah 4 hari masih bs nyala normal buat staternya. Tp gak tau keisi ato gaknya soalnya g pnya avometer yg pasti bs normal buat motor
    Motor jarang banget dipake jd bingung buat benerinnya
    Maap kalo panjang banget
    Terimakasih jika diberi masukannya suhu

  52. assalammualaikum, mau tanya, motor saya mati total spedo semua ga nyala di sela spedo nya nyala terus langsung mati, udah di cek relay stater sama relay compnya keduanya masih normal, saya tau kedua relay itu normal karna saya liat tutorial di youtube cara pengecekannya, nah penyakit motor saya (vario 125 old) ngalamin kejadian yg sama pada artikel diatas, kira kira kalo penyakitnya bukan dari relay terus dari apa lagi ya?

  53. Vario 2018 saya bisa on,panel nyala normal.namun starter dan horn tidak bekerja.apa penyebabnya

  54. Saya mau nanya dah kenapa ya motor saya ketika kontak on tidak ada tanda tanda sama sekali di spidometer nya hanya saja lampu nya yang hidup ?

  55. sama . seperti postingan diatas.
    dan sekring saya tidak ada yg putus

    permasalahan nya ada dikontak dan rellay yang dua itu relay assy dan starter

  56. Bang mau nanya
    Motoe vario techno saya gak bisa di starter tangan
    Padahal aki , spull baru
    Saat kunci kontan on di spidometer semua hidup normal cuman mil yang tidak hidup setelah di starter pakai kaki baru lampi mil nya hidup
    Itu kenapa ya? Mohon bantuanya

    1. kalau mil mati padahal semua nyala, jelas ada kesalahan pada jalur dari ecu ke kontaknya. Cek sekring coba, atau kalau masih gak bisa berarti relay nya jg bermasalah

  57. Motor saya Vario 125 LED tahun 2018 akhir yg msh engkol,lagi jalan tiba tiba mati mesinnya ,kontaknya on tapi lampu bengsin spidometer mati semua ,starter ga bisa padahal aki baru di ganti,harus di selah baru bisa apa ini relaynya juga yg rusak nanya bengkel langganan kemungkinan soket kontaknya kendor ,apa bener begitu bang

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini