All New Yamaha X-Ride 125 Hadir  dengan Aura Adventure yang Lebih Kuat. Apa sih yang Baru?

Diposting pada


Motomazine.com -Salam safety riding bro sis… Berbarengan dengan digelarnya event Jakarta Fair tahun 2017 ini salah satunya dijadikan Yamaha sebagai momentum merilis produk terbarunya di kelas skutik 125cc. Yups, All New Yamaha X-Ride 125 hadir sebagai suksesor pendahulunya dengan mengedepankan sisi adventure namun dengan aura futuristik yang cukup kental.

Seperti kita tahu, pada tahun 2013 lalu secara berani Yamaha menelurkan produk skutik yang sama sekali tak memiliki lawan main di kelasnya. Mengambil basis mesin Mio saat itu, Yamaha menghadirkan X-Ride (115cc) untuk menyasar para penyuka tantangan berupa off road atau kegiatan-kegiatan adventure bike. Dan benar saja bro sis, meskipun bisa dibilang memiliki pangsa pasar konsumen yang segmented, namun tak lantas menjadikan Yamaha menghentikan laju produksi motor yang juga memiliki kembaran di Thailand dengan nama Yamaha TTX ini.
Malah secara berani, pihak YIMM justru melakukan facelift yang cukup berani guna menunjukkan jati diri dari si skutik out of the box ini.
Pertama dari sisi desain. Meneruskan desain X-Ride 115 yang memang sudah lain daripada yang lain, kini Yamaha malah tampil lebih berani lagi. Lekukan bodi All New X-Ride 125 ini justru semakin mengiblat entah kemana. Namun tetep asyik bro sis… Perombakan paling kentara terlihat pada sisi headlamp. Jika di X-Ride lawas lampu utamanya masih mengandalkan model “mata bagong”, maka di X-Ride terbaru ini bagian muka dirombak habis dengan menggunakan headlamp berteknologi LED. Asyiknya lagi bro sis… Di sisi kiri dan kanan HL terdapat rangkaian lampu DRL yang tentu lebih mempermanis tampilan motor. Ditambah lagi dengan cover headlamp yang seakan membelah lampu utama menjadi dua, enta kenapa pikiran saya kok malah dibawa ke model HL motor-motor KTM Duke 😀

Lanjut ke sisi kokpit. Karena masih bertema adventure maka stang model baplang pun tetap dipertahankan oleh Yamaha. Tujuannya jelas, selain menambah kesan maskulin, stang lebar seperti ini juga mampu membuat handling motor jauh lebih stabil saat diajak melibas medan-medan ekstrim. Yang sedikit membuat MMz mengernyitkan dahi adalah speedometernya. Yes, bener masbro… Minim ubahan… Coba Yamaha berani memberikan full LCD digital pada speedometer All New  X-Ride 125 ini.. Hmmm… Pasti lebih maknyus lagi kesan futuristiknya.

Bergeser ke area jok, Yamaha mendesain tempat duduk All New X-Ride ini dengan model rata berhiaskan dual tone color pada covernya. Bukan alay, tapi jok yang rata seperti ini akan sangat memudahkan rider untuk berpindah-pindah posisi, menyalurkan weight distribution tubuhnya guna menstabilkan motor apabila dihadapkan pada kondisi lintasan off road. Btw, memangnya sampean pernah ngelihat? motor-motor trail namun joknya model tandem bertingkat? Atau malah split seat? 😁

Untuk urusan mesin Yamaha juga melakukan sentuhan pembaruan berupa mesin SOHC 125cc blue-core. Ya, teknologi yang sama seperti yang disematkan pada Mio Z, GT125 maupun NMax. Guna mendukung durabilitas mesin, tak lupa diacil cylinder dipadu foeged piston turut dijejalkan agar mampu memberikan power terbaik pada roda belakang yang juga tampil lebih gambot. 

Guna mendukung peredaman bagian belakang, kali All New Yamaha X-Ride dibekali juga dengan suspensi dengan tabung udara layaknya pada Aerox 155VVA. Diharapkan daya redam jadi lebih maksimal sehingga membuat rider tetap nyaman dan betah berkendara bersama All New Yamaha X-Ride 125 guna mencari tantangan baru.

Last… All New Yamaha X-Ride 125 Blue Core dibanderol dengan harga Rp 17.250.000,00 (OTR) Jakarta. Untuk varian warnanya sendiri Yamaha telah merilis tiga macam warna all New Yamaha X-Ride 125 yakni Explorer Green, Passion Red, dan Tough Black.


Oh ya.. Selain dilengkapi bagasi yang cukup luas guna menampung barang-barang bawaan anda, All New Yamaha X-Ride 125 juga mendapatkan sentuhan baru berupa lampu hazard. Sama seperti yang diaplikasikan pada All New R15 dan All New Vixion.. Merujuk pada UU No.22 tahun 2009 piranti kecil dan sederhana ini nyatanya memiliki manfaat besar tatkala berhadapan dengan situasi darurat…

Dan berikut Spesifikasi All New Yamaha X-Ride 125
Mesin
TIPE MESIN 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin, Bluecore
SUSUNAN SILINDER Cylinder Tunggal
DIAMETER X LANGKAH 52,4 x 57,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 9,5 : 1
VOLUME SILINDER 125 cc
DAYA MAKSIMUM 7,0 Kw / 8000 rpm
TORSI MAKSIMUM 9,6 N.m / 5500 rpm
SISTEM STARTER Electric Starter & kick starter
SISTEM PELUMASAN Wet sump
KAPASITAS OLI MESIN Total : 0,84 L ; Berkala : 0,80 L ; Ganti Filter Oli : 0,80 L
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Dry Centrifugal Clucth
TIPE TRANSMISI Full Automatic
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) 1860 x 740 x 1070 mm
JARAK SUMBU RODA 1260 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 135 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 760 mm
BERAT ISI 98 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 4.2 L
Rangka
TIPE RANGKA Underbone
SUSPENSI DEPAN Teleskopik
BAN DEPAN 80/80-14M/C 43P Tubeless
BAN BELAKANG 100/70-14M/C 51P Tubeless
REM DEPAN Disc
REM BELAKANG Drum
SUSPENSI BELAKANG Unit Swing
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN TCI
TIPE BATTERY YTZ4V / GTZ4V
TIPE BUSI NGK / CRGHSA

Semoga berguna… (MMz)

Baca Juga

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

7 komentar

  1. Di blog sebelah, para seles kompetitor rame2 ngebully ini motor. Wajar lah, namanya jg kompetisi. Saya liat nggak ada yg salah dengan desain xride baru ini. Memang harus unik dan out od the box, karena itu selling point nya. Kalau pakai ban semi “cangkul” mungkin lebih joss.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini