Suzuki Siapkan Motor Trail 150cc Penantang KLX dan CRF. Kudu Beringas ini…!!!

Diposting pada


RMX450Z_L6_GY8_D_1463615274
Suzuki berencana merilis produk motor adventure 150cc (gambar hanya ilustrasi)

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Geliat PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi 2W bukan menjadi isapan jempol belaka. Pasalnya pasca menghadirkan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, mereka terus saja berinovasi, serta mengeksplorasi segmen pasar yang sekiranya dapat dimasuki dengan produk baru maupun produk yang memang disiapkan untuk berjibaku dengan kompetitor.

Contohnya ya ini… Selang beberapa waktu terdiam dan hanyut dalam geliak promosi duo GSX150-series, kali ini pabrikan berlogo “S” tersebut diindikasikan sedang menyiapkan motor penggaruk tanah  dengan kubikasi 150cc. Jelas, kehadirannya tentu bakal meneror pemain lama di kelas ini, yakni Kawasaki dengan KLX150 series nya dan juga Honda yang tak lama lagi bakal meluncurkan motor trail 150cc nya.

Berbicara masalah trail, sejatinya Suzuki merupakan pemain lama di ajang garuk menggaruk tanah ini. Di tahun 1970 silam Suzuki telah merilis TS125R berkubikasi 125cc 2-tak dengan 5 percepatan. Motor yang juga menjadi idola di Amerika ini selanjutnya mendapatkan beberapa perbedaan dan nama dibanding dengan versi Jepang. Jika di Jepang Suzuki TS125R hadir dengan spakbor depan layaknya motor “batangan” biasa (nempel di tabung shock depan), si Suzuki TS125T (versi Amerika) malah tampil jauh lebih advance. dengan striping yang lebih sporty serta spakbor depan yang terbaut dengan underyoke bagian bawah. Untuk urusan mesin dan bodi belakang tak dijumpai banyak perbedaan.

suzuki-ts125-71.jpg
Suzuki TS125R (Jepang)

Nah, berdasarkan pengalaman itulah sepertinya Suzuki ingin kembali merintis jejak manis dunia permotor trail-an. Jika anda terlahir di era ’70-’80an, tentu ingatan anda masih sangat kuat dengan motor-motor trail Suzuki. Khusunya si TS125R ini. Kalau di masa kelucuan MMz dulu sih Suzuki TS125R ini sering banget dipakai oleh para mantri Perhutani maupun bapak-bapak dokter hewan. Dengan sepatu boot sebetis mereka, rasanya kita langsung dibawa ke sinetron Rhoma Irama.. :mrgreen: Beughhhh…. Gagah banget masgan..

suzuki-ts125-72.jpg
Suzuki Ts125T (Amerika)

Berbicara mengenai mesin modern, Suzuki sejatinya telah mengantongi sebongkah senjata unggulan berupa mesin powerful milik GSX150-series. Dengan mesin seberinga situ, rasanya Suzuki bisa dan bebas berbuat apa saja… Termasuk mencangkokkan mesin DOHC ini ke tubuh sang New Adventure Bike nantinya.. Perkara kebanyakan motor trail menggunakan mesin SOHC rasanya bukan menjadi masalah. Justru lebih mantap kan jika Suzuki berani bermain “sendiri” dengan menggendong mesin 150cc DOHC berteknologi injeksi di motor trailnya…??

1982_ts125_red_hage_450.jpg
Suzuki TS125 (’82) yang sering wira-wiri kala masa iyik MMz

Last.. Mengenai hadirnya motor adventure dari Suzuki ini bisa jadi memang tak akan lama lagi masbro, mbaksis.. Pasalnya selain beberapa media besar tanah air memang telah mengumbar bisikan perkara printhilan part yang disinyalir milik sang adventure, dihadirkannya Suzuki DR200 guna motor dinas aparat Brimob tentunya bukan alasan. Selain untuk menguji durabilitas motor tersebut di Indonesia, bisa saja tindakan ini sekaligus dijadikan alat penjajakan animo publik terhadap motor trail Suzuki. Jika publik sudah ngeh dengan bentukan desain dan performanya, begitu mereka mengeluarkan motor baru tentu tak susah-susah lagi untuk memviralkan ke jagad biker tanah air.

Oh ya.. untuk kapan rilisnya sepertinya masih belum menemukan titik jelas, mungkin masbro atau mbaksis ada yang sudah  tahu..???? (MMz)

Baca juga:

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

0 komentar

  1. mantapp ini… aplgi tampilan spt ts125t versi amrik. siap2 pecah celengan nnti bgtu br0j0l nih trail suzuki

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini