Balap MotoGP Pakai Motor Listrik? Kenapa Tidak…

Diposting pada

032717-mugen-shinden-roku-iomtt-tt-zero-racer-f

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Balap MotoGP yang biasanya terkenal dengan mesin-mesin prototype bertenaga garang dari berbagai pabrikan sepeda motor di dunia seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Ducati, Aprilia dan KTM kini bisa saja ditambah dengan kelas baru lagi yakni motor listrik. Yup, motor dengan zero emition ini bisa dan sangat besar kemungkinannya dihadirkan oleh Dorna di lintasan balap MotoGP menyusul makin ketatnya pembatasan dan regulasi terhadap ambang pencemaran udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Adalah CEO Dorna Carmelo Ezpelata yang mengabarkan perihal terbukanya kesempatan bagi motor listrik untuk berlaga di kelas MotoGP ini. Bahkan secara terang-terangan, seperti dilansir dari Motorsport, Dorna bakal mengagendakan balap motor listrik setidaknya pada musim 2019 nanti. Bukan bercampur dengan kelas Moto3, Moto2 ataupun MotoGP, namun ke depan motor listrik ini akan dijadikan satu kelas tersendiri (one make race) menggunakan motor yang sama dengan jumlah 18 peserta dan putaran sebanyak minimal 10 lap. Untuk kecepatan motor sendiri juga bakal dibatasi tak lebih dari 200 kpj atau tak melebihi kecepatan motor-motor Moto3.

“Proyek ini sangat luar biasa. Ini seperti sebuah kelas untuk mensupport MotoGP di Eropa. Setidaknya pada tahun 2019,” Tutur Ezpelata pada Motorsport.

“Kita telah menerima 4 tawaran dari pabrikan. Ini akan menjadi semacam one make race, dimana peserta menggunakan motor yang sama. Balapan sendiri bakal digelar dalam setidaknya 10 lap. Untuk pengisian daya, Ezpelata telah merencanakan guna mengandalkan panel surya untuk menhasilkan listrik yang nantinya bakal digunakan sebagai charger untuk baterai sepeda motor listrik tersebut.

032717-mugen-shinden-roku-iomtt-tt-zero-racer-motor-close-up

“Kami ingin baterai motor diisi ulang menggunakan panel surya. Bukan generator layaknya kejuaraan yang lain. Daris sanalah nantinya keuntungan sirkuit mampu lebih ditingkatkan lagi,” lanjutnya.

mugen-shinden-roku-for-2017-tt-zero-event_827x510_71490586370

Berbicara masalah motor listrik, sejatinya balapan menggunakan motor “tanpa suara” telah lebih dahulu dihelat pada ajang Isle of Man TT. Motor besutan dari Jepang yang dinamai Mugen Shinden “roku” telah berhasil dan pernah dikendarai oleh Guy Martin juga John McGuinnes dengan kecepatan yang tak kalah dibanding Yamaha R6, Honda CBR600RR maupun Kawasaki ZX6R.

Satu hal yang akan sangat menarik menurut MMz adalah, kondisi motor saat dipacu dengan kecepatan penuh. Bagi penonton, mungkin motor seperti melesat begitu saja tanpa suara. Namun bagi pembalap, sensasinya justru akan luar biasa. Selain akselerasi dahsyat karena torsi puncak diperoleh dari awal pembalap membuka throttle,  suara yang dihasilkan dari sisi pembalap pun ternyata seperti turbin pesawat. (MMz)

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

14 komentar

      1. Tahun 2009 mulainya kalau nggak salah,terakhir kayaknya 2013…
        Yo embuh sich…,coba takoNo mbah gugel,Pak…

    1. Nah, di satu sisi memang iya.. cuman di sisi lain akan menjadi sesuatu yg baru dan kemungkinan menarik rasa penasaran lebih tingfi dr penonton. Dari komentar di youtube bahkan ada yg menyebut awesome sound. Nah piye kui pak?

      1. Yang saya maksud suara dari bangku penonton atau kamera sekitar sirkuit. Kalau dari on board, suara “mesin” bisa jadi bakal sama satu sama lain. nggak ada screamer vs big bang, V4 vs inline, dst.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini