2019 Warna Plat Nopol Kendaraan Bermotor akan Berganti Jadi Putih

Diposting pada

banner

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Plat motor kendaraan di Indonesia yang selama ini berwarna hitam akan diganti putih setidaknya pada tahun 2019 mendatang. Penggantian warna ini terkait dengan akan makin mudahnya plat nopol terbaca baik oleh Polisi maupun kamera CCTV yang nantinya akan disebar di jalanan Indonesia.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan penggantian plat nopol kendaraan dari hitam menjadi putih ini nanti juga diikuti dengan pengantian warna huruf di TNKB. 

“Warna terang itu putih. Warna huruf bisa hitam bisa biru tua. Tergantung nanti bagaimana,” ujar Pak Royke seperti dikutip Detik.

Lebih lanjut Pak Royke mengatakan jika penggantian warna plat kendaraan ini telag menjalani beberapa kajian. Hal ini tentu untuk memudahkan identifikasi CCTV lewat ERP (Electronic Road Pricing) yang akan segera diberlakukan agar plat nopol lebih eye catching.

“Kalau kajian menerangkan, warna yang lebih eye catching itu warna terang, tulisan gelap. Bukan berarti warna hitam tidak bisa diidentifikasi, bukan. Hanya saja warna terang lebih mudah,” sambung Irjen Kakorlantas Polri tersebut.

Mantan Kapolda Papua Barat ini juga melanjutkan bahwa regulasi tersebut akan segera diberlakukan setidaknya tahun 2019 nanti.

Mekanismenya adalah motor-motor baru yang keluar di tahun 2019 akan mendapatkan plat nopol terbaru warna terang ini. Sementara untuk motor yang sudah beredar di pasaran akan mendapatkan update warna plat nopol terang saat jalani penggantian plat 5 tahunan… Semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini