Konsumsi BBM Suzuki GSX-R150

Diposting pada


Test Ride Suzuki GSX-R150 oleh Motomazine

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Menyandang status sebagai motor fairing 150cc DOHC dengan tenaga puncak yang sanggup menembus 19,1 PS/11.000 rpm tentu membuat anda penasaran dengan konsumsi BBM yang diperlukan Suzuki GSX-R150 untuk melahap tiap kilometer jarak yang ditempuh. Terlebih dengan lubang penyemprot bensin yang diperbanyak, tentu akan menimbulkan banyak anggapan bahwa motor ini boros.
Dibekali mesin identik dengan Satria F150fi, Suzuki GSX-R150 justru mampu mencatatkan total konsumsi BBM yang melebihi perkiraan saya pribadi. Sebelumnya, MMz pikir si sport fairing ini bakal lebih boros daripada adiknya, si underbone dahsyat itu. Namun ternyata, dengan perlakuan serupa apa yang MMz lakukan saat test ride Satria F150fi beberapa waktu lalu, si GSX-R150 malah lebih irit.
● baca juga

Perlu bro sis ketahui, metode yang MMz gunakan dengan model full to full. Artinya tangki motor diisi penuh untuk kemudian dipakai riding dan setelah itu diisi lagi hingga full. Nah, jumlah bensin yang masuk itulah yang kita jadikan patokan penghitungan. Jika kita rumuskan bisa dijabarkan sebagai berikut:
Konsumsi BBM = Odometer 2- Odometer 1 : level bensin top up
Odometer 1 : angka odometer awal
Odometer 2 : angka odometer akhir
Dari rumus tersebut akhirnya MMz dapat mengambil data seberapa banyak bbm yang diperlukan oleh Suzuki GSX-R150 untuk menempuh tiap kilometernya. Dan hasilnya adalah
198-108 : 3.00 = 90 : 3 = 30 kilometer/ liter.
Odometer 1

 
Odometer 2

Jumlah bensin yang masuk (3,00 L)

Demi keakuratan data, saat sesi tes konsumsi BBM Suzuki GSX-R150, MMz melakukan pengisian pertama dan kedua di SPBU yang sama. Dengan volume bensin yang sama, diukur dari ketinggian bensin pada bibir tangki, dan juga di waktu yang sama (siang hari). Jenis bbm yang MMz isikan juga sama, yakni jenis Pertamax (ron 92).
So.. dari sesi tes yang MMz lakukan, dapat diambil kesimpulan yakni, walaupun menggendong mesin 150cc dohc dengan power puncak mencapai 19,1 PS/11.000 rpm, toh ternyata motor ini tidak terlalu boros. Jika dibandingkan dengan Satria F150fi yang MMz tes juga beberapa waktu lalu, si underbone tersebut malah mencatatkan hasil yang lebih boros. Sekitar 27 km/liter.

Tambahan lagi, lintasan yang MMz gunakan saat melakukan tes konsumsi bbm Suzuki GSX-R150 ini cukup beragam. Dengan melakukan perjalanan menuju Telaga Ngebel, Ponorogo, rasanya sudah mampu mewakili karakter jalanan sebenarnya dimana setiap harinya anda melakukan riding. Sebab pada lintasan tersebut, anda akan menemukan tanjakan, turunan, tikungan baik landai maupun curam yang kesemuanya tentu membutuhkan aneka macam bukaan gas serta shifting gigi. Dan itu saya lakukan dengan sebenarnya apa yang sering orang lakukan kala berkendara di jalanan model tersebut.
Jadi ketika MMz bilang Suzuki GSX-R150 ini irit, rasanya memang tak berlebihan. Dengan katakter jalanan, serta kubikasi mesin yang dilekatkan, dan juga riding style yang sesekali mengejar topspeed serta naik turun di sepanjang jalan pegunungan, dengan konsumsi bbm sebanyak 30 km/liter rasanya memang tak berlebihan jika MMz  bilang Suzuki GSX-R150 ini irit.. (MMz)

Tes konsumsi bbm GSX-R150

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

8 komentar

  1. semoga usia produksi motor ini berlangsung panjang dan berkembang.
    jangan seperti rgr yg nggak sampe 10tahun(1989-1997).
    nitip saran buat pabrikan ya mas. jangan dikit2 discontinue.. kecuali motor itu benar2 tidak memenuhi selera pasar (contoh: satria young star).

  2. maaf gan, kalau boleh tahu. oli mesin yg cocok buat gsx r150 merk apa ya? buat perawatan yg bagus

    1. Kalau saya hampir semua motor yg saya miliki senengnya ke motul masgan. Monggo diisi 3100 atau multi power, atau kalau ada 5100 sekalian..

  3. Bisa di bilang irit jg yah drpd kawannya yg satu pabrikan FU FI duh jand makin greget pengin ganti GSX nih hihi walaupun udah punya SONIC 150R

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini