First Ride Impression New Honda CB500X. Si Light Adventure Bike

Diposting pada


img_20170729_191955.jpg
Test Ride New Honda CB500X 2016, si lighter adventure bike by Motomazine.com

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Sebuah kesempatan emas bagi Motomazine yang mendapatkan kepercayaan untuk melakukan test ride New Honda CB500X. Motor sport adventure terbaru dari Honda. Sebelumnya admin haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Distributor LC Sedati yang sudah menginjinkan dan menyediakan unit test ride, si Lighter Adventure Honda CB500X.

Yup, pengalaman menjajal Honda CB500X ini sekaligus menjadi first ride impression bagi Motomazine karena memang belum ada pabrikan yang menyediakan unit test ride moge, macam New Honda CB500X ini. Adapun paling juga teman yang meminjamkan unit mogenya untuk direview langsung oleh MMz. Ora usah ngenyek mas, cen blogger papan penggorengan kok :mrgreen:

Lantas, bagaimana sih impresi saat menjajal langsung si adventure bike New Honda CB500X ini? Monggo kita bredhel satu persatu

1. Ergonomi

Dari segi ergonomi New Honda CB500X tergolong motor yang menjuntai tinggi. Cocok sebagai peruntukannya yakni sang petualang. Dengan tinggi tempat duduk mencapai 812 mm membuat MMz yang bertubuh 178 cm harus sedikit jinjit balet.

Posisi segitiga berkendara Honda New CB500X sangat nyaman. Badan tegak dengan stang cukup tinggi namun footstep depan agak sedikit menggantung ke belakang. Intinya berkendara jauh aka touring menggunakan New Honda CB500X ini tak akan membuat anda kelelahan, encok, njarem-njarem atau kesemutan.

Jok/tempat duduk New Honda CB500X didesain cukup tebal dengan model tunggal (bukan split seat). Cocok lah ya sebagai motor penjelajah. Satu yang pasti joknya gak bikin pant*t lekas memanas.

2. Performa

New Honda CB500X dibekali mesin paralel twin silinder dengan kubikasi mencapai 471,0 cc. Dari hasil gesekan antara piston dan head silinder ini mampu memuntahkan tenaga puncak hingga 37,1 KW/8.500 rpm. Power maksimal yang bisa diraih dengan rpm yang cukup rendah. Terasa sih memang..

Selain mampu menghasilkan power sebesar 49,7 HP/8.500 rpm si New Honda CB500X juga mampu memuntahkan torsi yang lumayan bikin kita “njenggirat” saat membuka throttle-nya dengan sedikit brutal. Mesin dua silinder New Honda CB500X mampu menghasilkan torsi puncak di angka 44,5 Nm/7.000 rpm. Pas buat stop and go di kemacetan maupun mencoba meraih topspeed dengan cepat.

3. Pengereman

New Honda CB500X mengaplikasikan rem disk brake di roda depan dan belakang dengan teknologi Anti Brake Lock System (ABS) di kedua rodanya. Efeknya? Jelas… Pengereman jauh lebih maksimal dan tak takut lagi roda mengunci akibat terlalu lama menarik tuas rem.

Untuk urusan ini anda tak perlu mencemaskan kekuatan kinerja remnya. pakem tenan masgan.. Hanya saja bagi MMz sepertinya malah lebih suka rem manual tanpa ABS. Rasanya lebih cepat menggigit gitu. Bikin Pede saat harus sedikit late brake atau panic braking jikalau dibutuhkan.

 4. Handling

Untuk handling, New Honda CB500X juga cukup jempolan. Sesuai dengan judul yang MMz tuliskan, “si Lighter Adventure Bike”. Semuanya bukan tanpa alasan loh masgan.

Secara saat diam dan ketika dikendarai, respon motor ini sungguh sangat luar biasa berbeda. Memiliki berat kotor mencapai 196 kg memang akan sedikit membuat anda mengeluarkan effort berlebih saat harus memarkir atau menggesernya.

Namun semuanya berubah saat motor sudah benar-benar dijalankan. Feelnya tuh enteng masbro…! Beneran, kayak naik motor-motor sekelas 250cc an gitu. Mau anda berakselerasi, mau anda sedikit zig zag selap selip di kemacetan, paduan shock depan teleskopik serta swingarm dengan pro-link di belakang mampu dengan apik mengakomodir gerakan-gerakan anda.

Last…Itulah masgan impresi pertama MMz saat nyemplak New Honda CB500X. Overall, motor ini masuk lah dalam list motor adventure bagi anda yang suka berpetualang.

Mesin 500cc dua silinder yang responsif, dipadu dengan handling yang tak kalah jempolan, serta sensasi nyaman yang memang harus dibutuhkan dalam motor touring seakan menjadi nilai lebih tersendiri New Honda CB500X untuk dimiliki dan dikagumi… Sekian dan semoga berguna… (MMz)

Engine
·         Engine type : 471 cc, liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, parallel twin cylinder
·         Bore x stroke : 67 x 66,8 mm
·         Induction : PGM-FI with 34 mm throttle bodies
·         Ignition : computer-controlled Digital transistorized with electronic advance
·         Compression ratio : 10,7 : 1
·         Max power : 37,1 kW / 8.500 rpm
·         Max torque : 44,5 Nm /7.000 rpm
·         Valve train : DOHC, 8-valve
Drive Train
·         Transmition :  Constant Mesh, 6-speed
·         Final drive :  Chain
Chassis/Suspension/Brakes
·         Front suspension : telescopic, 41 mm, 5 level adjustable
·         Rear suspension : pro-link system, monoshock, 9-stage preload adjuster
·         Front brake : 320 mm, 2 piston
·         Rear brake : 240 mm, 1 piston
·         Front tires : 120/70-17
·         Rear tires : 160/60-17
Dimension
·         P x L x T : 2,098 x 826 x 1,358 mm
·         Wheelbase : 1,421 mm
·         Rake / caster angle : 26,5
·         Trail : 108 mm
·         Seat height : 812 mm

Berikut link video saat Motomazine mengetes langsung New Honda CB500X. Cekidot masgan…!!!

================

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

23 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini