Begini Cara Memakai AC biar Hemat BBM

Diposting pada

banner

AC Mobil menjadi bagian tak terpisahkan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Menggunakan Air Conditioner (AC) dalam perjalanan memang membuat konsumsi bahan bakar/bbm mobil jadi makin boros. Namun setidaknya dengan tindakan yang benar anda bisa membuat konsumsi bbm mobil anda jauh lebih irit meskipun dalam kondisi menghidupkan AC.

Tak dapat dipungkiri memang, penggunaan AC dewasa ini memang seakan menjadi kebutuhan tiap orang yang bermobilitas menggunakan mobil. Kondisi alam yang panas luar biasa memang membutuhkan bantuan AC untuk mendinginkan temperatur kabin yang rasanya menjadi box sauna gratis bagi penumpang.
Terlepas dengan suasana panas, AC pada mobil juga sangat dibutuhkan saat kita berkendara dalam kondisi hujan. Buih air hujan memaksa kaca depan jadi berembun dan membatasi jarak pandang kita. Untuk melunturkannya kita butuh bantuan semburan dari AC mobil itu sendiri.
Baca juga:

Lantas apa yang bisa anda lakukan untuk menghemat konsumsi bbm meski memakai AC bro sis?
AC mobil bekerja cepat saat kendaraan berjalan. Makin cepat berjalan, maka kompresor AC juga bekerja makin cepat. Alhasil saat anda membuka AC saat mobil berjalan, kinerja kompresor AC jadi tak terlalu berat. Dan tentu saja ini bisa menghemat bensin.
Dilansir dari Detik, jangan melakukan hal sia-sia dengan menyalakan AC saat kendaraan berhenti. Ini adalah hal sia-sia karena bisa membuang bensin dengan percuma. Kalau kabin dalam mobil sangat panas lantas bagaimana?
Caranya mudah bro sis.. Cukup buka jendela belakang selama 10 sampai 20 detik saat mobil berjalan. Ini akan membuang hawa panas dari dalam kabin. Jangan membuka jendela depan karena ini sama saja dengan memasukkan hawa panas dari luar.
Langkah selanjutnya untuk menghemat bbm saat menyalakan AC mobil adalah dengan menyetel AC pada suhu terendah dan menyesuaikan anginnya. Sabarlah sedikit, walaupun tak disetting di bukaan tertinggi, lambat laun ruang dalam kabin pasti akan dingin maksimal. Sebab dengan membuka AC di bukaan tertinggi tentu membuat kinerja kompresor AC makin berat sehingga bensin jadi lebih boros.
Sesuaikan bukaan AC dan setelan angin untuk mendapatkan hawa dingin yang optimal namun tetap hemat bbm

Last.. Bagi anda yang memiliki waktu luang hendaklah rutin membersihkan filter udara dalam kabin. Karena dengan filter udara yang bersih maka aliran hawa dari AC juga makin maksimal bro sis.. So, selamat mencoba dan semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini