Pihak Mercedes-Benz Klaim Bus Mereka Aman dari Rem Blong. Berikut Penjelasannya

Diposting pada


Lorena-Double-Deckers-09
Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Jelang mudik lebaran begini sepertinya bermanfaat sekali jika kita membahas sarana transportasi yang acapkali digunakan para pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Salah satunya adalah bus. Yup kendaraan besar yang mampu menampung hingga 60 penumpang atau lebih ini (double decker) memang menjadi moda transportasi terpopuler untuk aktivitas mudik.
Namun belakangan ini seringkali terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar gegara rem blong. Konsen terhadap kasus seperti itu, pihak Mercedez-Benz akhirnya merilis sebuah pernyataan resmi jika armada bus dari Mercy dijamin tak akan mengalami rem blong.
Dilansir dari Dapurpacu, Kamis (8/6/2017) Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia mengatakan, “Kalau untuk bus yang berasal dari Mercedes-Benz secara teknis 100% tidak mungkin mengalami rem blong selagi perawatannya dilakukan dengan baik”. Hal ini merujuk pada teknologi yang disematkan pada bus-bus Mercy dimana mereka telah menggunakan rem bersistem full air brake system. Jadi kemungkinan rem blong hampir tak akan terjadi sebab setiap saat sistem pengereman akan terus diisi oleh kompresor. Jadi selama mesin bus hidup, suplai angin akan terus terisi.
Selain itu bus Mercy juga dilengkapi dengan Automatic Select Adjuster yang membuat jarak antara tromol dan sepatu rem baik kanan kiri, dan depan belakang tetap sama. Jadi tak perlu adanya pengecekan terus menerus dalam jangka yang pendek.
“Sistem itu sudah dibuat dan hanya perlu  mengecek ketebalan sepatu rem saja. Kalau habis ya tinggal diganti, karena sistem tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan tidak membuat rem blong”, tambah Adri.
Selain mengandalkan full air brake system ternyata bus keluaran Mercedes-benz juga dilengkapi dengan booster.  Booster sendiri merupakan kumparan kecil sebesar jari kelingking berbahan per baja dimana saat bekerja maka per tersebut akan menekan Select Adjuster yang mengakibatkan terjadinya pengereman.
Baru-baru ini Mercedes-Benz telah merilis produk terbarunya bus Mercedes-Benz 2542 Double Deckers untuk Po. Lorena dengan harga per satu unitnya menyentuh angka Rp 3,4 miliar…
So… dengan semakin canggihnya moda transportasi sekarang ini semoga mampu menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi, apalagi gegara masalah rem blong. Alangkah lebih baiknya teriakan itu tepa terdengar “Om Telolet Om..” daripada sebuah jeritan histeris diikuti lari tunggang langgang dengan teriakan “Om BLONG Om…” Hii… amit-amit dah… (MMz)

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

0 komentar

      1. ya artinya nggak menyelesaikan masalah. Rasanya semua kecelakaan bus rem blong itu katanya karena perawatan kurang.
        Kalau garansi 100% nggak blong itu butuh dirawat, yang lain juga bisa klaim hal yang sama.
        Toh kalau blong bisa tinggal bilang “itu bis nya nggak dirawat, garansi nggak berlaku”

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini