Begini Cara Manasin Mesin Sepeda Motor yang Benar di Pagi Hari. Jangan Sampai Salah Perlakuan Sob…!!!

Diposting pada

banner

Memanaskan mesin sepeda motor penting agar motor bekerja secara optimal

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Memanaskan mesin motor di pagi hari adalah sebuah keharusan yang musti anda lakukan sebelum menjalankan sepeda motor. Dan berikut mmz bakal kasih tips, gimana sih manasin mesin sepeda motor yang benar biar gak salah perlakuan sehingga motor tetap awet nantinya.

Yup, memanaskan sepeda motor adalah prosedur resmi dalam perlakuan motor itu sendiri. Terutama di pagi hari, saat semua komponen telah berhenti bekerja sejak semalaman, saat oli sudah benar-benar turun dari head cylinder sehingga perlu dilumaskan lagi.
Dalam memanaskan sepeda motor sendiri selama ini banyak sekali ditemukan kesalahan perlakuan. Dari yang membiarkan motor menyala selama berpuluh-puluh menit, hingga menggeber-geber sepeda motor di rpm tinggi sejak motor dinyalakan.
Baca juga:

Ya, semua itu ternyata perlakuan yang kurang benar masbro. Pasalnya menurut Pak Budi, Service Advisor di MPM Reyog Ponorogo, selaku main dealer Honda di kota Reyog, memanaskan motor hanya butuh waktu kurang lebih 2 menitan.

“Manasin motor gak usah terlalu lama Mas, cukup 2 menitan saja. Karena yang dibutuhkan bukanlah panasnya mesin melainkan meratanya sirkulasi oli sampai ke cylinder head,” terangnya.

Selain tak perlu terlalu lama, memanaskan sepeda motor juga bisa dilakukan dengan membuka gas di kisaran angka 3.000 rpm, jadi mesin gak akan terlalu ngoyo namun sirkulasi oli bisa bekerja dengan optimal.

Tahan hingga ke 3000 rpm agar sirkulasi oli lebih maksimal

So… Jangan salah ya bro sis… Manasin sepeda motor di pagi hari cuma butuh dinyalakan selama 2 menit dan atau buka gas di kitiran 3 ribu rpm. Jangan salah, jangan sampai manasin motor dengan membawanya ke tengah halaman atau dengan ujaran “diasar motor butut, lihat noh tetangga sebelah, unboxing BPKB terus… !!!” Jangan….. :mrgreen: Semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

9 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini