Festival Balon Udara di Ponorogo, Pertama di Indonesia. Berikut Waktu Pelaksanannya

Diposting pada

Festival Balon Ponorogo, pertama di Indonesia

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Sedikit keluar dari hiruk pikuk permotoran, boleh lah sekali-kali ngebahas balon… Eits, bukan dalam arti boso Suroboyoan loh ya :mrgreen: . Balon di sini lebih pada benar-benar balon udara yang rencana akan diperlombakan dalam sebuah festival balon udara yang akan digelar di Ponorogo. Sekaligus festival balon pertama di Indonesia.

Festival Balon Udara di Ponorogo ini akan digelar di lapangan Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman. Keputusan mengadakan festival balon ini diambil sebagai tindak lanjut setelah sebelumnya pihak berwajib melarang prosesi penerbangan balon saat hari Raya Idul Fitri lalu. 

Baca: Balon Udara: Sebagai Penutup Rangkaian Lebaran.. Meriah Namun Dilematis

Sedangkan Festival Balon Udara Ponorogo ini sendiri terselenggara berkat kerjasama antara pihak Polres, pemerintah Ponorogo dan GP Ansor.
Wakapolres Ponorogo, Kompol Suharsono mengatakan, ada tradisi yang mengatakan jika belum menerbangkan balon udara, maka dikatakan belum lebaran. Padahal pelarangan yang dikeluarkan oleh Polres Ponorogo ini juga ada betulnya.
Padahal di sisi lain, menerbangkan balon tanpa awak tidak terkendali membahayakan penerbangan. Untuk itu, kami berinisiatif memberikan ruang kepada warga yang gemar menerbangkan balon dalam bentuk Festival,” ujar Bapak Suharsono di Gedung Pramuka, seperti dikutip Kompas.
Masih menurut Kompol Suharsono pelarangan menerbangkan balon ini entu bukan tanpa alasan. Selain membahayakan lalu lintas penerbangan, api yang masih menyala dari sumbunya pun dapat berpotensi menimbulkan kebakaran apabila jatuh di tempat yang mudah terbakar.

Baca: Balon Udara: Sebuah Tradisi Lebaran di Ponorogo yang Tak Pernah Ada Surutnya..!!!

Secara undang-undang, menerbangkan balon udara tanpa awak juga melanggar peraturan Pasal 210 Jo 421(2) UU RI Nomor 01 Tahun 2008 tentang Penerbangan.
Untuk mencegah terjadinya bahaya, lebih lanjut balon udara yang diperlombakan nanti juga akan dikaitkan dengan tali, sehingga balon tidak akan dilepaskan bebas mengudara tak terarah.

Tinggi dan besar balon nantinya akan dibahas lebih lanjut dalam TM

Teknis selanjutnya dari Festival Balon udara ini nanti adalah kesepakatan besar (diameter) dan panjang (tinggi) balon sendiri yang masih akan dibahas secara lanjut oleh panitia pada saat Technical Meeting.
Last… Menurut Heru Susanto Ketua Panitia Festival Balon Ponorogo, perlombaan ini akan memperebutkan piala bergilir Bupati Ponorogo dan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta.

Baca jugaDalam Peringatan #RI70 Pemuda Sumoroto Ponorogo Doakan Indonesia Cepat Sembuh Via Balon Udara

Festival Balon Ponorogo sendiri akan diadakan pada hari Minggu (3/9/2017) mulai jam 06.00-12.00, yakni bersamaan dengan hari ke-tiga Idul Adha (Hari Raya Qurban) yang akan jatuh pada tanggal 1 September 2017 mendatang.. Semoga berguna… (MMz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini