[Pengalaman Pribadi] Begini Sensasi Belajar Nyetir Mobil dengan Sistem Semi Militer

Diposting pada
menyetir mobil.jpg
Pengalaman nyetir mobil untuk pertama kali adalah kenangan yang tak terlupakan

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Pengalaman belajar nyetir mobil untuk pertama kali memang acapkali menjadi kenangan yang tak terlupakan. Pengalaman tersebut bisa datang dari mana saja. Entah dari orang yang mengajari anda, ataupun mungkin juga kejadian-kejadian unik yang menimpa saat anda belajar nyetir mobil.

Terinspirasi dari salah satu Thread Statement di sebuah group facebook yang mmz ikuti, akhirnya menggelitik saya untuk menuliskan pengalaman saat pertama kali belajar nyetir mobil. Ya, pelajaran nyetir mobil semi militer :mrgreen:

Baca juga:

Pertama kali mmz belajar nyetir mobil adalah 3 tahun lalu… Sangar, orang yang mengajari saya adalah tetangga yang sudah cukup akrab dengan saya. Bukannya apa-apa. Seperti apa yang mmz tuliskan di atas, beliau mengajari nyetir mobil dengan didikan yang luar biasa ketat, disiplin dan tak mentolerir kesalahan.

gear-stick-923294_960_720.jpg
tuas persneling yang harus hafal di luar kepala

Pelajaran pertama adalah menghapalkan posisi persneling. Dengan posisi mobil berhenti dan mesin mati, iya,menghidupkan mesin saja belum boleh, targetnya adalah harus hapal posisi tuas persneling tanpa melihat.

Pelajaran kedua mulai menjalankan mobil. Tuntutannya mobil harus berjalan dengan sangat halus (no gredag-gredeg, apalagi sampai mesin mati), dan juga berhenti sehalus mungkin. Asyiknya, begitu melakukan kesalahan, kata-kata sangar pun keluar. GUOBLO**** !!!! Ngono carane iso muntah kabeh penumpangmu (gitu caranya bisa muntah semua penumpangmu).

Pelajaran ketiga adalah cone. Ya, membuat cone buatan dari “torong”, cucu diajari melewati tikungan, zig-zag dan parkir. Itu semua, pelajaran pertama hingga ke tiga dilakukan di lapangan.

torong-aliexpress-57294ba624afbd4c048b457c-572955d8b27e6148048b4576.jpg
Torong yang digunakan untuk cone buatan

Setelah semuanya lancar, barulah mmz dibolehkan menyetir di jalan raya. Itupun dengan pembatasan rpm tak boleh lebih dari 2000 di persneling 2. Ampun Tuhan…!!! Begitu gumam saya. Maksud hati sudah ingin tancap gas ngibrit layaknya Valentino Rossi di atas Ford Fiesta WRC miliknya saat berlaga di Monza Rally, eh malah suruh jalan kaya penjual tahu bulat :mrgreen: . Itupun masih bonus dapat makian kalau melakukan kesalahan.

Pasca perjalanan di jalan raya lancar, sudah tahu serta bisa merasakan posisi ban dan badan mobil, barulah pelajaran lanjutan diberikan. Yakni berhenti di tanjakan, jalan lagi tanpa mundur, hingga gantung kopling tanpa rem untuk membuat mobil tetap berhenti.

Faedahnya, luar biasa masbro…. Pengalaman tersebut membuat mmz jadi paham benar dengan bagaimana menyetir mobil yang safety. Intinya, menjalankan mobil di jalan raya bukanlah urusan mudah. Begitu anda salah perhitungan, fatal akibatnya. Apalagi dalam kondisi lalu lintas sekarang ini yang makin ramai dan maunya menang sendiri.

Last… Itulah pengalaman cucu mbah.. Pengalaman mbah-mbah semua gimana? Eh, bahasa nya ngikut grup sebelah… :mrgreen: semoga berguna… (mmz)

==============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

6 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini