Balapan MotoGP Musim 2018 akan diperpendek pada Beberapa Sirkuit. Indikasi Apalagi ini Cak?

Diposting pada



Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Komisi balap MotoGP akan merevisi jumlah lap di beberapa sirkuit saat gelar MotoGP musim 2018 ini. Keputusan ini diambil merujuk pada masukan beberapa rider ke komisi keselamatan MotoGP dan juga memudahkan penyelenggara dalam menggelar acara yang tentu butuh perhatian luar biasa tersebut.

Lantas, kenapa pada akhirnya komisi balap MotoGP melakukan revisi jumlah lap di tahun 2018 ini? 
Dilansir dari Austosport, keputusan ini sepertinya mempunyai korelasi dengan bakal digelarnya balap e-bike (motor listrik) pada tahun 2019 mendatang. Sebelumnya juga sudah mmz tuliskan kok masbro, perihal rencana Dorna menghadirkan balap motot listrik di kancah MotoGP, setidaknya 2019 nanti. Baca di sini
Baca juga:


Jadi ya begitu, imbasnya beberapa balapan musti dipangkas lapnya karena memberikan tempat untuk balap motor listrik. Masih dari sumber yang sama, balap e-bike sendiri rencananya juga akan digelar sebelum balap utama MotoGP, bersamaan di hari Minggu.
Dan dari total 19 sirkuit di musim 2018, nantinya akan ada 7 sirkuit yang mendapatkan pengurangan jumlah putaran, diantaranya adalah Austin, Jerez, Le Mans, Barcelona, Brno, Misano dan Valencia.
Dari ketujuh sirkuit tersebut, nantinya kebanyakan akan dipangkas 1 lap saja. Kecuali Jerez yang dipangkas 2 lap dan Valencia 3 lap.
Dan berikut jumlah lap MotoGP musim 2018 dibandingkan musim 2017 di sirkuit yang sama:
Race 2017  2018 
Austin 21 laps 20 laps
Jerez 27 laps 25 laps
Le Mans 28 laps 27 laps
Barcelona 25 laps 24 laps
Brno 22 laps 21 laps
Misano 28 laps 27 laps
Valencia 30 laps 27 laps


Last… Berkurangnya jumlah lap di beberapa sirkuit di ajang balap MotoGP musim 2018 tentunya bukan menjadi alasan untuk membuat MotoGP kurang menarik.
Malah dengan diperpendeknya jumlah putaran, otomatis membuat pembalap lebih terpacu untuk secepatnya menjadi yang terdepan dan memenangi balapan. 

Dan tak hanya itu masbro, di musim 2018 ini tercatat gelaran balap MotoGP akan dihelat sebanyak 19 seri. Hal ini menyusul dengan masuknya sirkuit Chang Buriram Thailand ke dalam jadwal kalender balap MotoGP 2018. Belum lagi di tahun 2019 nanti dimana sirkuit Finlandia juga sudah masuk antrian, atau bahkan sirkuit Jakabaring, Indonesia… Semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini