Begini Impresi Nunggang Yamaha LEXI S. Handling Jadi Koentji!

img_20180428_1608141411990327.jpg

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Bertempat di sirkuit Bantaran Kota Madiun, mmz berkesempatan menjajal langsung Yamaha LEXI S atas undangan dari DDS Yamaha Mandiri selaku main distributor motor Yamaha di Karesidenan Madiun dan Kediri. Dan hasilnya, beughh… mmz harus kembali bilang asemb..!!! Yamaha kembali sukses menelurkan motor yang benar-benar di atas ekspektasi awal Motomazine.

Sebelum menjajal langsung Yamaha LEXI ini, kebetulan unit yang dibawa adalah LEXI S, saya sempat  berpikir kalau motor ini mustinya hanya bisa buat dipakai dengan gaya riding yang smooth. Meskipun masuk dalam keluarga MAXI, mmz sempat berpikir motor ini kayake lebih cocok ke kaum hawa, jadi ya itu, kudu lembut numpakinya.

Tapi begitu duduk langsung di atas joknya, tangan mantap menggenggam tuas gas, terlebih arena test ride yang dipakai adalah sirkuit, sontak nafsu binal pun menyeruak! halah… :mrgreen: Merunut gasnya pelan, mencoba sedikit kasar ngebetot selongsong throttle nya, eh… lha kok malah bikin nagih. Lha terus piye jal Cak?

Baca juga:

Ya sudah, musti mmz jabarkan satu persatu nih biar gamblang. So, siapkan camilannya, siomay isi neker atau sukro isi gotri, monggo… hahaha…

1. Ergonomi 

img_20180427_08473741709904.jpg

Secara ergonomi berkendara, Yamaha LEXI S ini memberikan sensasi lega Cak. Ruang footrest terasa longgar dan santai karena lutut gak nabrak ke dek. Buat rider seukuran saya, 180 cm-an, motor ini terbilang lega. Segitiga yang diciptakan dari posisi duduk dan posisi tangan ke stang pun pas, cenderung agak ndangak sih, tapi santai. Yang sedikit menjadikan PR nantinya mungkin bagi yang bertinggi tubuh di bawah 170 cm, mungkin anda butuh sedikit effort alias jinjit balet saat menapakkan kaki ke tanah. Hal ini disebabkan akibat selain punya spesifikasi tinggi tempat duduk mencapaii 785 mm, LEXI ternyata juga dibekali jok yang lebar.

2. Performa

Yamaha LEXI S ini dibekali mesin 4-tak SOHC 125 cc dengan teknologi VVA. Teknologi ini juga telah disematkan pada keluarga MAXI lainnya. Dan hasilnya, juosss tenan masbro… tenaga bawah dari mesin SOHC yang terkenal dengan torsi dilengkapi dengan tenaga atas yang turut didukung VVA. Hal ini sontak membuat impresi berkendara jadi lebih mantap. Buat stop and go di perkotaan mah, eces Cak…

Kalau sampeyan perhatikan, dengan daya maksimum tembus 8,75 kW/8.000 rpm serta torsi puncak di angka 11,3 Nm/7.000 rpm nyatanya sudah cukup mampu mewakili buat betot-betotan di kemacetan. Eh, jangan tapi. Mending pelan-pelan saja asal cepet sampai.

3. Handling

img_20180427_090518329432837.jpg

Nah, ini… Bicara masalah handling, seperti juga kebanyakan motor Yamaha lainnya, LEXI ternyata juga menawarkan handling yang light banget Cak. Padahal kalau dilihat dari dimensinya, ,motor ini termasuk motor yang lumayan gede loh Cak untuk ukuran skutik.

Dengan spesifikasi panjang 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm, ternyata LEXI nurut buanget buat meliuk-liuk menaklukkan cone-cone yang sengaja dipasang oleh panitia test ride. Dengan wheelbase yang lumayan panjang, 1.350 mm ternyata gak membuat handling LEXI kedodoran. Ajibnya lagi nih Cak, pas dibawa turun ke sirkuit, beughhhh….lha kok uenaknya minta ampun. Berkali-kai dek sampai bunyi srok-srok, tanda ngegasruk ke aspal.

img_20180427_090724666255205.jpg

Asyiknya lagi nih Cak, feedback bagian belakang tuh enak banget… Gimana yah, saat dipakai rebah tuh diem gitu…bahkan saat knalpot nyenggol ban pembatas sirkuit akibat mmz yang terlalu tight in, aman-aman saja tuh. Padahal bisa saja bagian belakang ngebuang bahkan gedubrag.

Oh  ya Cak, suspensi juga bekerja lembut jauh dari khas suspensi Yamaha yang biasanya sedikit stiff. Terutama untuk suspensi depannya nih, wah jian enak mentul-mentul. Kalau suspensi belakang karena ini Yamaha LEXI S yang sudah pakai tabung ya otomatis redaman jauh lebih bagus. Gak tahu juga sih kalau LEXI versi standar yang belum dibekali suspensi belakang dengan tabung.

Jadi lagi-lagi, Yamaha sukses jadikan handling sebagai koentji tak terbantahkan untuk si LEXI 125 ini.

4. Pengereman

Yamaha LEXI 125 dibekali rem depan tipe disc brake single piston dipadu rem belakang tromol. Namun begitu masbro, wes sampeyan jangan khawatir. Lagi-lagi Yamaha bicara dengan sistem pengeremannya. Mau sampeyan akui atau tidak, rem motor itu Yamaha itu emang enak. Ya walaupun sekarang hampir semua motor sudah pakai rem yang performanya 11-12, namun gak tau kenapa, menurut mmz rem Yamaha tuh selalu empuk gitu loh Cak. Enak aja ngebawanya. Bahkan saat harus ngerem pol-polan saat masuki tikungan “U” turn di sirkuit Bantaran.

Dan dengan sumbangsih pengereman ini Cak, handling Yamaha LEXI jadi makin sempurna lagi. Wes pokokmen meskipun masuk ke dalam kelas motor skutik 125 cc, namun anda akan menemukan sisi premium saat nunggangin LEXI ini. Berasa-berasa kayak bawa NMAX namun dengan handling layaknya AEROX. Wes piye kui sampeyan pikir dewe..hehe

Last… Yamaha LEXI 125 ini tersedia dalam dua varian yakni LEXI standar dan LEXI S dengan fitur yang lebih premium (keyless + suspensi belakang tabung). Yamaha LEXI standar tersedia dalam 3 pilihan warna yakni Matte Red, Matte Grey dan White. Ketiganya dijual dengan harga Rp 21,1 juta OTR Madiun.

Sementara Yamaha LEXI S juga tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Matte Blue, Matte Grey dan Bronze. Ketiga pilihan warna LEXI S ini dijual seharga Rp 23,85 juta OTR Madiun.

img_20180428_160911-11504511860.jpg

So… Itulah masbro, mbaksis, impresi sekaligus review test ride Yamaha LEXI S 2018 ini. Semoga bisa memberikan gambaran kepada sampeyan semua, kayak gimana sih rassanya nunggang si Sexy LEXI ini? Hingga akhirnya makin memantabkan niat kuat sampeyan buat nebus nih motor. Oh iya, terima kasih juga buat Yamaha DDS Mandiri yang sudah ngasih kesempatan motomazine buat ngejajal LEXI nya… Sama Bang Andri DDS Madiun juga thanks nggeh buat foto-fotonya…  Joss pokokmen… Buat yang pengen nonton videonya silahkan sambangin channel Youtube saya di http://youtube.com/c/motomazine. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Penulis: motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan

6 tanggapan untuk “Begini Impresi Nunggang Yamaha LEXI S. Handling Jadi Koentji!”

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s