Inilah Alasannya Kenapa Kawasaki Pede Tak Pasang Suspensi Upside Down di All New Ninja 250 FI

Diposting pada

banner

All New Kawasaki Ninja 250 FI tetap pakai suspensi depan teleskopik biasa

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa Kawasaki tak ikutan latah membekali All New Ninja 250 FI dengan suspensi depan upside down (USD) yang saat ini menjadi nilai jual unggulan bagi kompetitor. Sebab diakui atau tidak, nyatanya kehadiran suspensi inverted aka terbalik itu bisa menjadi trigger kuat bagi calon pembeli motor sport kelas 250cc ini.

Tak hanya lebih tampan dari sisi appearance, namun suspensi upside down sepertinya juga menjadi senjata ampuh kompetitor dalam menghadirkan handling jempolan, selain paduan sasis, swingarm dan part-part pendukung lainnya tentunya.
Baca juga:

Nah, di sela-sela first viewing All New Kawasaki Ninja 250 FI yang digelar PT. Surapita Unitrans Surabaya (8/12) kemarin, mmz juga sempat menanyakan perihal alasan apa yang membuat Kawasaki Pede dengan suspensi konvensional untuk dipasangkan di All New Kawasaki Ninja 250. Dan jawabannya adalah…
Kawasaki Ninja 250 FI terbaru adalah satu kesatuan. Bukan satu persatu part yang tak bisa saling mendukung. Yup, itulah inti jawaban yang disampaikan oleh Mas Calvin Gozali, General Manager Surapita Unitrans.

“Kawasaki Ninja 250 terbaru ini adalah produk global. Semua part telah dihitung sedemikian rupa agar menjadi satu kesatuan unit utuh yang memberikan feel atau handling terbaik. Kawasaki berpatokan pada pasar global, jadi kami tak ingin terbuai dengan memberikan part yang bisa dibilang hanya sebagai pemanis tampilan belaka,” tutur pria ramah berkacamata ini.

Yup, bila dilihat secara paketan utuh, All New Kawasaki Ninja 250 FI memang mendapatkan beberapa update part. Sebut saja suspensi depan yang melar dari diameter 37 mm menjadi 41 mm, sasis yang dirubah dengan trellis frame ala-ala Kawasaki H2, wheelbase yang kini lebih pendek serta kapasitas tangki bbm yang dipangkas menjadi 14 liter saja sekarang.
Kesemuanya ini tentu memiliki tujuan. Ya, apalagi kalau bukan menghadirkan handling All New Kawasaki Ninja 250 FI yang lebih light dan lincah. 

All New Kawasaki Ninja 250

Namun untuk ini sepertinya memang harus dibuktikan langsung dengan mencobanya beberapa ratus kilometer untuk memahami karakter All New Kawasaki Ninja 250 terbaru ini… :mrgreen:
So… Itulah alasannya masbro, kenapa Kawasaki kekeh mempertahankan suspensi depan teleskopik biasa dan tidak ikutan pakai suspensi upside down. Semoga berguna… (mmz)
Spesifikasi All New Kawasaki Ninja 250
FRAME
Suspensi Depan 41 mm telescopic fork showa
Suspensi Belakang Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan
Rem Depan Tunggal disc berdiameter 310 mm, kaliper dual-piston, ABS
Rem Belakang Tunggal disc berdiameter 220 mm, kaliper dual-piston, ABS
Ban Depan Dunlop Arrowmax GT501110/70-17 M/C (54H)
Ban Belakang Dunlop Arrowmax GT501 140/70-17 M/C (66H)
Panjang x Lebar x Tinggi 1,990 x 710 x 1,125 mm
Jarak Poros Roda 1,370 mm
Tinggi jok 795 mm
Berat 167 kg
Kapasitas Bensin 14 litres
ENGINE
Tipe 4-Langkah / Tak, Pendinginan Air, Dua Buah Sejajar
Maksimum Power 28,5 kW {39 PS} / 12,500 RPM
Torsi Maksimum 23.5 n-M {2.1 KGF-M} / 10,000 RPM
Volume Silinder 249 cm3
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection Sistem (diameter 32 mm x 2) dengan katup Throttle Ganda
Sistem Pengapian
Kompresi
Digital

11.6 : 1

DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi
Tipe Rangka
6-speed, return shift

Trellis, High-Tensile Steel

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini