KTM Rilis Motor Enduro 2-tak Injeksi. Pertama di Dunia nih…

Diposting pada


KTM hadirkan motor enduro 2-tak berteknologi injeksi, pertama di dunia

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. KTM, pabrikan asal Austria yang kini juga nyemplung di ajang balap sepeda motor terakbar di dunia, MotoGP, baru saja merilis produk terbarunya di kelas enduro. Tak tanggung-tanggung, selain mengusung teknologi baru, mesin enduro 2-tak mereka juga telah dibekali dengan pengabut bahan bakar injeksi, menggantikan karburator yang selama ini dipakai.
Yup, produk terbaru itu adalah KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Hebatnya selain ramah lingkungan, mesin terbaru KTM ini juga diklaim telah lolos standar EURO 4. Hal ini tak lain karena sumbangsih pengabut bahan bakar model injeksi yang dinamakan Transfer Port Injection (TPI) didukung Engine Management System (EMS) serta Engine Control Unit (ECU) model terbaru yang mampu memberikan campuran BBM jauh lebih homogen dibanding saat KTM menggunakan karburator sebagai pencampur bahan bakar di mesin 2-taknya.

Demi tetap menjaga performa, ruang silinder KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI juga dirancang serba baru. Termasuk saringan udara, pompa oli, serta tangki bahan bakar yang khusus diperuntukkan bagi mesin berteknologi injeksi.
Mesin KTM 250/300 EXC TPI

Dari segi sasis, KTM juga membekali dua motor enduro-nya tersebut dengan material chromoly steel frame. Sasis bermaterial chromoly steel frame ini diakui mampu memberikan peredaman lebih maksimal dan feel berkendara yang lebih smooth. Anda yang suka bermain dengan motor-motor penggaruk tanah pasti lebih paham mengenai teknologi yang satu ini..
Kami di KTM memang memiliki komitmen untuk mengembangkan setiap teknologi. Adanya KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI kami pastikan permainan juga akan berubah karena ini menjadi yang pertama di dunia”, Ujar Joachim Sauer, Product Marketing Off Road KTM.

Lebih jauh, tujuan KTM mencipatkan mesin 2-tak injeksi adalah mempermudah dalam penyettingan dan perawatan. Semua kemudahan sistem injeksi itu akan menjadikan kegiatan enduro jadi lebih menarik, namun tetap mampu memompa adrenalin layaknya ketika si mesin injeksi ini masih menggunakan pencampur bahan bakar model karburator..

Last, hingga saat ini harga resmi motor enduro yang memadukan kelir grafis lebih menarik dan futurustik ini masih belum dirilis secara resmi. Namun pihak KTM berjanji akan segera merilis harganya sesaat ketika motor sudah siap didistribusikan paling tidak sekitar bulan Juni nanti di negara asalnya sana… (MMz)

Baca Juga


===============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini