Jangan diabaikan, Begini Mudahnya Nyetel Kerenggangan Kopling Honda CB150R

Diposting pada



Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Sepeda motor tipe sport kalau sudah lama digunakan, atau menempuh jarak yang lumayan jauh, tentu akan mengalami perubahan posisi setelan kopling. Ya, menganut model kopling manual, penyetelan berkala pada kopling motor sport harus diperhatikan guna menjaga performa motor tetap maksimal.

Seperti juga yang mmz alami nih Cak. Menempuh ribuan kilometer, membuat tarikan handle kopling si Sabri (Honda CB150R ane) berubah dibanding biasanya. Handle Kopling yang biasanya terasa anteb saat ditarik, mendadak jadi lebih enteng, dan berimbas pada speleng atau toleransi kerenggangan handle kopling yang makin tebal.
Efeknya? Enak sih, karena kopling jadi lebih cetek (dangkal) sehingga lepas handle kopling sedikit saja motor langsung ngeloyor pergi. Lha efek negatifnya, masukin gigi jadi berasa keras juga saat mindah ke gigi netral (N) susahnya minta ampun. Efek kampas yang gak keteken sempurna ini mah.
Nah, daripada macak motor balap namun berujung pada ketidak nyamanan, yowes langsung saja DIY Cak. Setel kelonggaran handle kopling sendiri. Mudah, murah, gak ribet dan gak bikin berkeringat. 2 menit juga beres kok.
Alat yang digunakan juga sederhana banget. Cukup siapkan kunci pas ukuran 12 dan 14 mm dan langsung eksekusi.
Baca juga:


Caranya adalah kendorkan baut pengunci/ring 12 di dudukan yang terletak di atas crankcase kanan. Tempat olor kopling masuk ke bak kopling. Setelah mur 12 an kendor, langsung putar mur ukuran 14 searah jarum jam. Putar hingga beberapa kali sesuai selera anda. Jika kurang pedas, tambahkan cabe. Halah 😁
Dua mur ukuran 12 dan 14 mm sebagai setelan kerenggangan kopling CB150R
Puter-puter sambil tarik-tarik handle kopling CB150R anda. Lebih afdol lagi standarin dua tuh motor, lalu masukin ke gigi 1. Jika saat masuk gigi 1 dengan kondisi handle kopling ditarik penuh ban belakang tidak berputar, artinya aktivitas nyetel kopling anda sudab benar.
Tapi jika saat tuas kopling ditarik penuh namun ban belakang masih berputar, bahkan menyeret masa lalu anda saat anda mencoba menghentikannya dengan tangan, artinya setelan masih kurang pas. Ulangi dengan memutar mur setelan searah jarum jam (lagi).
Nah, setelah dirasa semua sudah pas, sudah klop dengan angan-angan, kembali kencangkan mur pengunci Cak. Putar mur ukuran 12 sesuai arah jarum jam hingga mepet ke mur ukuran 14. Kunci keduanya dengan kunci pas hingga kencang.
Dan it’s done! Beres… Kopling Honda CB150R sampean sudah kembali normal, empuk dan gak bikin kaki pegel gegara kesusahan mindah ke gigi netral saat berhenti di lamer. Piye Cak? Guampang toh…? Semoga berguna… (mmz)

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

4 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini