Rossi tak Beralibi, Ban Depan Yamaha-nya Benar-benar Hancur…!!!

Diposting pada

Rossi berbincang dengan kru mekanik perihal Yamaha M1

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Balap MotoGP seri Jerez memang menjadi nightmare  bagi laskar blue team, Yamaha. Pasalnya, motor Yamaha yang biasanya kuat dan sangat kommpetitif di Jerez dibuat tak berdaya akibat buruknya performa ban Michelin, terutama bagi seorang Rossi.

Issue serius mengenai ban pada M1 ini sebenarnya sudah dikeluhkan Rossi sejak awal sesi free practice digelar. Degradasi berlebih di sisi ban depan sebelah kiri membuat Rossi kesulitan membawa motornya dengan kecepatan normal, terutama saat memasuki tikungan. Tak cukup sampai di situ, spin berlebih di roda belakang saat berakselerasi juga menambah penderitaan tim Yamaha di Jerez.

“Akhir pekan yang sangat, sangat sulit. Sejujurnya ini adalah balapan yang sangat sulit. Kami sama sekali tak mengharapkannya. Terutama setelah melihat performa Yamaha beberapa tahun belakangan di Jerez”, ucap Rossi.

“Kami sangat berjuang terutama dengan spin yang terjadi saat berakselerasi. Tak hanya itu, bahkan setelah kami melakukan beberapa modifikasi semuanya malah semakin buruk. Saya tak mampu membawa motor seperti biasanya, terutama saat corner entry, pengereman dan akselerasi. Bahkan 6 lap jelang akhir balapan saya merasakan vibrasi yang luar biasa dari ban depan. Itulah sebabnya saya menurunkan ritme balap hingga 3 detikan”, imbuhnya.

Ban depan Rossi yang benar-benar hancur pasca race Jerez

Last… pasca race Jerez, tim langsung melakukan pemeriksaan terutama pada ban-ban motor Yamaha. Tak hanya itu, semua tim hari ini akan kembali turun ke lintasan Jerez untuk melakukan rangkaian tes (resmi) guna lanjutan pengembangan motor di musim 2017 ini..

Atas merosootnya performa Rossi di Jerez kemarin, klasemen poin pembalap jadi makin kompetitif. Meskipun Vale masih memimpin dengan perolehan poin (sementara) terbanyak yakni 62 poin, namun kini jaraknya hanya terpisahkan 2 poin saja atas Vinales di posisi dua, dan 2 poin di atas Marquez yang merangsek ke posisi tiga…(MMz)

Baca Juga

===============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

16 komentar

      1. Menurut saya lebih karena penempatan mesin yang membuat Yamaha lebih berat di depan. Rossi bilang kalau pakai ban hard nggak cocok untuk Yamaha:
        Rossi (Yamaha): “Sometimes we forget, but in MotoGP, the tyres are the master. What makes the big difference is which tyres are chosen GP to GP. In the first two they were better for us and now they are better for the Honda. In theory, for the race the hard tyres would be the best, but they do not work on our bike. We are able to be consistent, but not fast, whereas they are a very good fit for the Honda.”

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini