First Ride Impression All New Yamaha R15. Kuwalat Kalau Sampean Nyacat Handlingnya

Diposting pada

Test Ride All New Yamaha R15 by Motomazine

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Beberapa waktu lalu Motomazine berkesempatan mencoba langsung motor sport Yamaha yang baru saja dirilis. Yup, All New Yamaha R15. Motor yang disebut-sebut sebagai R15 V.3 ini (karena memang versi facelift ketiga) telah mendapatkan berbagai pembaruan major, baik dari sisi desain, kaki-kaki hingga ke jerohan mesinnya juga..

Menggendong mesin terbaru SOHC 155cc VVA dengan assist and slippery clutch membuat hentakan power begitu terasa sejak selongsong gas dibuka. Pengoperasian tuas perseneling juga kian mudah dan ringan, sebab kinerja handle kopling menjadi jauh lebih ringan akibat adanya teknologi “pemleset” kampas kopling tersebut.

Dan untuk lebih jelasnya, seperti biasa MMz akan membagi impresi tersebut dalam beberapa bagian, supaya memudahkan bro sis semua untuk memahaminya..

  1. Ergonomi

Lumayan tinggi tuh seat height nya

Untuk ergonomi, memiliki spesifikasi tinggi tempat duduk yakni 815 mm dari tanah, membuat MMz yang bertinggi tubuh 178 cm harus rela “ngepres” untuk menapakkan telapak kaki ke tanah. Karena didesain ala-ala R-series (new), mau tidak mau membuat tinggi tempat duduk All New Yamaha R15 ini terkerek naik untuk menyeimbangkan bodi depannya yang juga lumayan terangkat akibat pengaplikasian suspensi upside down dan pembenahan bodi di sektor face.

Untuk posisi footstep sendiri rasanya juga cukup pas mengakomodir lekuk kaki dan tubuh yang dipaksa sedikit membungkuk demi meraih stang kemudi yang juga berada di bawah segitiga (underyoke). Selebihnya untuk posisi tuas rem belakang dan tuas perseneling cukup enak untuk dijangkau.

Ergonomi All New Yamaha R15

2. Performa

Bicara masalah performa bisa dibilang kali ini Yamaha sukses membuat kemajuan pada mesin SOHC miliknya. Digembar-gemborkan bakal mencangkokkan mesin DOHC ternyata Yamaha justru lebih memilih basic mesin NMAX yang memang sudah teruji durabilitas juga sebaran tenaga yang merata akibat adanya Valve Variable Actuation yang disematkan.

Performa jempolan All New Yamaha R15

Karakter mesin SOHC yang tetap dipertahankan membuat tendangan tenaga dari gigi per gigi terasa sangat cepat dan enteng. Untuk motor sekelas 150cc rasanya motor ini cukup bejaban lah ya jika dibandingkan dengan GSX-R150 nya Suzuki. Walaupun pada kenyataannya MMz juga belum membuktikannya secara langsung.. Namun dari feel yang MMz rasakan, keduanya memang mirip. Mungkin karakter SOHC All New R15 bakal sedikit lebih nampol di gigi 1 dan 2 (imho)

3. Handling

Nah, ini… Nilai plus Yamaha yang masih tetap dipertahankan hingga ke genarasi All New Yamaha R15 ini bro sis… Masih mempertahankan sasis deltabox serta dipadu swing arm model banana, sukse membuat kendali All New R15 ini begitu stabil bro sis… Gejala ngebuang atau sliding berlebih saat anda menaklukkan tikungan dengan kecepatan tinggi sama sekali tak ditemui. Dibanding Yamaha NVL MMz dulu, walaupun sama-sama dibekali dengan sasis deltabox yang serupa, namun kemampuan All New Yamaha R15 untuk diajak rebah jauh lebih jempolan…

Mantabnya handling All New R15 ini tentu juga tak lepas dari sumbangsih suspensi depannya bro sis.. Mengusung suspensi depan model inverted a.k.a terbalik membuat redaman pada front end :mrgreen: begitu mantab.. Saat anda melakukan pengereman untuk bersiap memasuki tikungan, gejala “mentul” yang berlebihan sama sekali tak dijumpai.. Rasanya pas gitu loh bro sis… Alhasil ya itu tadi, pengereman “empuk” ala Yamaha dipadu pasnya porsi suspensi depan membuat handling All New R15 ini begitu ringan… Kalau boleh MMz sebut sih “maunya motor ini cepet-cepet rebah, bahkan lebih cepat daripada angan-angan kita”.. Pokoknya, yawes gitulah.. monggo dijabarkan sendiri… 😆

Last.. kalau kita tarik kesimpulan All New Yamaha R15 ini memang memberikan paket pas bagi anda penyuka handling jempolan sebuah motor sport. Karakter mesin yang cepat membuat motor ini sangat pas diajak stop and go.. sasis deltabox, suspensi depan upside down juga swingarm model banana membuat tampilan motor ini layaknya sang kakak di keluarga R-seriess. Baik New Yamaha R6 maupun New Yamaha R1. Headlamp dan tail lamp berteknologi LED juga membuat tampilan All New Yamaha R15 terlihat jauh lebih futuristik. Hanya saja model sein yang masih sama dengan old Yamaha R15 (termasuk masih menggunakan bohlam) membuatnya sedikit kurang pas jika disandingkan dengan HL dan tail  lamp yang sudah mengadopsi teknologi LED.

All New Yamaha R15

So… bagi anda yang sudah ngebet.. monggo bro sis… dijual seharga Rp 35 jutaan All New Yamaha R15 rasanya cukup pas nih buat obat ganteng… sekian dan semoga berguna bro sis… (MMz)

Baca Juga:

===============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e

18 thoughts on “First Ride Impression All New Yamaha R15. Kuwalat Kalau Sampean Nyacat Handlingnya

  1. Tadi pagi ketemu rider R15 v3 nganter anaknya sekolah. Ternyata pas ketemu langsung, ganteng nya ini motor bertambah hahaha.. Btw kesan si rider, pegel membungkuk katanya. Yah secara dia sudah 45 tahun keatas sih prediksi ane.

Tinggalkan Komentar di sini